Fungsi Bimbingan Dan Penyuluhan (BP) Dalam Menunjang Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

June 23, 2018

Berikut ini kami bagikan file Laporan Penelitian Tindakan Kelas judul Fungsi Bimbingan Dan Penyuluhan (BP) Dalam Menunjang Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) seperti apa bentuk dan isinya ?
Fungsi Bimbingan Dan Penyuluhan (BP) Dalam Menunjang Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Fungsi Bimbingan Dan Penyuluhan (BP) Dalam Menunjang Prestasi Belajar
 Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

FUNGSI BIMBINGAN DAN PENYULUHAN (BP) DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)

PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(P.T.K)
Diajukan untuk mendapatkan penilaian Angka Kredit dalam Jabatan Fungsional Guru / Kepala Sekolah

Oleh
……………………………..
NIP :

DINAS PENDIDIKAN……………………………
…………………………………………………….
…………………………………………………….

HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang tidak dipublikasikan tetapi didokumentasikan di perpustakaan ………………………………….. hasil karya dari:

Nama : ……………………….
NIP : ……………………….
Unit Kerja : ………………………………
Judul : Fungsi Bimbingan Dan Penyuluhan (BP) Dalam Menunjang Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan …………………………..Tahun ………..


Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan mendapatkan Penetapan Angka Kredit Kenaikan Pangkat dalam jabatan fungsional guru.


     Mengetahui
Ketua PD PGRI II                                             Kepala …………………
       …………………….                                ……………………………

     

 ………………………………                     …………………………..
          NPA:                                     NIP: ……………….


HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi penetapan angka kredit kenaikan pangkat dalam jabatan fungsional guru. Karya ilmiah ini tidak dipublikasikan tetapi telah disetujui dan disahkan untuk didokumentasikan di perpustakaan …………………………………..

Pada Hari : ……………………
Tanggal : ……………………



                  Pustakawan                                                              Kepala
 

            ………………….                                               …………………………..
             NIP: ……………….                        NIP: …………………


Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Fungsi Bimbingan Dan Penyuluhan (BP) Dalam Menunjang Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas ……………………………….Tahun Pelajaran ………..”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
1. Yth. Kepala Dinas Pendidikan …………………………………….
2. Yth. Ketua PD II PGRI ………………………….
3. Yth. Rekan-rekan Guru ……………………………….
4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.                  
                       Penulis

DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul     i     
Lembar Pengesahan ii
Kata Pengantar iii
Daftar Isi v
BAB I       PENDAHULUAN
A. Alasan Pemilihan Judul
B. Penjelasan Istilah
C. Penjelasan Judul
D. Pembatasan Masalah
E. Perumusan Masalah
F. Tujuan Penelitian
G. Metodologi Penelitian…………………………………….
H. Anggapan Dasar dan Hipotesis…………………………..
BAB      II       LANDASAN TEORI
1. Bimbingan dan Penyuluhan 
2. Pengertian Penyuluhan                             
A. Jenis – Jenis Bimbingan dan Penyuluhan
dapat dikelompokan
B. Fungsi Bimbingan dan Penyuluhan
C. Sifat – sifat bimbingan dan penyuluhan
D. Bentuk – bentuk bimbingan dan penyuluhan
E. Petugas Bimbingan dan Penyuluhan……………………..
F. Prosedur Penyelesaian……………………………………
G. Aktifitas Belajar………………………………………….
H. Prestasi Belajar…………………………………………..
I. Usaha – usaha bimbingan dan penyuluhan………………
J. Latar Belakang Keluarga…………………………………
K. Belajar……………………………………………………
L. Faktor – faktor yang mempengaruhi balajar……………..
BAB     III      METODOLOGI PENELITIAN
A. Metode Penentuan Proyek
B. Metode Pengumpulan Data 
C. Metode Analisa Data
BAB     IV      PENYAJIAN DATA DAN ANALISA DATA
A. Kegiatan Bimbingan Dan Penyuluhan 
B. Analisa Data Dan Interprestasi Hipotesa 
BAB     V      PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
ANGKET

BAB I PENDAHULUAN
Masalah pendidikan merupakan masalah yang sangat penting dalam kehidupan, tidak hanya sangat penting saja, bahkan sama sekali tidak bias dipisahkan dari kehidupan. Pendidikan itu mutlak sifatnya dalam kehidupan, baik dalam kehidupan bangsa dan Negara. Maju mundurnya suatu bangsa atau Negara sebagian besar ditentukan oleh mutu pendidikannya.
Sesuai dengan lajunya perkembangan dan kebutuhan yang ada pada masyarakat Indonesia dari tahun ketahun , untuk itu jumlahnya sekolah yang ada di Indonesia pun semakin lama makin bertambah pula, sehingga semakin banyak pula motivasi yang terjadi pada tiap-tiap sekolah yang mana selalu sesuai dengan perkembangan dan kemajuan teknologi sekarang ini jelas membawa dampak yang mengarah kepada penanganan yang perlu dipersiapkan, terutama dalam kaitanya dengan proses belajar mengajar disekolah. Mengingat hal – hal tersebut diatas, maka program bantuan terhadap siswa di sekolah juga perlu dipersiapkan dalam menanggani setiap masalah yang dihadapi oleh siswa dalam proses belajarnya.
Berdasarkan pedoman pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan yang tercantum dalam kurikulum 1975 yaitu Buku Pedoman IIIC, ditetapkan program bimbingan dan penyuluhan disekolah dalam membantu individu memecahkan masalah – masalah yang dihadapi dalam proses belajarnya. Untuk memperoleh hasilk belajart yang maksimal diperlukan adanya aktivitas yang maksimal pula dari siswa pada dasarnya setiap siswa atau individu itu mempunyai aktivitas, namun potensi di antara mereka itu berbeda. Pembinaan yang dilakukan dengan sengaja dan sistematis diharapkan agar kadar aktifitas dari setiap individu akan lebih optimal.
Pembinaan aktivitas belajar siswa di sekolah merupakan tugas dan tanggung jawab sekolah yang dipercayakan kepada petugas bimbingan dan penyuluhan, guru bidang studi, pegawai tata usaha bahkan penjagha sekolah sekalipun. Seorang guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran saja tetapi berkewajiban pula memberikan pengarahan kepada siswa agar dapat meningkatkan aktivitas belajarnya.
Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal serta aktivitas belajar yang tinggi, tidak hanya ditentukan oleh guru saja, tetapi volume aktivitas belajar siswa juga ikut menentukan. Pada dewasa ini sebagian besar sekolah menengah telah menetapkan telah menetapkan seorang guru khusus yang menangani siswa atau individu yang bermasalah dalam hubungannyadengan proses belajarnya. Seorang guru khusus tersebut tidak lain adalah petugas bimbingan dan penyuluhan yang mampu dan ahli dalam bidangnya.
A. Alasan Pemilihan Judul
Pada anak sesuai siswa sekolah menengah, khususnya siswa SMU merupakan masa investasi dimana pada masa ini merupakan masa yang penuh potensi – potensi dalam mengembangkan bakat, minat, kemampuan serta ketrampilan yang ada pada diri mereka. Pada masa seperti ini siswa dalam mengembangkan potensi yang ada pada dirinya, bukan berarti tidak menghadapi banyak tantangan justru pada masa muda seperti inilah tantangan yang dihadapi lebih kompleks dalam mengatasinya.
Ketidak mampuan siswa dalam menghadapi hambatan – hambatan yang dialamainya akan mengakibatkan siswa menjadi pemalas, kegiatan – kegiatannya tidak terarah dan sulit dikontrol, egonya tinggi, ingin berhasil tanpa jerih payah yang seharusnya dilakukan, mudah frustasi dan mudah tersinggung, apabila pada saat resesi ekonomi dunia seperti dunia sekarang ini dimana tantangan selalu muncul. Salah satu penanggulanganya adalah perlunya kehadiran petugas bimbingan dan penyuluhan disekolah adalah diutamakan dalam hubungannya dengan proses belajarnya disekolah maupun dirumah.
Program bantuan yang dilaksanakan oleh petugas bimbingan dan penyuluhan (BP) di sekolah, dalam menjalankan tugasnya, petugas bimbingan dan penyuluhan harus dapat menjalin kerja sama yang baik dengan perangkat pendidikan yang lain seperti : Kepala Sekolah, Guru, Petugas Tata Usaha, Penjaga Sekolah bahkan masyarakat sekitarnya.
Sehubungan dengan hal-hal tersebut diatas maka penulis mengemukakan sebuah judul penelitian yaitu tentang “Fungsi Bimbingan Dan Penyuluhan (BP) Dalam Menunjang Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PKn) Pada Siswa……………”
B. Penjelasan Istilah
Dalam hal ini penulis membatasi pada judul tersebut diatas dengan mengemukakan hal – hal sebagai berikut :
1. Bimbingan (Guidance)
Pengertian bimbingan disini adalah bantuan atau pertolongan yang diberikan kepada individu atau sekumpulan individu – individu dalam menghindari atau mengatasi kesulitan – kesulitan di dalam kehidupannya agar individu atau sekumpulan individu – individu itu dapat mencapai kesejahteraan dalam hidupnya.
2. Penyuluhan
Penyuluhan adalah suatu hubungan yang bersifat pribadi, yang dapat dilakukan dengan bertatap muka, dengan tujuan agar dapat mengambil keputusannya sendiri dalam menyelesaikan masalah – masalah yang dihadapinaya.
3. Pengertian Belajar
Belajar adalah suatu proses perubahan kegiatan reaksi terhadap lingkungan, perubahan tersebut tidak dapat disebut belajar apabila disebabkan oleh pertumbuhan atau keadaan sementara seorang seperti kelelahan atau yang disebabkan oleh obat – obatan. Perubahan kegiatan yang dimaksud adalah mencakup pengetahuan kecakapan dan tingkah laku. Belajar adalah dengan kematangan.
4. Aktivitas Belajar
Aktivitas belajar dari activity(Bahasa Inggris) yang berarti pelajaran atau kegiatan. Aktifitas disini adalah suatu kegiatan yang dilakukan siswa dalam rangka memperoleh pengetahuan dan pengalaman – pengalaman dalam proses belajar disekolah.
Aktifitas belajar siswa meliputi :
a) Peran serta siswa dalam kegiatan belajarnya di sekolah tanpa menunggu perintah dari guru.
b) Kesiapan siswa dalam kegiatan belajar mengajar tentang keperluan – keperluan atau perlengkapan – perlengkapan yang dibutuhklan dalam kegiatan belajar mengajar.
c) Kemampuan Siswa  dalam merencanakan, melaksanakan strategi belajarnya bail di sekolah maupun di rumah.
5. Prestasi Belajar
Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai dalam proses belajarnya sesuai dengan aktifiatas dan kemampuan siswa. Pada umumnya prestasi belajar siswa itu dinyatakan dalam bentuk nilai berskala. Siswa dapat dikatakan berprestasi tinggi apabila hasil belajarnya adalah di atas nilai rata – rata kelas.
6. Bidang Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)
Hakekat Pendidikan Kewarganegaraan adalah suatu bidang studi yang dilaksanakan di semua bidang pendidikan atau sekolah dalam system pendidikan nasional. PKn merupakan suatu program pendidikan, maka kegiatanya menyangkut usaha sadar tentang pembentukan kepribadian, pembentukan sikap atau mental dan mengarah kepada perilaku seseorang sebagai Warga Negara Republik Indonesia.
C. Penjelasan Judul
Sebagai hasil dari penelitian akhirnya penulis susun dan penulis sajikan dalam bentuk skripsi dengan judul : Fungsi Bimbingan Dan Penyuluhan Dalam Menunjang Prestasi Belajar PKn Pada Siswa…………………….Penelitian dibidang pendidikan tau meninjau sejauh mana fungsi bimbingan dan penyuluhan itu.
Dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa disekolah melalui proses belajar mengajar, Guru hendaknya berusaha sedemikian rupa dalam meningkatkan aktifitas siswa, sehingga dalam mencapai hasil yang optimal. Dalam proses belajar mengaja, Guru hendaknya tidak bersifat monoton dan harus disetai dengan alternative – alternative lain yang lebih tepat. Pembinaan proses belajar hendaknya secara kontinyu, teratur, terarah, dan terprogram. Perlu pula ditanamkan kepada siswa bahwa perubahan tingkah laku itu adalah suatu proses, sehingga diperlukan adanya latihan – latihan secara tekun dan berkesinambungan.
Disamping staf pengajar terutama pengajar atau Guru ada petugas Khusus yang menangani masalah – masalah yang dihadapkan siswa di sekolah yaitu bimbingan dan penyuluhan. Hendaknya dapat menyatu dengan semua siswa sehingga dengan mudah mengadakan hubungan yang baik serta merupakan orang kepercayaan bagi siswa dalam memecahkan masalah – masalah yang dihadapi, sehingga dapat dengan mudah di identifikasi oleh petugas bimbingan dan penyuluhan.
Kemampuan petugas bimbingan dan penyuluhan sehingga dapat dengan mudah merefleksikan individu yang bermasalah dituntut satu idealisme, loyalitas serta dedikasi yang tinggi karena petugas bimbingan dan penyuluhan merupakan tenaga ahli dalam bidangnya.
Oleh karena itu dalam kedudukannya sebagai pembimbing dan Pembina dalam program belajar siswa di sekolah, petugas bimbingan dan penyuluhan merupakan suri tauladan dari setiap tindakan dan tingkah lakunya di sekolah. Hubungan yang baik ini antara petugas bimbingan dan penyuluhan terhadap semua pihak di sekolah sangat membantu dalam tugasnya.
D. Pembatasan Masalah
Dalam penyelidikan ini penulis akan membatasi pada masalah :
1. Kegiatan bimbingan dan penyuluhan dalam membantu siswa yang lambat dalam belajar PKn nya, pada siswa………………….
2. Pelayanan bimbingan dan penyuluhan dalam meningkatkan prestasi belajar PKn.
E. Perumusan Masalah
Dalam perumusan masalah ini dapat penulis kemukakan hal – hal sebagai berikut :
Apakah bimbingan dan penyuluhan di ………….dapat membantu Individu yang lambat belajarnya untuk meningkatkan prestasi belajar bidang studi PKn pada siswa ……………..?
F. Tujuan Penelitian
Untuk memperoleh data tentang usaha yang telah dilakukan oelh petugas bimbingan dan penyuluhan terhadap aktifiatas siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya di sekolah
Untuk mengetahui samapai sejauh mana petugas bimbingan dan penyuluhan dalam mengarahkan para siswanya dalam kegiatan belajarnya secara kontinyu.
G. Metodologi Penelitian
Berbicara tentang metode dalam penelitian ilmiah sangatlah penting, karena disini nanti akan mendapatkan petunjuk tentang bagaimana si peneliti melakukan penyelidikan, sehingga mendapatkan hasil yang benar – benar dapat dipertanggung jawabkan  kebenarannya secara ilmiah. Hal ini diperluykan sekali mengingatkan berhasil tidaknya suatu penelitian tergantung daripada ketetapan dalam memilih metode. Karena dalam penelitian ini adalah tentang hal –hal yang perlu mendapatkan pemecahanya yaitu perlunya bimbingan dan penyuluhan dalm membantu siswa yang mengalami masalah, terutama dalam kaitanya dengan prestasi belajarnya maka penulis menggunakan metode pemecahan masalahnya dengan deskriptif. Teknik deskriptif adalah meliputi penyelidikan yang menentukan, menganalisa dan klasifikasi data.
Penyelidikan deskriptif juga membandingkan antara persamaan dan perbedaan suatu fenomena tertentu tidak bedanya seperti studi analisa kualitaif yaitu angket, interview atau klasifikasi, dalam hal ini penulis menggunakan penelitian melalui studi analisa kualitatif deskriptif.
H. Anggapan Dasar dan Hipotesis
Penafsiran atau anggapan dasar merupakan titik tolak dari pada pemikirannya yang kebenarannya diterima oleh penyelidik. Dalam penafsiran ini merupakan titik awal terhadap pemecahan masalah yang dihadapi. Adapun penafsiran yang penulis kemukakan adalah :
Aktifitas itu perlu dimiliki oleh setiap individu karena dapat membantu kelancaran individu dalam belajarnya.
Bimbingan dan penyuluhan merupakan wahana untuk memberikan dorongan kepada individu dalam meningkatkan aktifitas dalam belajarnya.
Aktifitas dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa untuk kearah pencapaian prestasi belajar lebih optimal
Keberhasilan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar, dengan secara efektif berpartisipasi meningkatkan prestasinya.

Hipotesis dipandang sebagai konklusi, suatu konklusi yang sifatnya sementara. Sebagai konklusi sudah barang tentu bahwa hipotesis tidak dibuat dengan penyimpangan – penyimpangan, melainkan atas dasar pengetahuan – pengetahuan dan anggapan – anggapan dasarnya. Berdasarkan uraian di atas penulis mengajukan hipotesis, bahwa bimbingan dan penyuluhan yang dilaksanakan secara tepat terhadap siswa akan meningkatkan prestasi belajarnya.
I. Sistematika Skripsi
Penulisan skripsi ini terdiri dari lima bab :
BAB I : Pendahuluan, penjelasan judul, pembatasan masalah, tujuan penelitian, metodologi penelitian, anggapan dasar dan hipotesa, sistematika skripsi
BAB II :  Landasan Teori, bimbingan dan penyuluhan, jenis – jenis bimbingan dan penyuluhan, fungsi bimbingan dan penyuluhan di sekolah, sifat – sifat bimbingan, bentuk – bentuk bimbingan dan penyuluhan, prosedur penyelesaian, aktifitas belajar, usaha – usaha bimbingan dan penyuluhan, latar belakang (orang tua) factor – factor yng mempengaruhi belajar.
BAB III : Metodologi penelitian, metode penentuan objek, penentuan populasi, penentuan sample, metode pengumpulan data, metode observasi, metode angket, metode interview, metode dokumentasi, pelaksanaan penelitian.
BAB IV : Penyajian data dan analisa data, penelaahan status, penataan secara mendalam, terapi pembinaan dalam belajar, analisa data dan interprestasi hipotesa.
BAB V :   Penutup, kesimpulan dan saran –saran.

BAB II
LANDASAN TEORI

A. Bimbingan dan Penyuluhan (BP)
Pengertian bimbingan dan penyuluhan  berasal dari bahasa Inggris Guidance and Coneling. Muli dikenal di Amerika Serikat sekitar tahun 1908 dan dikenal di Indonesia pada sekitar tahun 1958. Dalam memberikan definisi tentang bimbingan dan penyuluhan  banyak terjadi perbedaan – perbedaan di kalangan ahli pendidikan. Perbedaan pendapat para ahli itu hanya perbedaan dalam membrikan titik beratnya saja.
Sebagaimana pendapat yang dikemukakan oleh P. Tirto Pramono M.Sc.Ed, adalah sebagai berikut :
“”Bimbingan adalah bantuan peribadi kepada anak didik dimana ada kesulitan masalah- masalah hidupnya. Bantuan itu baik diberikan kepada orang dalam suatu kelompok, boleh juga anak itulah yang menjadi sasaran bukan masalhnya. Maksud bimbingan dan penyuluhan  bukan memecahkan masalah untuk anak didik, melainkan sekedar membantu memecahkan sendiri masalah- masalah itu
Disini dikemukakan bahwa bimbingan itu bukan hanya memecahkan masalah yang dihadapi siswa baik perorangan maupun kelompok, tetapi bimbingan disini juga membantu memberikan jalan bagisiswa dalam mengatasi masalah- masalah. Jadi siswa yang mengalami masalah – masalahnya sendiri.
Dalam hal ini dapat penulis kemukakan bahwa bimbingan merupakan bagian dari pada program pendidikan secara keseluruhan yang dilakukan oleh ahli bersama stafnya dalam rangka memberikan pelayanan kepada individu, khusnya bagi yang mengalami masalah agar dapat mengembangkan kemampuan, bakat dan potensi yang terkandung pada diri individu, agar dapat mengambil keputusan sendiri dalam mencapai cita –citanya. Dalam kata lain sebagai berikut :
1. Bimbingan dilakukan oleh orang yang mempunyai keahlian dalam bidangnya bimbingan.
2. Bimbingan diberikan baik kepada kelompok maupun individu dalam kelompoknya.
3. Pemberian bantuan diutamakan bagi individu yang mangalami masalah.
4. Tujuan bimbingan adalah untuk membantu dalam memecahkan masalah –masalah yang dihadapi siswa.
5. Petugas bimbingan tidak memaksakan kehendaknya kepada individu yang mengalami masalah.
6. Bimbingan yang dilakukan adalah dengan sengaja dan disadari.

Pengertian Penyuluhan
Sebagaimana dikemukakan oleh Dra. Siti Rahayu Haditono mengemukakan pendapatnya sebagai berikut :
“Penyuluhan adalah proses menolong orang supaya dapat mengatasi persoalan – persoalanya dalam menambahkan penyesuaian dirinya melalui wawancara atau interview serta sifat –sifat hubungan yang lalu antara orang dengan orang, misalnya dengan membuat orang yang ditolong tadi merasa bebas dan senang”
Berdasarkan definisi diatas dapat penulis uraikan sebagai berikut :
a) Konseling merupakan usaha pemecahan masalah dalam arti sudah bermasalah atauakan kuatir timbulnya suatu masalah pada diri seseorang.
b) Penyuluhan adalah pemberian pertolongan kepada individu yang mengalami masalah.
c) Konseling termasuk suatu kegiatan yang saling bertatap muka dilakukan dengan cara wawancara atau dengan cara berdiskusi sendiri masalahnya
d) Pada akhirnya individu yang ditolong akan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Menurut Drs. Ketut Sukardi dalam bukunya yang berjudul :
Dasar – Dasar Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah memberikan pengertian penyuluhan sebagai berikut :
“Hubungan timbal balik antar konselor dengan klien (konsele) dalam memecahkan masalah – masalah tertentu dengan wawancara yang dilakukan secara “face to face” atau cara yang sesuai dengan keadaan klien sehingga sanggup mengungkapkan isi hatinya secara bebas yang bertujuan agar klien dapat mengenal dirinya sendiri, mengetrapkan dirinya dalam proses penyesuaian dengan lingkungan  serta dapat berkembang dan berperan yang lebih baik dan optimal dalam lingkungannya”
a) Petugas penyuluhan yaitu seorang ahli dalam ilmu jiwa(psikologi) yang mengadakan hubungan dengan disengaja dan direncanakan.
b) Penyuluhan dan kepekaan dapat dengan segera mengetahui penyebab timbulnya ,masalah bagi siswa.
c) Hubungan antara individu dengan penyuluh terselenggara baik.
d) Hubungan antara individu dapat menumbuhkan suatu perubahan sikap (kepribadian).
e) Jadi yang dimaksud dengan mempengaruhi beberapa “face to face”, kepribadiannya yaitu :
f) Mempengaruhi dalam arti menunjang perkembangan kepribadian manusia menuju kearah kematangan.
g) Menghilangkan beberapa gejala penyakit atau keteganggan jiwa.

Dari pertanyaan diatas dapat disimpulkan bahwa bimbingan dan penyuluhan adalah :
a) Bimbingan diberikan kepada siswa yng merupakan bagian fungsi pendidikan. Dalam penyuluhan dapat diberikan secara umum dan khusus artinya bantuan diberikan kepada kelompok individu atau individu dari kelompok itu sendiri.
b) Kegiatan bimbingan dan penyuluhan adalah disengaja, sadar, berencana dan kontinu.
c) Walaupun pada prinsipnya perlakuan terhadap individu itu harus sama, namun dalam bimbingan dan penyuluhan perlakuakuan itu dapat berbeda.
d) Dalam memenuhi kebutuhan individu maupun sekolah, terorganisir dan luwes.
e) Pelayanan bimbingan dan penyuluhan harus diarahkan kepada peningkatan perkembangan individu yang bersangkutan, sehingga individu dapat memecahkan masalahnya.

B. Jenis – jenis bimbingan dan penyuluhan dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1. Education guidance :
Suatu bimbingan yang diberikan kepada individu agar dapat menentukan cara –cara belajar yang tepat, pemilihan jurusan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.
2. Personal social guidance
Diberikan kepada individu yang mengalami kesukaran – kesukaran pribadi, terutama dalam proses pematangan dirinya. Kesulitan – kesulitan yang dialami individu adalah berkaitan dengan penyesuaian terhadap lingkungan sosialnya.
3. Vocalional guidance
Bimbingan yang diberiakan kepada individu dalam memilih lapangan pekerjaan atau jabatan disesuaikan dengan bakat minat dan ketrampilan sehingga individu dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan pekerjaannya melalui :
a) Vocational informational pekerjaan hendaknya disesuaikan dengan minat, bakat dan ketrampilanya.
b) Vocational guidance , pemilihan pekerjaan hendaknya disesuaikan dengan minat, sifat dan tuntutan individu.
c) Vocationaql training, latihan yang diberiakan individu sesuai dengan pemilihannya.
d) Vocational placement, memberikan latihan kepada individu dalam melakukan pekerjaanya.
e) Social placement, latihan yang diberiakan dalam hubungannya dengan pekerjaannya agar dapat menghargai pekerjaanya.

C. Fungsi Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah
Sasaran utama bimbingan dan penyuluhaqn di sekolah adalah  memberikan bantuan kepada siswa yanag mengalami masalah atau kesulitan baik dalam hubungannya dengan proses belajarnya maupun dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya disekolah,  dengan teman – temanya atau tentang studinya lebih lanjut.
Bimbingan dan penyuluhan merupakan bagian integral dengan kegiatan pendidikan, sebagaimana tercantum pada kurikulum 1994 pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Fungsi menyalurkan
Ialah fungsi bimbingan dalam hal membantu siswa untuk memilih jurusan, menentukan jenjang sekolah berikutnya lapangan kerja yang sesuai dengan bakat, minat, cita – cita serta ketrampilannya.
2. Fungsi mengadaptasikan
Membantu para petugas di sekolah dalam mengadaptasikan program pengajaran disesuaikan dengan minat, bakat, kemampuan serta kebutuhan siswa.
3. Fungsi menyesuaikan
Yaitu dalam memberiakan penerangan kepada siswa dalam mengembangkan dirinya seoptimal mungkin
4. Fungsi penetapan
membentu siswa menyesuaikan diri dengan minat, bakat, kemampuan serta cita – citanya.
D. Sifat – sifat Bimbingan dan Penyuluhan
1. Diagnostic, dengan diagnostic akan dapat diketahui segala kelemahan dan kelebihan dari individu yang meliputi :
a) Aspek Intelektual, tentang aktifitas – aktifitas intelektualnya.
b) Aspek diagnostic umum, kemungkinan – kemungkinan apa yang dihadapi beserta kelemahan dan kekurangannya
c) Aspek efektif, apa – apa saja yang menjadi sifat – sifat dasar khusus bagi siswa
d) Aspek advice, untuk psiko – terapi yaitu apa yang harus diselesaikan dalam kasusnya.
1. Preventive, yaitu merupakan tindakan pencegahan dalam menghindari individu dari masalah – masalah yang dihadapi dari kekecewaaan atau kegagalan.
2. Perceveratif, membantu siswa dalam melestarikan perkembangan siswa yang sedang berlangsung.
3. Korektif, yaitu memberikan bantuan berupa usaha dalam mengatasi kelambatan siswa dalam belajarnya agar tidak ketinggalan dengan teman lainya.

E. Bentuk – bentuk Bimbingan dan Penyuluhan
1. Secara individu, bantuan yang diberiakan secara langsung (face to face) dalam kaitanya dengan kesulitan – kesulitan yang dihadapi seperti konflik antara siswa dengan lingkungan orang tua, lingkungan sekoloah, atau bakat dan minat, antara perkembangan intelektual dengan emosi.
2. Secara kelompok, bantuan yang diberiakan secara kelompok terutama diberiakan dalam kaitanya dengan proses belajarnya di sekolah. Hal ini dilakukan apabila dalam suatu kelompok kelas ini memerlukan penaganan secara klasikal dalam meningkatkan prestasi belajarnya dapat memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi. Dalam hal ini penulis mengemukakan adanya pemberian bantuan secara klasikal melalui pendekatan metode mengajar yang tepat bagi proses belajar mengajar.

F. Petugas Bimbingan dan Penyuluhan
Kedudukan petugas bimbibgan dan penyuluhan dalam membantu kepala sekolah beserta staf pengajar yang lain sebagai mana dikemukakan oleh Drs. Agus Sujanto, sebagai berikut :
1. Kepala sekolah, sebagai pemimpin sekolah yang bertanggung jawab atas baik buruknya juga bertanggung jawab atas kesejahteraan warga sekolah tersebut. Kepala sekolah dalam mengelola sekolah membutuhkan bantuan petugas – petugas sebagai berikut :
2. Wali kelas, berkewajiban mengadakan pembinaan terhadap kelas – kelas yang dipimpinannya.
3. Para guru, berkewajiban mengadakan pembinaan terhadap bidang studi yang dipegangnya.
4. BP3(Badan Pembantu Penyelengaraan Pendidikan), yaitu lembaga social yang ikut membantu kelancaran pemdidikan yang terdiri orang tua murid dan masyarakat lainnya.
5. Para pegawai dan penjaga sekolah sebagai pelaksana administrasi sekolah dan keamanan sekolah.
6. Paedagog, adalah para ahli pendidikan yang ada hubungannya dengan pendidikan.
7. Psikolog, ahli dalam bidang kewajiban yang dapat memberikan bentuan terhadap masalah – masalah yang ada hubungannya kewajiban.
8. Psikiater adalah ahli dalam penyakit kejiwaan yang dapat memberikan bantuan terhadap masalah – masalah yang ada hubungannya dengan kejiwaan
9. Dokter, yang dapat memberikan bantuan penyembuhan terhadap penyakit fisik.
10. Sosial wolker, adalah petugas yang dapat memberikan bantuan dalam melaksanakan hubungan dengan penelitian.
11. Evaluator, adalah ahli yang dapat memberikan bantuan terhadap masalah yang ada hubungannya dengan penelitian.
12. Conselor, adalah ahli yang mempunyai tugas khusus dalam penanganan bimbingan dan penyuluhan. Conselor bertugas sebagai coordinator terhadap semua staf bimbingan dan penyuluhan.

Tugas lain daripada petugas bimbingan dan penyuluhan yaitu bersama kepala sekolah merencanankan program bimbingan yang efektif dalam suatu sekolah. Conselor bersama kepala sekolah merencanakan bimbingan yang sistemtis dan terpadu yaitu meliputi :
1. Program pengembangan para guru
2. Program konsultasi untuk orang tua dan guru
3. Program konseling untuk murid
4. Program penilaian hasil belajar

G. Prosedur penyesuaian
Prosedur penyelesaian dalam bimbingan dan penyuluhan  menggunakan teknik – teknik sebagai berikut :
1. Teknik derektif
2. Teknikk non derektif
Dalam teknik derektif, si terbimbing melaksanakan petunjuk – petunjuk yang diputuskan oleh pembimbing. Dalam teknik non derektif, pembimbing hanya merekfleksiakan saja, sehingga si terbimbing dapat mengambil keputusannya sendiri.
Adapun teknik pendekatan yang dipakai dalam prosedur penyelesaian adalah :
a) Pendekatan individu.
Teknik pendekatan individu yaitu hubnungan pribadi antara si terbimbing  dan pembimbing melauli wawancara nasehat atau konseling. Sebagaimana dikemukakan oleh I. Djumhur dan Drs. Moh. Surya, bahwa dalam pendekatan individu ada tiga teknik khusus dalam konseling yaitu :
1. Derektivee conseling, yaitu konseling dimana yang paling berperan adalah konselor. Konselor berusaha mengerahkan konseling sesuai dengan masalahnya.
2. Non Derektive Conseling, teknik ini merupakan kebalikan dari teknik diatas, yaitu semuanya berpusat pada konseling menampung pembicaraan konselor. Konseling bebas berbicara sedang konselor menampung dan mengarahkan.
3. Collective Conseling, yaitu campurnan dari teknik diatas.

Langkah – langkah yang ditempuh dalam konseling adalah sebagai berikut :
1. Menentukan masalah
2. Pengumpulan Data
3. Analisa Data
4. Hipotesis atau menetapkan latar belakang masalah
5. Programa atau menetapkan langkah
6. Terapi yaitu pelaksanaan bantuan
7. Evaluasi dan follow up yaitu melihat hasil yang ditempuh

b) Teknik pendekatan kelompok
Pendekatan semacam ini dapat dilakukan baik di kelas, disekolah, yaitu meliputi :
1. Pendekatan kelompok
2. Sosiodrama
3. Penerangan secara kelompok
4. Widya Wisata

H. Aktivitas Belajar
Aktivitas berasal dari kata activity (bahsa Inggris) yang berarti pelajaran atau kegiatan. Sebagai pendapat S. Tejo Wasito dan WJS. Poerwadarminta yang artinya : aktifitas adalah pekerjaan kegiatan.
Dalam hal ini berarti siswa harus secara aktif dalam proses belajarnya agar tercapai hasil belajar yang semaksimal mungkin. Belajar adalah suatu aktifitas yang harus dikerjakan dengan sadar baik di luar sekolah maupun di sekolah (didalam kelas).
Pengertian aktivitas belajar adalah meliputi :
a) Kegiatan yang dilaksanakan siswa dalam belajarnya
b) Keaktifan siswa dalam kegiatan belajar
c) Peran serta siswa dalam ikut ambil bagian dalam belajarnya.

Oleh Karena itu perlu adanya pembinaan, pengarahan dan bimbingan khususnya bagi guru bidang studi dalam menjalankan tanggung jawabnya meningkatkan pelayananya dalam membimbing siswa, meliputi :
a) Jangan menggangap bahwa kelompok siswa adalah kelompok yang utuh, siswa sendiri dari berbagai kelompok dan individu yang mempunyai kepentingan sendiri – sendiri.
b) Hadapi siswa itu sebagai individu yang khas, yang mempunyai persoalan cita – cita, sifat dan latar belakang tersendiri.
c) Yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa selain guru di sekolah juga factor lain seperti pengaruh keluarga dan masyarakat.
d) Harus ada tekad yang kuat untuk benar –benar membina para siswanya.

Disamping itu guru harus dapat membangkitkan minat siswa terhadap pelajarannya sehingga guru harus :
a) Guru mempunyai semangat dan gairah yang maksimal terhadap bidang studinya.
b) Kemampuan guru untuk memajukan siswanya.
c) Guru hendaknya tanggap ing sasmita
d) Guru harus berpenampilan menarik, menyenangkan dan harmonis
e) Guru harus mampu memberikan dorongan terhadap siswanya.

Dalam hubungannya dengan aktivitas belajar yang tinggi akan merubah siswa dalam proses belajar mengajar dari pasif menjadi aktif, sebagaimana dikemukakan oleh MC. Kenchi tentang proses belajar mengajar variasi cara belajarsiswa aktif (CBSA) sebagai berikut :
a) Partisipasi siswa dalam menetapkan tujuan kegiatan belajar mengajar.
b) Tekanan pada aspek afektif dalam pelajaran
c) Partisipasi siswa dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar terutama berbentuk interaksi siswa.
d) Penerimaan (acceptance) pengajar terhadap perbuatan dan kontribusi siswa yang kurang relevan atau balikan sama sekali rendah.
e) Kehensipan siswa kelas sebagai kelompok
f) Kebebasan atauy kesempatan yang diberikan kepada siswa untuk mengambil keputusan penting dalam kehidupan sekolah.
g) Jumlah waktu yang dipergunakan untuk menanggulangi masalah pribadi siswa, baik yang tidak mampu, baik yang tidak mampu yang berhubungan dengan pelajaran.

Berdasarkan pandangan diatas, bahw agar terjadi proses belajar mengajar variasi CBSA secara optimal, guru harus memiliki kompetensi agar dalam proses belajar mengajar diperoleh kemanusiaan antara metode yang dipilih dengan :
a) Materi yang disampaikan
b) Karakteristik masing – masing siswa
c) Fasilitas yang tersedia
d) Tujuan yang ingin dicapai
e) Situasi dan kondisi lingkungan

I. Prestaasi Belajar
Pengertian prestasi belajar menurut WJS. Poerwadarminto menjelaskan bahwa prestasi belajar adalah “Hasil yang dicapai atau dilakukan………”
Sedangkan menurut Sumartono prestasi belajar adalah “sesuatu nilai yang menunjukan hasil yang tinggi dalam belajar yang ingin dicapai menurut kemampuan anak dalam mengerjakan sesuatu pada saat tertentu…………..”
Berdasarkan pendapat diatas berarti hasil belajar seseorang tidak tergantung situasi yang mempengaruhi baik yang bersumber pada anak maupun dari lingkungannya. Disekolah prestasi belajar tersebut ditujukan dalam buku raport prestasi belajar merupakan kecakapan nyata yang berarti hasil yang ingin dicapai oleh seorang siswa pada suatu periode tertentu. Menurut Hamalik bahwa :
“Belajar adalah susatu bentuk pertumbuhan atas perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara – cara bertingkah laku yang baru berangkat pengalaman dan latihan”
Perubahan baru yang baru penulis kemukakan sebagai hal – hal yang belum diketahui sebelumnya, timbul pengertian – pengertian baru, perubahan sikap, kebiasaan, ketrampilan, perubahan sifat social, emosional, pertumbuhan jasmaniah serta rohaniah.
Perubahan belajar merupakan hal yang komplek sebab merupakan suatu proses yang dipengaruhi oleh factor intern maupun ekstern siswa itu sendiri.

J. Usaha – usaha Bimbingan dan Penyuluhan dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa Demi Tercapainya Prestasi Belajar di Sekolah
Pelayanan yang diberikan oleh sekolah, khususnya oleh petugas bimbingan dan penyuluhan dalam meningkatkan prestasi belajar semaksimal mungkin di antaranya :
a) Membantu individu yang bermasalah baik secara individu maupun kelompok.
b) Menunjukan kepada individu tentang cara – cara belajar yang baik.
c) Mengenal sifat – sifat dan ciri – ciri dari masalah yang dihadapi individu
d) Penggunaan pengalaman – pengalaman masa lampau terhadap tugas, diferensiasi dan integrasi.
e) Berusaha menciptakan situasi baru sesuai dengan pengalamannya
f) Berusaha mengurangi dan memberikan kesalahan – kesalahan
Disamping itu agar dalam belajarnya memiliki pedoman dan belajar secara efektif dan efesien, perlu adanya prinsip – prinsip belajar sebagai berikut :
a) Belajar adalah suatu proses aktif yang dipengaruhi oleh kondisi dinamis lingkungannya.
b) Tujuan yang ingin dicapai sudah jelas
c) Dalam belajar perlu adanya pedoman belajar, baik dari pembimbing maupun dari buku – buku.
d) Dalam belajar perlu adanya latihan – latihan
e) Belajar perlu adanya pedoman belajar, baik dari pembimbing maupun buku –buku.
f) Dalam belajar dibutuhkan pula komprehensif.
g) Belajar adalah kemamauan siswa dalam mentransfer pengalaman yang diperolehnya.
Berdasarkan prinsip – prinsip belajar diatas diharapkan agar siswa akan memperoleh prestasi belajar yang maksimal, Drs. Soemartono mengemukakan bahwa :
a) Membangkitkan motivasi dan gairah dalam kegiatan belajar siswa.
b) Petugas bimbingan dan penyuluhan  melaksanakan koordinasi dengan guru bidang studi, khususnya bidang studi PKn untuk mencari jalan keluar. Memberikan petunjuk – petunjuk tentang cara belajar yang baik atau yang tepat
c) Mewmberikan wawasan kepada siswa tentang masa depannya.
d) Mengusahakan agar siswa dapat memahami keadaan lingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah
J. Latar Belakang Keluarga (Orang Tua)
Prestasi belajar siswa dapat pula dipengaruhi oleh latar belakang keluarga, terutama perlakuan orang tua terhadap siswa dalam lingkungan keluarganya. Aktifitas serta prestasi belajar yang dicapai terutama tergantung pada perlakuan orang tua di masa kecil (anak - anak) yang dapat menggangu perkembangannya di kala itu. Perlunya orang tua terhadap anak anak akan mempengaruhi jiwa anak samapai pada masa perkembangnya lebih lanjut. Perlakuaan orang tua terhadap siswa di waktu kecil dapat juga mempengaruhi perkembangan inteltualnya serta perasaan rendah diri dalam lingkungan belajarnya. Yang lebih penting lagi ialah perlakuan orang tua sangat berpengaruh terhadap masa depan siswa.
Sebagaimana kutipan dari Dr. Kusumanto Setyanegoro yaitu pada kursus peningkatan dalam bidang kesejahteraan jiwa, yang diberikan oleh team dokter Universitas Airlangga, tentang sikap orang tua dan pengaruhnya terhadap anak adalah sebagai berikut :
Sikap Orang tua Pengaruhnya terhadap perkembangan anak
Menolak (Rejection) Rasa gelisah diasingkan mencari bantuan dan perhatian pada orang lain.
Bersikap memberontak pada orang tua tak mempu memberi kasih sayang pada orang tua dan tak mampu percaya kepada orang tua yang memberikan kasih saying kepadanya.
Mamanjakan Egocentic, hanya tahu menuntut tak tahu kecewa dan lekas kecil hati. Cenderung menolak peraturan dan minta diprioritaskan. Kurang dapat bertanggung jawab dan tidak bersedia untuk di persamakan
Anak dituntut untuk selalu tunduk Bersikap menyerah, kurang berani berinisiatif, Cenderung bertindak manis dan selalu tunduk pada perintah, bergantung kepada orang lain.
Etika moral yang terlalu tinggi Lekas merasa dirinya merasa berdosa dan tidak berharga, bersikap kaku dan keras. Dalam hubungan dengan orang lain kaku dan keras
Disiplin yang terlalu keras Selalu ingin mendapatkan penghargaan untuk dapat melakukan sesuatu
Disiplin yang tidak  teratur Menentukan norma yang tidak teratur pula pada dirinya. Mereka terombang – ambing antara kedua nilai yang kadang – kadang bertentangan. Tidak memiliki sikap yang tetap dalam menghadapi sesuatu.
Pertentangan antara kedua orang tua Terus menerus merasa kegelisahan, ketegangan dan rasa kurang terjamin diri. Kurang tempat berlindung yang aman, cenderung menafsirkan dunia luar sebagai sesuatu yang kurang aman, berbahaya dan mengancam, cenderung menimbulkan, sehingga bersikap agresif.
Persaingan anak yang kurang adil Sikap permusuhan scara terbuka, kurang percaya diri, merasa terancam, tingkah lakunya menyerupai anak kecil
Broken Home(Perceraian) Rasa gelisah dan cemas. Rasa tersinggung, pembinaan diri dalam rasa yang kurang aman
Orang tua yang munafik Cenderung mengoper berbagai ketakutan dan prasangka
Orang tua yang immoral Mengoper norma – norma yang immoral timbulnya berbagai kesulitan yang mungkin menimbulkan pelanggaran peraturan umum.

Dalam menyesuaikan dengan lingkungannya, terutama lengkungan belajarnya disekolah siswa tidak dapat secara otomatis mengikuti dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan belajarnya, perlu mendapatkan bimbingan dan pembinann dari petugas bimbingan dan penyuluhan  di sekolah. Bagi petugas bimbingan dan penyuluhan  sendiri dalam mengidentifasi latar belakang siswa dengan bantuan data dokumentasi identitas siswa di sekolah, disamping dari hasil interview dan observasi.
K. Belajar
Pengertian belajar menurut beberapa ahli adalah :
Menurut WJS. Poerdarminto dalam kamus Bahasa Indonesia mengatakan belajar adalah “Berusaha atau berlatih dan sebagainya supaya mendapatkan sesuatu kepandaian” Sedangakan menurut Sumarsono prestasi belajar adalah “Suatu nilai yang menunjukkan hasil yang tertinggi dalam belajar yang ingin dicapai menurut kemampuan anak dalam mengerjakan sesuatu pada saat tertentu……………….”
Sedangkan menurut W. Setrn, bahwa belajar mengandung tiga hal :
1. Bahwa belajar itu membawa perubahan (dalam arti behavioral,change maupun potensial)
2. Bahwa belajar untuk mendapatkan perubahan dan pada pokoknya adalah didapatkannya kecakapan baru.
3. Bahwa perubahan itu terjadi karena usaha………..
Diantara beberapa jenis belajar, salah satu diantaranya ialah belajar bersikap. Sebagai dikemukakan oleh I.L Pasaribu dan Drs. Simanjuntak, SH., bahwa :
“Belajar sikap ini dapat terjadi dengan berbagai cara mengetahui sesuatu dan merealisasikan sikap. Belajar siakp termasuk belajar norma dengan cara identifikasi, interaksi kelompok, alat komunikasi conditioning. Sikap merupakan dinamika untuk berbuat”

L. Faktor –Faktor Yang Mempengaruhi Belajar
Setiap perbuatan atau kegiatanbelajar tentu ada factor – factor yang mempengaruhinya, baik yang bersifat mendorong maupun sebaliknya yaitu menghambat secara singkat faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar itu dapat dibedakan antara faktor intern dan faktor ekstern.
1. Faktor Intern adalah kempuan anak itu sendiri yang dibawa sejak lahir, pada dasarnya anak sudah dibekalai dengan bermacam – macam kemampuan atau bakat potensi antara yang satu dengan yang lainnya tidak sama. Kemampuan yang bersifat bawaan ini tidak dapat diubah tetapi hanya dapat dipengaruhi atau dikembangkan menurut batas – batas yang telah dimilikinya. Dalam hubungan faktor intern yang sangat dilakukan oleh pendidikan adalah mengembangkan potensi atau bakat yang dimilikinya dengan jalan memberikan situasi atau rangsangan yang cocok atau tepat yaitu dengan jalan bagi anak yang berbakat dalam bidang studi PKn diberikan bimbingan yang baik secara rutin sehingga pada akhirnya benar – baner menjadi seseorang ahli dalam bidang PKn. Jadi pada dasarnya pendidikan merupakan proses tujuan melanjutkan potensi – potensi yang telah dimiliki anak sejak lahir.
2. Faktor Ekstern adalah segala pengaruh dari luar anak baik berasal dari pendidikan maupun hasil pergaulan. Pengaruh dari luar ini dapat pula sesama manusia, dapat pula berupa lingkungan fisik atau benda mati. Usaha pendidikan disini adalah menetapkan atau mencegah hal – hal atau situasi yang akan menghambat. Adapun faktor ekstern antara lain :
a) Fasilitas dan alat- alat pelajaran
b) Situasi proses belajar mengajar
c) Orang tua, situasi lingkungan masyarakat dan situasi lingkungan sekolah


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

Di dalam penelitian berhasil tidaknya suatu kegiatan yang dilaksanakan banyak ditentukan oleh tepatnya metode yang digunakan. Dengan demikian metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam menentukan kualitas hasil yang telah dilakukan . Oleh karena itu perlu terlebih dahulu ditentukan metode yang tepat bagi permasalahan yang akan diteliti dan ketetapan dalam memilih inilah yang akan mengarahkanb kepada tujuan penelitian.
Dalam hal ini metode mempunyai pengertian sebagai alat penyelidikan, hal ini juga sesuai dengan apa yang dinyatakan oleh WJS. Poerdarminto, bahwa : “Metode adalah cara yang teratur dan terpilih yang paling baik untuk mencapai suatu maksud dalam ilmu pengetahuan dalam pendidikan……”Sedangkan menurut Sutrisno Hadi adalah :”Metode adalah suatu usaha untuk menentukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan usaha dimana dilakukan dengan menggunakan metode – metode ilmiah….”
Istilah metode berasal dari kata “Metode” dan “Logos”. Metode artinya suatu cara untuk mencapai tujuan, sedangkan Logos artinya ilmu, maka metodologi berarti ilmu tentang cara untuk mencapai kebenaran sesuatu secara ilmiah.
Dengan melihat uraian diatas maka jelaslah bahwa metode pada hakekatnya membawa cara –cara yang dapat digunakan dalam suatu penyelidikan guna mendapat data- data yang objektif akhirnya diperoleh suatu hasil yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya secara ilmiah. Dalam bab ini akan dibahas suatu persatu tentang :
A. Metode Penemuan Objek Populasi dan Sampel
B. Metode Pengumpulan Data
C. Metode Analisa Data
Dari sekian pokok bahasan ini, akan penulis kemukakan satu persatu, sebagai berikut :
A. Metode Penentuan Objek
Metode penentuan objek tentu ada cara yang digunakan untuk memilih, dijadikan dan menentukan hal – hal yang penulis anggap dapat dijadikan sumber data sesuai dengan kebutuhan yang tertera dalam pelaksanaan diatas sehingga dapat memenuhi data –data yang diperlukan secara tepat.
Pada setiap penelitian tentu ada objek yang diteliti, yang dimaksud objek penelitian adalah segala sesuatu yang dikenal atau menjadi sasaran penelitian dengan adanya perumusan, pembatasan serta penentuan objek, penelitian ini akan dimanfaatkan serta terhindar kemungkinan menjadi kekaburan yang sekaligus akan memudahkan penyelenggaraan
Dalam menentukan objek penelitian, penulis tidak menggunakan sistem randomisasi tetapi berdasarkan populasi siswa yang mengalami kelambatan dalam bidang studi PKn yaitu sejumlah 5 (lima) orang mereka itu adalah :
1. HERI
2. UDIK
3. ROFI
4. TRI
5. MUKLISON
Alasan penulis mengadakan analisa data terdapat keseluruhan populasi sekolah……………..tersebut diatas, mengingat bahwa kemampuan belajar PKn yang mereka capai belum pada taraf yang dikategorikan kriteria sedang.
Populasi dan Sampel
Sebagai populasi penelitian ini adalah siswa …………………sedangkan sampelnya dalah siswa……………….tahun ajaran …………………Sedangkan jumlah kelas II pada sekolah…………….ada 9(sembilan) kelas.
Sampel dari populasi kelas II seluruhnya dengan menggunakanrandom dan cara ordinal sebanyak satu kelas. Dari jumlah kelas atau sembilan kelas setelah dirandom terdapat satu kelas dengan jumlah 49 siswa, sekaligus sebagai sampel.
Sutrisno Hadi menjelaskan cara ordinal adalah :
“Cara yang diselenggarakan dengan menyusun subjek dalam suatu daftar dan mengambil mereka – mereka yang akan ditugaskan di dalam sampel di atas kebawah misalnya mengambil mereka – mereka yang bernomor kelipatan angka lima dan yang bernomor ganjil atau genap”
Menurut Dra.Ny. Suharsini Arikonto bahwa : “sampel adalah sebagai dari wakil populasi yang diteliti jika kita akan hanya meneliti sebagian dari populasi maka metode tersebut metode sampel”
B. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data adalah suatu cara untuk mendapatkan data dari proyek yang diteliti. Ada beberapa cara dalam pengumpulan data, namun tidak setiap cara yang ada selalu cocok untuk memperoleh data yang diperlukan. Hal ini disebabkan tiap metode mempunyai kegunaan sendiri – sendiri. Agar dalam pelaksanaan penelitian, pengumpulan data ini bisa efisien maka penulis perlu menggunakan metode – metode yang tepat dan bersifat ilmiah.
Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah sebagai berikut :
a) Metode Observasi (Pengamatan)
Penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan terhadap objek, baik secara langsung maupun tidak langsung, menggunakan teknik yang disebut dengan “pengamatan atau observasi”. Teknik ini banyak digunakan, baik dalam penelitian dapat diamati dari dekat untuk melaksanakan pengamatan ada 3 cara antara lain :
1. Pengamatan langsung (direk observasi) yakni : pengamatan yang dilakukan tanpa perantara atau secara langsung terhadap objek yang diteliti seperti mengadakan pengamatan langsung terhadap proses belajar mengajar di kelas.
2. Pengamatan tak langsung (inderek observation) yaitu : Pengamatan yang dilakukan terhadap suatu objek melalui perantara suatu alat, cara, baik dilaksanakan dalam situasi sebenarnya maupun bantuan. Contoh mengadakan pengamatan terhadap pengaruh hukuman terhadap suasana kejiwaan, atau mengadakan pengamatan melalui alat yang disengaja untuk keperluan tersebut.
3. Partisipasi yaitu : Pengamatan yang dilaksanakan dengan cara ikut ambil bagian atau melibatkan diri dalam situasi objek yang diteliti. Cara ini biasanya banyak digunakan terutama dalam penelitian psikologi, spsiologi maupun antropologi, namun demikian dalam lapangan pendidikan pun banyak pula yang digunakan teknik ini, seperti mengadakanpengamatan terhadap mekanisme proses hubungan siswa antara guru, kepala sekolah, dilakukan dengan cara ikut ambil bagian sebagian guru dan mangamati setiap gejala yang menjasi objek penelitian.
Cara mengadakan pengamatan sebagaimana diuraikan di atas dapat juga dilaksanakan dengan menggabungkan dua atau tiaga cara sekaligus dalam suatu kegiatan penelitian, mengambil pertimbangan bahwa suatu cara dianggap kurang memadai. Dari penelitian berpengalaman diperoleh suatu petunjuk bahwa mencatat data observasi bukanlah sekedar mencatat data observasi bukanlah sekedar mencatat, tetapi juga mengadakan pertimbangan kemudian mengadakan penelitian ke dalam suatu skala bertingkat.
Misalnya : Kita memperhatikan reaksi siswa dalam menerima pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, bukan hanya mencatat reaksinya itu bagaimana, dan berapa kali ia masuk, tetapi juga menilai reaksi tersebut sangat kurang atau tidak sesuai dengan yang kita kehendaki.
b) Metode Angket
Angket merupakan teknik pengumpulan data yang berisikan daftar isisan yang harus diisi atau dijawab oleh sejumlah subjek, dari angket tersebut dapat diambil kesimpulan – kesimpulan tentang subjek yang diselidiki. Sedangkan jenis pertanyaan ada yang tertutup ada pula yang terbuka. Jenis pertanyaan dikatakan tertutup apabila penjawab yang telah tersedia dalam angket.
Sebagaimana dikemukakan oelh Drs. Bimo Walgito tentang angket yaitu sebagai berikut :
“Jenis pertanyan tertutup adalah pertanyaan – pertanyaan yang terbentuk, dimana orang yang menjadi questiore tinggal milih jawaban yang telah disediakan dalam questionaire”
Dalam hal ini penulis laksanakan agar dapat mendeteksi sejauh mana tanggapan dan fungsi bimbingan dan penyuluhan terhadap prestasi belajar nya. Sebab ternyata walaupun program bimbingan dan penyuluhan sudah dilaksanakan di……………………..masih ada siswa yang enggan datang mengemukakan masalahnya atau kesulitannya yang dihadapi terhadap guru wali wali kelas bahkan terhadap tugas bimbingan dan penyuluhan sendiri. Untuk itu maka penulis memendang perlu untuk mendapatkan informasi dari siswa melalui angket.
c) Metode Dokumentasi
Metode ini sering disebut metode histories, sebagai landasan penulisan kutipan dari pendapat Dr. Winarno Surahmad, M. Sc., sebagai berikut :
“Metode dapat disebut historis atau dokumentasi, bila penyelidikan ditujukan pada penguraian dan penjelasan apa yang telah lalu melalui sumber – sumber dokumen. Hanya ada metode historis berusahan mencari penjelasan suatu budaya masa lau, metode dokumentasi mungkin dalam penyelidikan mengenai masa sekarang……”
Dokumentasi berasal dari kata dokumen, disi mengandung arti sebagai bukti tertulis maupun tudak tertulis yang berhubungan dengan data yang tidak berubah kebenarannya dan dapt dilihat serta diperiksa dikemudian hari. Adapun yang penulis maksudkan disi adlah suatu cara untuk mengumpulkan data berdasarkan data dokumentasi yang berbentuk tulisan dalam fungsi bimbingan dan penyuluhan dalam menunjang prestasi belajar PKn siswa ……………….
d) Metode Analisa data
Pengelolaan data didalam suatu penelitian merupakan langkah yang menentukan untuk mendapatkan hasil –hasil penelitian yang diharapkan sebagainama telah dikemukakan bahwa dalam penelitian ada bermacam – macam metode pengelolaan data tersebut tergantung pada tujuan penelitian dan bentuk dari penelitian yang bersangkutan. Sehubungan dengan penggunaan metode pengelolaan kebenarannya.
Analisa data merupakan langkah lanjut dari pengumpulan data yakni cara –cara yang diperoleh dan diperdengarkan dalam mengelola dan menganalisa data hasil penelitian. Bila hal ini dilakukan atau cara menganalisa tidak ada artinya.
Sebelum data tersebut kini analisa terlebih dahulu penulis kemukakan klasifikasi data
:
1. Klasifikasi Data
Metode yang penulis kemukakan dalam penelitian ini metode deskriptif. Prof. Winarno Surahmad, M.Sc, mengemukakan ciri metode deskriptif adalah sebagai berikut :
a) Memusatkan diri pada pemecahan masalah –masalah yang ada pada masa sekarang, pada masalah – masalah yang aktual.
b) Data yang dikumpulkan mula –mula disusun, dijelaskan dan kemudian dianalisa.
Klasifikasi data yang penulis kemukakan adalah sebagai berikut:
a) Pengaruh bimbingan dan penyuluhan dalam peningkatan aktifitas belajar siswa daoat kami gambarkan sebagai berikut :
 Nomor RESPONDEN Tanggapan Terhadap
BP
(+) Positif (-) Negatif
1 2 3 4
2 Siswa kelas II 49 Orang 39 10

Keterangan :
1. Pada kolom 1 berisikan nomor urut
2. Pada kolom 2 berisikan jumlah responden
3. Pada kolom 3 tanggapan positif terhadap layanan BP
4. Pada kolom 4 tanggapan belum positif terhadap layanan BP
b) Kegiatan – kegiatan dalam rangka pemecahan masalah.
2. Analisa dan interprestasi Hipotesa
Dikemukakan oleh Prof. Dr. Winarno Surahmad, M.Sc.Ed., bahawa dalam menguji kedudukan sebuah hipotesa diperlukan data dengan sifat tertentu, seperti :
a) Data menunjukkan perhubungan variabel bebas dengan variabel bertingkat
b) Data yang menunjukkan tidak adanya sebab – sebab lain selain pengaruh variabel terhadap variasi terikat
c) Data yang menunjukkan timbulnya variasi terikat sebagai akibat adanya variasi bebas

Dalam pengelolaan data ini penulis kemukakan dengan menggunakan table presentasi (Presentasi Tabel). Untuk memperoleh presentasi dari suatu nilai, dapat dicari dengan rumus :
% = (f / N) * 100
Dimana : f = jumlah responden dengan nilai tertentu
N = jumlah selaku responden
Bentuk – bentuk table presentasi adalah :
1. Tabel random, yakni table yang memungkinkan memuat responden yang banyak dari anggota sample atau table yang mempunyai sel banyak untuk kasus tunggal.
2. Tabel bervariasi, yakni table yang dibuat untuk membandingkan dan variabel dari dua sampel, atau meringkas atau menggambarkan antara dua variabel.
3. Tabel multivariasi, yakni table yang dibuat untuk menggambarkan atau meringkas hubungan antara beberpa variabel.

BAB IV
PENYAJIAN DATA DAN ANALISA DATA

Dalam bagian ini akan diuraikan berturut – turut mengenai pengalaman – pengalaman dalam rangka pelaksanaan penelitian mengenai :
A. Kegiatan Bimbingan Penyuluhan Dalam Rangka Pemecahan Masalah
Kegiatan yang dilakukan oleh petugas bimbingan dan penyuluhan di sekolah…………………adalah menginventarisasi siswa yang perlu mendapatkan prioritas dalam meningkatkan prestasi belajarnya, khususnya pada bidang studi PKn. Dalam hal ini petugas bimbingan dan penyuluhan menentukan individu – individu itu melalui kegiatan belajarnya disekolah.
Ternyata individu yang mendapatklanprioritas pertama dalam membantu meningkatkan prestasi belajarnya adalah :
1. HERI
2. UDIK
3. ROFI
4. TRI
5. MUKLISON
Setelah menentukan individu – individu yang mendapatkan prioritas penanganan itu, kegiatan bimbingandan penyuluhan selanjutnya dalam rangka keseluruhan usaha pemecahan adalah :
1. Mengidentifikasi individu – individu yang bermasalah, dan dikategorikan dalam daftar tersebut dibawah ini :
SEKOLAH ………………………………………
_______________________________________________________________________
Daftar nama – nama siswa yang dikategorikan perlu mendapatkan bantuan pelayanan bimbingan dan penyuluhan
No. Kategori Masalah Siswa yang perlu
pelayanan BP
1 Maslah keterlambatan akademis. Mereka tidak
sepenuhnya menghadapi pelajaran, tampak berat terhadap pelajaran, bersembunyi takut diberi pertanyaan 1. Heri
2. Udik
2 Masalah sangat cepat belajar. Mempunyai bakat akademis yang tinggi atau IQ diatas 130
3 Masalah lambat belajar. Murid yang mempunyai bakat akademis rendah IQ sekitar 100 1. Rofi
2. Tri
3. Muklison
4 Masalah penempatan minat sosialnya terlalu membedakanya dengan kawan – kawannya yaitu terlalu atau lebih 1. Udik
2. Rofi
5 Masalah tingkah laku dan sosialnya emosional pada umumnya. Agresif suka menggangu dan mencari perhatian 1. Rofi
6 Masalah menyendiri, yaitu pemalu, mudah gentar, kurang berani dalam menghadapiu teman yang lain. 1. Heri
7 Masalah tingkah laku umum, yaitu kerjanya tidak produktif, ada kejanggalan – kejanggalan tingkah laku 1. Rofi
8 Masalah – masalah jasmaniah. Masalah kehadiran yaitu sering absen karena melanggar tata tertib sekolah 1. Muklison
2. Udik
9 Masalah pembicaraan (tidak banyak basa basi) 1. Tri
2. Rofi
3. Udik
10 Masalah jasmaniah umum -

2. Penelaahan Status
Dalam kegiatan belajar pada umunya kelima siswa itu menunjukkan kekurangan siapan dalam memulai pelajaran. Mereka seakan –akan kurang potensial, lemah dan enggan. Latar belakang keluarga atau orang tua dalam hal ini dapat dikatakan status sosialnya kurang mampu.
Dalam pergaulannya dikelas sebagian besar mereka pasif, tetapi ada juga yang agresif, misalnya Jumain. Secara umum individu yang bermasalah itu mempunyai anggota keluarga paling sedikit 6 (enam) orang. Kelamahan dan kelebihan individu
No. Subjek Kelemahan Kelebihan
1 Heri Lemah dalam pelajaran, pendiam, suka pacaran, jera dalam pergaulannya. Tidak punya teman bermain Mempunyai ketrampilan menari
2
Udik Lemah dalam belajarnya, bandel, ceplas ceplos, kadang kala acuh tak acuh Pandai menggambar
3 Rofi Malas, kurang aktifitas, lebih menonjol usianya, jarang melaksanakan tugas Tidak ada
4 Tri Lemah dalam belajarnya, kurang aktifitas belajarnya, kelihatan acuh, kekuatan fisiknya agak menonjol Banyak teman, mengikuti klub olah raga silat, solider penurut, patuh
5 Muklison Pemalas, sering tidak melakukan tugas, kurang bergairah, acuh terhadap teman – temannya, pemarah, mudah tersinggung Kelebihannya tidak jelas

Kriteria kesulitan siswa
No. Subjek Kesulitan yang dialami
1 Heri Kelambatan belajar, karena kurang motivasi sehingga tidak tahu apa yang seharusny dilakukan dalam belajarnya
2 Udik Kelambanan belajar, karena status atau lingkungan keluarga belum menunjang
3 Rofi Kurang aktifitas belajar, karena selalu disibukkan oleh pekerjaan membantu orang tua
4 Tri Daya pikirnya lemah, phisik badanya kekar, aktifitas belajarnya lemah.
5 Muklison Kurang aktifitas belajar, sembrono atau ceroboh, kesempatan belajar dibatasi (membantu orang tua

3. Langkah – langkah Kegiatan
Setelah menentukan kriteria kesulitan atau masalah yang dihadapi siswa atau individu, petugas bimbingan dan penyuluhan melaporkan kepada kepala sekolah sebagai penanggung jawab sekolah. Atas anjuran dari kepala sekolah petugas bimbingan dan penyuluhan diminta untuk membuat surat panggilan kepada wali murid untuk mempersiapkan data – data yang menyangkut individu yang bermasalah seperti :
a) Daftar prestasi siswa
b) Catatan pribadi murid
c) Hasil belajar murid
d) Buku kegiatan OSIS
e) Kartu SPP
f) Panggilan orang tua atau wali murid
g) Catatan kegiatan bimbingan dan penyuluhan
h) Catatan pelanggaran tata tertib
i) Catatan khusus kejadian diluar kelas
Setelah berkonsultasi dengan kepala sekolah, petugas bimbingan dan penyuluhan minta informasi lain kepada bapak atau ibu guru. Berdasarkan informasi dari bapak atau ibu guru dapat diperoleh gambaran secara umum sebagai berikut :
a) Sebagian dari mereka belum dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan
b) Sebagian terbesar guru dalam proses belajar mengajarnya menggunakan metode ceramah
c) Dalam menerima pelajaran murud pasif sekali
d) Murid tidak mempunyai buku pelajaran atau buku pegangan terutama PKn
e) Jarang melaksanakan tugas yang diberikan 
f) Tidak pernah mengemukakan pendapat atau pertanyaan
g) Terasa berat dalam menerima pelajaran
h) Mengeluh karena materi pelajaran PKn khusunya banyak dan membingungkan
4. Pengamatan secara mendalam
Pada pokoknya berdasarkan pengamatan yang dilakukan secara mendalam, mereka para siswa yang mengalami masalah tidak pernah mel;akukan pelanggaran yang kelewat batas. Pelanggaran yang mereka lakukan masih dalam taraf ayang wajar, sebagai akibat dari kurangnya rasa tertib dan disiplin dalam mentaati tata tertib disekolah. Reaksi bagi mereka, seandainya melakukan pelanggaran kecil menunjukkan sikap penjelasan
Kelambatan dalam belajarnya mereka bukan disebabkan karena seringnnya melakukan pelanggaran, tetati disebabkan karena seringnnya melakukan pelanggaran, tetapi disebabkan karena faktor – faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar kuran menunjang.  Ditambah pula dengan belum dapat mengembangkan motivasi dalam belajarnya baik disekolah maupun dirumah.

Jenis – jenis pelanggaran yang mereka lakukan adalah :
No. Subjek Jenis Pelanggaran
1. Heri Akibat belum dapat mengatur waktu dalam kegiatannya kadang tidak masuk sekolah
2. Udik Sekali waktu bajunya tidak dimasukkan, malas mengerjakan tugas PR
3. Rofi Akibat selalu ingin menarik perhatian, dia bertingkah yang mengundang perhatian teman lainnya pelanggaran seperti baju tidak dimasukkan, mengoda temannya tapi sering tidak mengikuti upaca diluar jam pelajaran, sok jagoan merupakan kebiasaan yang sering dilakukan
4. Tri Hampir tidak pernah melakukan pelanggaran, hanya memaang kalau diberi PR dan pertanyaan sering tidak dilaksanakan atau dijawab
5. Muklison Fisiknya kuat daripada daya pikirnya,pemalas, ceroboh, diam kalau ditanaya, tidak mengerjakan PR.

5. Penyuluhan
Program bimbingan dan penyuluhan yang dilaksanakan oleh petugas khusus. Petugas adalah orang yang ahli dibidangnya. Dalam melaksanakan tugasnya disekolah selalu bekerja sama dengan wali kelas, guru bidang studi, pegawai tata usaha dan lainya serta mengadakan koordinasi dengan kepala sekolah dan orang tua murid. Dalam melaksanakan tugasnya selalu menjaga hubungan baik antara penyuluh dengan seluruh siswa agar dapat menjalin hubungan yang erat dan ssaling percaya mempercayai sehingga memudahkan dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Bagaimanapun juga program bimbingan dan penyuluhan merupaka sarana dan prasarana terhadap individu yang mengalami masalah. Oleh karena itu apabila tidak tepat dalam memberikan terapi akan membawa akibat yang fatal, baik bagi siswa sendiri maupun penyuluh dalam menjalankan perannya. Ketetapan waktu dan kebutuhan perlu diserahkan dan diselaraskan.
Dari tingkah laku individu diatas bahwa mereka mengalami gejala – gejala gangguan belajar yang disebut psikoneorologis atau perceptual motor, karena gejala – gejala nampak adalah sebagai berikut :
No. Gelaja – gejala gangguan Subjek
Mudah kebingungan 1. Heri
2. Udik
Apabila menerima reaksi gerakkan atau tindakan berlebihan 1. Rofi
Sukar menguasai diri dan melakuakan 1. Rofi
2. Tri
Dalam keadaan normal mudah beralih perhatian 1. Muklison
2. Heri
3. Muklison
4. Rofi
Suka Bergerak 1. Rofi
2. Muklison
Koordinasi antar gerakan mata dan tangan kurang 1. Rofi
2. Muklison
Kurang jeli 1. Rofi
2. Tri
3. Heri
Sukar mengatur dan menyusun pikiran -
Ketrampilan dalam pelajaran kurang 1 - 3
Kurang mampu melakukan langkah – langkah yang operasional 1 - 5

6. Terapi pembinaannya dalam belajar
Sebagian besar mereka menganggap bahwa materi bidang studi PKn itu terlalu banyak dan sukar dimengerti, sehingga membingungkan dan akibatnya malas belajar. Berdasarkan data penulis mengemukakan bahwa prestasi belajar yang dicapai untuk bidang studi PKn yang mereka peroleh adalah dalam kriteria cukup artinya paling tinggi nilainya 7 (tujuh). Hal ini terjadi pada siswa yang mendapatkan nilai, baik pada studi PKn maupun bidang lainnya ternyata hampir sama.
Mengingat hal tersebut, maka terapi yang tepat dalam membimbing mereka dalah dengan pembinaan pada belajar mereka secara tertib, teratur dan berkesinambungan sesuai dengan jenjang sekolah masing – masing. Dalam proses belajar, terutama pada bidang studi PKn, perlu ditanamkan dan dibangkitkan motivasinya.
B. Analisa data dan hipotesa
Sebelum mengemukakan interprestasidata, maka terlebih dahulu penulis kemukakan tentang analisa data. Dalam analisa data ini terdapat 2(dua) variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Yang kami sajikan disini adalah :
a) Variabel Bebas (X) : Fungsi bimbingan dan penyuluhan
b) Variabel Terikat (Y): Prestasi Belajar Siswa
Sebagaimana dikemukakan dalam interprestasi data bahwa menguji sebuah hipotesa, diperlukan beberapa jenis data sebagai berikut :
Data menunjukkan perhubungan variabel bebas dan variabel terikat. Terlebih dahulu penulis kategorikan penilaian sebagai berikut :
No. Nilai Kriteria
1 10 Istimewa
2 9 Baik sekali
3 8 Baik
4 7 Cukup
5 6 Sedang
6 5 Kurang
7 4 Kurang Sekali
8 3 Jelek

TABEL I
PRESENTASI PRESTASI BELAJAR SISWA ………………SEBELUM PELAYANAN BP
Kriteria Penilaian F %
Cukup 16 32.65
Sedang 25 51.02
Kurang 5 10.20
Kurang Sekali 3 6.12
Jumlah 49 100

TABEL II
PRESENTASI PRESTASI BELAJAR SISWA………………….SESUDAH PELAYANAN BP
No. f %
Cukup 23 46.94
Sedang 26 53.06
Kurang - -
Kurang Sekali - -
Jumlah 49 100

Dari tabel diatas dapat kita lihat prestasi belajar setelah pelayanan bimbingan dan penyuluhan terhadap selisih sebagai berikut :
Dengan menggunakan deviasi presentase (%) :
% d = % 1 - % 2
Tafsiran dari d % adalah : Berapa banyak kasus dalam satu kategori variabel melebihi kasus dari variabel lain. Jadi besarnya kenaikan adalah :
4. Kriteria nilai cukup = 46,84 – 32,65 = 14,49
5. Kriteria nilai sedang = 53,05 – 51,02 = 2,04
6. Kriteria nilai kurang = 10,20
7. Kriteria nilai kurang sekali = 6,12
Berarti dalam hal ini variabel bebas mempengaruhi variabel terikat. Berarti pelayanan yang diberikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
Dari analisa diatas dapat kita ketahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar PKn mereka secara umum setelah adanya bimbingan dan penyuluhan adalah :
= (14,29 + 2,04 + 10,20 + 6,12) = 32,65 %

BAB V
PENUTUP

A. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami kemukakan pada penelitian ini adalah :
1. Pada saat sekarang ini keberadaan bimbingan dan penyuluhan di sekolah – sekolah mutlak diperlukan, mengingat dalam proses belajar mengajar disekolah tidak jarang timbul suatu problem – problem baru yang mungkin belum pernah terjadi sebelumnya
2. Mengingat bahwa tujuan utama bimbingan dan penyuluhan adalah membantu individu yang bermasalah, jadi bukan berpusat pada masalah – masalah saja maka perlu adanya kerja sama yang selalu terkoordinir antara petugas bimbingan dan penyuluhan dengan siswa, keluarga, sekolah dan masyarakat. Hal ini mengingat pengaruh lingkungan sekitar dari setiap individu yang tidak sama satu dengan lainnya.
3. Kehadiran bimbingan dan penyuluhan merupakan faktor pendorong bagi siswa untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan belajarnya serta meningkatkan aktifitas belajarnya. Kehadiran bimbingan dan penyuluhan jangan sampai menimbulkan salah pengertian bagi siswa sehingga menyebabkan timbulnya dampak yang tidak menguntungkan semua tugasnya.
4. Dalam membantu individua yanag bermasalah, bimbingan dan penyuluhan hendaknya dapat menjaga keselarasan, keserasian dan keseimbangan dalam menjalankan tugasnya.
5. Bimbingan dan penyuluhan yang dilaksanakan dengan penuh loyalitas dan dedikasi yang tinggi serta memiliki keahlian khusus dalam bidangnya, maka secara efektif dan efisien dapat membantu siswa yang mengalami masalah dalam belajarnya dapat meningkatkan prestasi belajarnya
6. Peningkatan prestasi belajar bagi yang terdapat hambatan perlu adanya pembinaan dan bimbingan belajar, khususnya dari petugas bimbingan dan penyuluhan disekolah.
B. Saran – saran
Untuk  mencapai hasil yang optimal dari pada tugas bimbingan dan penyuluhan perlu adanya :
1. Kritik dan saran yang membangun dari masyarakat sekitarnya, terutama wali murid atau orang tua.
2. Dalam menjalankan tugasnya bimbingan dan penyuluhan masih diperlukan pembenahan – pembenahan yang lebih baik lagi terutama pembenahan dalam bidang pengarahan, tempat khusus bimbungan dan penyuluhan terutama termasuk juga menyediakan ruangan yang sesuai dengan tugasnya.
3. Diharapkan masyarakat lebih meningkatkan partisipasi aktifnya dalam membantu tugas bimbungan dan penyuluhan

REKAPUTULASI DATA DOKUMENTASI PRESTASI BELAJAR
BIDANG STUDI PKn SEMESTER III DAN  IV
Nomor Urut Kelas II Prestasi Belajar PKn
Sebelum pelayanan bimbingan penyuluhan Setelah pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan
1 NENO 6 7
2 NENO 7 7
3 NENO 7 8
4 NENO 7 7
5 NENO 6 6
6 NENO 7 7
7 NENO 6 7
8 NENO 7 8
9 NENO 7 7
10 NENO 6 6
11 NENO 5 6
12 NENO 6 7
13 NENO 7 7
14 NENO 7 7
15 NENO 6 7
16 NENO 6 7
17 NENO 7 6
18 NENO 6 7
19 NENO 6 7
20 NENO 6 6
21 NENO 6 7
22 NENO 6 7
23 NENO 6 7
24 NENO 6 6
25 NENO 6 7
26 NENO 7 7
27 NENO 5 7
28 NENO 6 6
29 NENO 6 6
30 NENO 5 7
31 NENO 6 7
32 NENO 6 7
33 NENO 4 6
34 NENO 7 7
35 NENO 6 6
36 NENO 6 7
37 NENO 6 6
38 NENO 7 7
39 NENO 6 6
40 NENO 6 7
41 NENO 5 6
42 NENO 6 7
43 NENO 6 7
44 NENO 7 8
45 NENO 7 7
46 NENO 6 7
47 NENO 7 6
48 NENO 6 7
49 NENO 6 6
Jumlah Rata – Rata Kelas 6.20 6.77




BAB IV
PENYAJIAN DATA DAN ANALISA DATA

Dalam bagian ini akan diuraikan berturut – turut mengenai pengalaman – pengalaman dalam rangka pelaksanaan penelitian mengenai :
C. KegiatanBimbingan Penyuluhan Dalam Rangka Pemecahan Masalah
Kegiatan yang dilakukan oleh petugas bimbingan dan penyuluhan di sekolah…………………adalah menginventarisasi siswa yang perlu mendapatkan prioritas dalam meningkatkan prestasi belajarnya, khususnya pada bidang studi PKn. Dalam hal ini petugas bimbingan dan penyuluhan menentukan individu – individu itu melalui kegiatan belajarnya disekolah.
Ternyata individu yang mendapatklanprioritas pertama dalam membantu meningkatkan prestasi belajarnya adalah :
6. HERI
7. UDIK
8. ROFI
9. TRI
10. MUKLISON
Setelah menentukan individu – individu yang mendapatkan prioritas penanganan itu, kegiatan bimbingandan penyuluhan selanjutnya dalam rangka keseluruhan usaha pemecahan adalah :
4. Mengidentifikasi individu – individu yang bermasalah, dan dikategorikan dalam daftar tersebut dibawah ini :
SEKOLAH ………………………………………
_______________________________________________________________________
Daftar nama – nama siswa yang dikategorikan perlu mendapatkan bantuan pelayanan bimbingan dan penyuluhan
No. Kategori Masalah Siswa yang perlu
pelayanan BP
1 Maslah keterlambatan akademis. Mereka tidak
sepenuhnya menghadapi pelajaran, tampak berat terhadap pelajaran, bersembunyi takut diberi pertanyaan 3. Heri
4. Udik
2 Masalah sangat cepat belajar. Mempunyai bakat akademis yang tinggi atau IQ diatas 130
3 Masalah lambat belajar. Murid yang mempunyai bakat akademis rendah IQ sekitar 100 4. Rofi
5. Tri
6. Muklison
4 Masalah penempatan minat sosialnya terlalu membedakanya dengan kawan – kawannya yaitu terlalu atau lebih 3. Udik
4. Rofi
5 Masalah tingkah laku dan sosialnya emosional pada umumnya. Agresif suka menggangu dan mencari perhatian 2. Rofi
6 Masalah menyendiri, yaitu pemalu, mudah gentar, kurang berani dalam menghadapiu teman yang lain. 2. Heri
7 Masalah tingkah laku umum, yaitu kerjanya tidak produktif, ada kejanggalan – kejanggalan tingkah laku 2. Rofi
8 Masalah – masalah jasmaniah. Masalah kehadiran yaitu sering absen karena melanggar tata tertib sekolah 3. Muklison
4. Udik
9 Masalah pembicaraan (tidak banyak basa basi) 4. Tri
5. Rofi
6. Udik
10 Masalah jasmaniah umum -

5. Penelaahan Status
Dalam kegiatan belajar pada umunya kelima siswa itu menunjukkan kekurangan siapan dalam memulai pelajaran. Mereka seakan –akan kurang potensial, lemah dan enggan. Latar belakang keluarga atau orang tua dalam hal ini dapat dikatakan status sosialnya kurang mampu.
Dalam pergaulannya dikelas sebagian besar mereka pasif, tetapi ada juga yang agresif, misalnya Jumain. Secara umum individu yang bermasalah itu mempunyai anggota keluarga paling sedikit 6 (enam) orang. Kelamahan dan kelebihan individu
No. Subjek Kelemahan Kelebihan
1 Heri Lemah dalam pelajaran, pendiam, suka pacaran, jera dalam pergaulannya. Tidak punya teman bermain Mempunyai ketrampilan menari
2
Udik Lemah dalam belajarnya, bandel, ceplas ceplos, kadang kala acuh tak acuh Pandai menggambar
3 Rofi Malas, kurang aktifitas, lebih menonjol usianya, jarang melaksanakan tugas Tidak ada
4 Tri Lemah dalam belajarnya, kurang aktifitas belajarnya, kelihatan acuh, kekuatan fisiknya agak menonjol Banyak teman, mengikuti klub olah raga silat, solider penurut, patuh
5 Muklison Pemalas, sering tidak melakukan tugas, kurang bergairah, acuh terhadap teman – temannya, pemarah, mudah tersinggung Kelebihannya tidak jelas

Kriteria kesulitan siswa
No. Subjek Kesulitan yang dialami
1 Heri Kelambatan belajar, karena kurang motivasi sehingga tidak tahu apa yang seharusny dilakukan dalam belajarnya
2 Udik Kelambanan belajar, karena status atau lingkungan keluarga belum menunjang
3 Rofi Kurang aktifitas belajar, karena selalu disibukkan oleh pekerjaan membantu orang tua
4 Tri Daya pikirnya lemah, phisik badanya kekar, aktifitas belajarnya lemah.
5 Muklison Kurang aktifitas belajar, sembrono atau ceroboh, kesempatan belajar dibatasi (membantu orang tua

6. Langkah – langkah Kegiatan
Setelah menentukan kriteria kesulitan atau masalah yang dihadapi siswa atau individu, petugas bimbingan dan penyuluhan melaporkan kepada kepala sekolah sebagai penanggung jawab sekolah. Atas anjuran dari kepala sekolah petugas bimbingan dan penyuluhan diminta untuk membuat surat panggilan kepada wali murid untuk mempersiapkan data – data yang menyangkut individu yang bermasalah seperti :
a) Daftar prestasi siswa
b) Catatan pribadi murid
c) Hasil belajar murid
d) Buku kegiatan OSIS
e) Kartu SPP
f) Panggilan orang tua atau wali murid
g) Catatan kegiatan bimbingan dan penyuluhan
h) Catatan pelanggaran tata tertib
i) Catatan khusus kejadian diluar kelas
Setelah berkonsultasi dengan kepala sekolah, petugas bimbingan dan penyuluhan minta informasi lain kepada bapak atau ibu guru. Berdasarkan informasi dari bapak atau ibu guru dapat diperoleh gambaran secara umum sebagai berikut :
i) Sebagian dari mereka belum dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan
j) Sebagian terbesar guru dalam proses belajar mengajarnya menggunakan metode ceramah
k) Dalam menerima pelajaran murud pasif sekali
l) Murid tidak mempunyai buku pelajaran atau buku pegangan terutama PKn
m) Jarang melaksanakan tugas yang diberikan 
n) Tidak pernah mengemukakan pendapat atau pertanyaan
o) Terasa berat dalam menerima pelajaran
p) Mengeluh karena materi pelajaran PKn khusunya banyak dan membingungkan
4. Pengamatan secara mendalam
Pada pokoknya berdasarkan pengamatan yang dilakukan secara mendalam, mereka para siswa yang mengalami masalah tidak pernah mel;akukan pelanggaran yang kelewat batas. Pelanggaran yang mereka lakukan masih dalam taraf ayang wajar, sebagai akibat dari kurangnya rasa tertib dan disiplin dalam mentaati tata tertib disekolah. Reaksi bagi mereka, seandainya melakukan pelanggaran kecil menunjukkan sikap penjelasan
Kelambatan dalam belajarnya mereka bukan disebabkan karena seringnnya melakukan pelanggaran, tetati disebabkan karena seringnnya melakukan pelanggaran, tetapi disebabkan karena faktor – faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar kuran menunjang.  Ditambah pula dengan belum dapat mengembangkan motivasi dalam belajarnya baik disekolah maupun dirumah.

Jenis – jenis pelanggaran yang mereka lakukan adalah :
No. Subjek Jenis Pelanggaran
1. Heri Akibat belum dapat mengatur waktu dalam kegiatannya kadang tidak masuk sekolah
2. Udik Sekali waktu bajunya tidak dimasukkan, malas mengerjakan tugas PR
3. Rofi Akibat selalu ingin menarik perhatian, dia bertingkah yang mengundang perhatian teman lainnya pelanggaran seperti baju tidak dimasukkan, mengoda temannya tapi sering tidak mengikuti upaca diluar jam pelajaran, sok jagoan merupakan kebiasaan yang sering dilakukan
4. Tri Hampir tidak pernah melakukan pelanggaran, hanya memaang kalau diberi PR dan pertanyaan sering tidak dilaksanakan atau dijawab
5. Muklison Fisiknya kuat daripada daya pikirnya,pemalas, ceroboh, diam kalau ditanaya, tidak mengerjakan PR.

5. Penyuluhan
Program bimbingan dan penyuluhan yang dilaksanakan oleh petugas khusus. Petugas adalah orang yang ahli dibidangnya. Dalam melaksanakan tugasnya disekolah selalu bekerja sama dengan wali kelas, guru bidang studi, pegawai tata usaha dan lainya serta mengadakan koordinasi dengan kepala sekolah dan orang tua murid. Dalam melaksanakan tugasnya selalu menjaga hubungan baik antara penyuluh dengan seluruh siswa agar dapat menjalin hubungan yang erat dan ssaling percaya mempercayai sehingga memudahkan dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Bagaimanapun juga program bimbingan dan penyuluhan merupaka sarana dan prasarana terhadap individu yang mengalami masalah. Oleh karena itu apabila tidak tepat dalam memberikan terapi akan membawa akibat yang fatal, baik bagi siswa sendiri maupun penyuluh dalam menjalankan perannya. Ketetapan waktu dan kebutuhan perlu diserahkan dan diselaraskan.
Dari tingkah laku individu diatas bahwa mereka mengalami gejala – gejala gangguan belajar yang disebut psikoneorologis atau perceptual motor, karena gejala – gejala nampak adalah sebagai berikut :
No. Gelaja – gejala gangguan Subjek
Mudah kebingungan 3. Heri
4. Udik
Apabila menerima reaksi gerakkan atau tindakan berlebihan 1. Rofi
Sukar menguasai diri dan melakuakan 3. Rofi
4. Tri
Dalam keadaan normal mudah beralih perhatian 5. Muklison
6. Heri
7. Muklison
8. Rofi
Suka Bergerak 3. Rofi
4. Muklison
Koordinasi antar gerakan mata dan tangan kurang 3. Rofi
4. Muklison
Kurang jeli 4. Rofi
5. Tri
6. Heri
Sukar mengatur dan menyusun pikiran -
Ketrampilan dalam pelajaran kurang 1 - 3
Kurang mampu melakukan langkah – langkah yang operasional 1 - 5

6. Terapi pembinaannya dalam belajar
Sebagian besar mereka menganggap bahwa materi bidang studi PKn itu terlalu banyak dan sukar dimengerti, sehingga membingungkan dan akibatnya malas belajar. Berdasarkan data penulis mengemukakan bahwa prestasi belajar yang dicapai untuk bidang studi PKn yang mereka peroleh adalah dalam kriteria cukup artinya paling tinggi nilainya 7 (tujuh). Hal ini terjadi pada siswa yang mendapatkan nilai, baik pada studi PKn maupun bidang lainnya ternyata hampir sama.
Mengingat hal tersebut, maka terapi yang tepat dalam membimbing mereka dalah dengan pembinaan pada belajar mereka secara tertib, teratur dan berkesinambungan sesuai dengan jenjang sekolah masing – masing. Dalam proses belajar, terutama pada bidang studi PKn, perlu ditanamkan dan dibangkitkan motivasinya.
D. Analisa data dan hipotesa
Sebelum mengemukakan interprestasidata, maka terlebih dahulu penulis kemukakan tentang analisa data. Dalam analisa data ini terdapat 2(dua) variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Yang kami sajikan disini adalah :
a) Variabel Bebas (X) : Fungsi bimbingan dan penyuluhan
b) Variabel Terikat (Y): Prestasi Belajar Siswa
Sebagaimana dikemukakan dalam interprestasi data bahwa menguji sebuah hipotesa, diperlukan beberapa jenis data sebagai berikut :
Data menunjukkan perhubungan variabel bebas dan variabel terikat. Terlebih dahulu penulis kategorikan penilaian sebagai berikut :
No. Nilai Kriteria
1 10 Istimewa
2 9 Baik sekali
3 8 Baik
4 7 Cukup
5 6 Sedang
6 5 Kurang
7 4 Kurang Sekali
8 3 Jelek

TABEL I
PRESENTASI PRESTASI BELAJAR SISWA ………………SEBELUM PELAYANAN BP
Kriteria Penilaian F %
Cukup 16 32.65
Sedang 25 51.02
Kurang 5 10.20
Kurang Sekali 3 6.12
Jumlah 49 100

TABEL II
PRESENTASI PRESTASI BELAJAR SISWA………………….SESUDAH PELAYANAN BP
No. f %
Cukup 23 46.94
Sedang 26 53.06
Kurang - -
Kurang Sekali - -
Jumlah 49 100

Dari tabel diatas dapat kita lihat prestasi belajar setelah pelayanan bimbingan dan penyuluhan terhadap selisih sebagai berikut :
Dengan menggunakan deviasi presentase (%) :
% d = % 1 - % 2
Tafsiran dari d % adalah : Berapa banyak kasus dalam satu kategori variabel melebihi kasus dari variabel lain. Jadi besarnya kenaikan adalah :
8. Kriteria nilai cukup = 46,84 – 32,65 = 14,49
9. Kriteria nilai sedang = 53,05 – 51,02 = 2,04
10. Kriteria nilai kurang = 10,20
11. Kriteria nilai kurang sekali = 6,12
Berarti dalam hal ini variabel bebas mempengaruhi variabel terikat. Berarti pelayanan yang diberikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
Dari analisa diatas dapat kita ketahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar PKn mereka secara umum setelah adanya bimbingan dan penyuluhan adalah :
= (14,29 + 2,04 + 10,20 + 6,12) = 32,65 %

BAB V
PENUTUP

C. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kami kemukakan pada penelitian ini adalah :
1. Pada saat sekarang ini keberadaan bimbingan dan penyuluhan di sekolah – sekolah mutlak diperlukan, mengingat dalam proses belajar mengajar disekolah tidak jarang timbul suatu problem – problem baru yang mungkin belum pernah terjadi sebelumnya
2. Mengingat bahwa tujuan utama bimbingan dan penyuluhan adalah membantu individu yang bermasalah, jadi bukan berpusat pada masalah – masalah saja maka perlu adanya kerja sama yang selalu terkoordinir antara petugas bimbingan dan penyuluhan dengan siswa, keluarga, sekolah dan masyarakat. Hal ini mengingat pengaruh lingkungan sekitar dari setiap individu yang tidak sama satu dengan lainnya.
3. Kehadiran bimbingan dan penyuluhan merupakan faktor pendorong bagi siswa untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan belajarnya serta meningkatkan aktifitas belajarnya. Kehadiran bimbingan dan penyuluhan jangan sampai menimbulkan salah pengertian bagi siswa sehingga menyebabkan timbulnya dampak yang tidak menguntungkan semua tugasnya.
4. Dalam membantu individua yanag bermasalah, bimbingan dan penyuluhan hendaknya dapat menjaga keselarasan, keserasian dan keseimbangan dalam menjalankan tugasnya.
5. Bimbingan dan penyuluhan yang dilaksanakan dengan penuh loyalitas dan dedikasi yang tinggi serta memiliki keahlian khusus dalam bidangnya, maka secara efektif dan efisien dapat membantu siswa yang mengalami masalah dalam belajarnya dapat meningkatkan prestasi belajarnya
6. Peningkatan prestasi belajar bagi yang terdapat hambatan perlu adanya pembinaan dan bimbingan belajar, khususnya dari petugas bimbingan dan penyuluhan disekolah.
D. Saran – saran
Untuk  mencapai hasil yang optimal dari pada tugas bimbingan dan penyuluhan perlu adanya :
1. Kritik dan saran yang membangun dari masyarakat sekitarnya, terutama wali murid atau orang tua.
2. Dalam menjalankan tugasnya bimbingan dan penyuluhan masih diperlukan pembenahan – pembenahan yang lebih baik lagi terutama pembenahan dalam bidang pengarahan, tempat khusus bimbungan dan penyuluhan terutama termasuk juga menyediakan ruangan yang sesuai dengan tugasnya.
3. Diharapkan masyarakat lebih meningkatkan partisipasi aktifnya dalam membantu tugas bimbungan dan penyuluhan

REKAPUTULASI DATA DOKUMENTASI PRESTASI BELAJAR
BIDANG STUDI PKn SEMESTER III DAN  IV
Nomor Urut Kelas II Prestasi Belajar PKn
Sebelum pelayanan bimbingan penyuluhan Setelah pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan
1 NENO 6 7
2 NENO 7 7
3 NENO 7 8
4 NENO 7 7
5 NENO 6 6
6 NENO 7 7
7 NENO 6 7
8 NENO 7 8
9 NENO 7 7
10 NENO 6 6
11 NENO 5 6
12 NENO 6 7
13 NENO 7 7
14 NENO 7 7
15 NENO 6 7
16 NENO 6 7
17 NENO 7 6
18 NENO 6 7
19 NENO 6 7
20 NENO 6 6
21 NENO 6 7
22 NENO 6 7
23 NENO 6 7
24 NENO 6 6
25 NENO 6 7
26 NENO 7 7
27 NENO 5 7
28 NENO 6 6
29 NENO 6 6
30 NENO 5 7
31 NENO 6 7
32 NENO 6 7
33 NENO 4 6
34 NENO 7 7
35 NENO 6 6
36 NENO 6 7
37 NENO 6 6
38 NENO 7 7
39 NENO 6 6
40 NENO 6 7
41 NENO 5 6
42 NENO 6 7
43 NENO 6 7
44 NENO 7 8
45 NENO 7 7
46 NENO 6 7
47 NENO 7 6
48 NENO 6 7
49 NENO 6 6
Jumlah Rata – Rata Kelas 6.20 6.77


PEDOMAN UNTUK OBSERVASI DENGAN MEMAKAI CHECK LIST TERHADAP KEGIATAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR

1. Kehadiran Siswa
Selalu hadir
Jarang hadir
2. Bahan atau buku pelajaran  yang akan diberikan siswa :
Selalu siap
Jarang siap
3. Keaktifan siswa dalam melaksanakan tanya jawab di kelas :
Selalu terlibat
Jarang terlibat
4. Tanggapan yang diberikan oleh siswa pada waktu dilakukan metode diskusi :
Selalu mengikuti
Jarang mengikuti
5. Sikap siswa dalam proses belajar mengajar di dalam kelas :
Selalu menonjol
Jarang menonjol
6. Tingkah laku siswa dalam menerima pelajaran :
Selalu baik
Jarang Baik
7. Hasil yang dicapai dalam kegiatan belajarnya :
Selalu memuaskan
Jarang memuaskan
8. Pertanyaan yang diajukan kepada guru pada waktu pelajaran berlangsung :
Selalu bertanya
Jarang bertanya
9. Reaksi siswa terhadap pelajaran yang diberikan dalam proses belajar mengajar :
Selalu positif
Jarang positif
10. Tanggapan siswa terhadap jawaban atas pertanyaan siswa :
Selalu menerima
Jarang menerima
11. Interaksi antara siswa yang satu dengan yang lainnyadalam proses belajar mengajar :
Selalu kerja sama
Jarang kerja sama
12. Kelambatan yang dialami siswa dalam proses belajar mengahar :
Selalu ada
Jarang ada
13. Sikap siswa apabila melanggar tata tertib, kemudian di perintahkan mentaati pada waktu proses belajarnya :
Selalu diperhatikan
Jarang diperhatikan
14. Sikap siswa menerima teguran pada waktu proses belajar mengajar :
Selalu memperhatikan
Jarang memperhatikan
15. Resposif dalam menerima pelajaran :
Selalu tanggap
Jarang tanggap
16. Responsif dalam menerima pelajran :
Selalu bertanya
Jarang bertanya
17. Tanggung jawab siswa dalam mempersiapkan pelajarannya :
Selalu berperan
Jarang berperan
18. Solidaritas terhadap siswa yang lain pada waktu proses belajar mengajar di dalam kelas :
Selalu baik
Jarang solider
19. Kesiapan siswa dalam mengikuti pelajran :
Selalu siap
Jarang siap
20. Interaksi antara siswa dan guru pada waktu proses belajar mengajar :
Selalu baik
Jarang untuk baik
21. Kemampuan siswa dalam mendemontrasikan pelajaran didepan kelas :
Selalu tampil di depan
Jarang tampil di depan
PEDOMAN UNTUK ANGKET TERTUTUP KEGIATAN SISWA DALAM PROSES BELAJARNYA DI KELAS

1. Pernahkah kalian mengutarakan kesulitan atau masalah – masalah  belajar yang kalian hadapi kepada guru, wali kelas  atau petuagas bimbingan dan penyuluhan :
Sering mengutarakan
Jarang mengutarakan
2. Apakah kalian pernah minta petunjuk – petunjuk kepada guru, wali kelas atau petugas bimbingan dan penyuluhan dan mereka selalu melayani :
Selalu dilayani
Jarang dilayani
3. Bimbingan dan penyuluhan disekolah bagi siswa merupakan petugas yang selalu mendorong untuk belajar :
Benar
Tidak benar
4. Bimbingan dan penyuluhan di sekolah dapat menimbulkan petugas yang selalu mendorong untuk belajar :
Benar
Tidak benar
5. Bimbingan dan penyuluhan disekolah dapat menimbulkan semangatr belajar yang tinggi :
Benar
Tidak benar

6. Bagaimana kegiatan – kegiatan bimbingan dan penyuluhan disekolah :
Sering ada kegiatan
Jarang ada kegiatan
7. Dengan adanya pelayanan bimbingan dan penyuluhan disekolah siswa makin sering mendapatkan pengarahan dari Bapak agar dapat menemukan cara belajar yang baik :
Sering mendapat pengarahan
Jarang mendapat pengarahan
8. bimbingan dan penyuluhan memberi gambaran yang luas bagi siswa dalam menghadapi masa depannya :
Benar
Tidak benar
9. bimbingan dan penyuluhan membantu siswa menyelesaikan masalah – masalah yng dihadapi :
Benar
Tidak benar
10. Apakah siswa sering minta pertimbangan dan saran kepada petugas bimbingan dan penyuluhan disekolah :
Sering
Jarang

11. Pengarahan dari Guru, wali kelas dan petugas bimbingan dan penyuluhan kelas anda bagaimana :
Sering mendapatkan pengarahan
Jarang mendapatkan pengarahan

Dapatkan file secara lengkap berupa pengaturan, gambar, tabel dan lain-lain dalam format microsoft word (.doc) pada link dibawah ini !!

Comments