Makalah Tentang Kulkas Mesin Pendingin

Blog Makalah dan Karya tulis kali ini akan berbagi Contoh Makalah tetang Kulkas Mesin Pendingin. Download Makalah Kulkas Mesin Pendingin pada bagian akhir post ini dalam bentuk file microsoft word, Sepertia apa bentuk dan isi makalah tersebut ? Berikut contoh makalah tentang Kulkas Mesin Pendingin

Makalah Kulkas Mesin Pendingin

Makalah Tentang Kulkas Mesin Pendingin
Makalah Tentang Kulkas Mesin Pendingin

MAKALAH TIK “KULKAS”

Oleh :
Ulfa Ramadanti
Kelas IXb / No. Absn. 25

SMP NEGERI 4 GENTENG
BANYUWANGI
TAHUN PELAJARAN
2012-2013

HALAMAN PENGESARAH
Judul : TEKNOLOGI KULKAS
Nama : Ulfa Ramadanti
Kelas : IXB
No. Absen : 25

Mengetahui,
Pembimbing Wali Kelas

Ridwan Dra. Sriwinatun
NIK : 991004011 NIP : 19670909 199601 2001

Kepala Sekolah

Poniman, S.Pd M.Pd
NIP : 196302121988031013

KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan
petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas TIK membuat makalah dengan judul  “Kulkas”,  sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.

Ucapan terima kasih yang tak lupa kami ucapkan kepada Bapak Ridwan selaku pebimbing dan kepada semua pihak yang telah membantu dan tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan
dalam penyajian data dalam makalah ini, seperti pribasa Tak ada gadung yang tak retak”. Oleh karena itu, penulis mengharapkan  kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan  makalah ini. Semoga makalah ini berguna dan dapat menambah pengetahuan  pembaca.
Banyuwangi, …
Penulis

DAFTAR ISI
Halaman Judul  i
Halaman Pengesahan ii
Kata Pengantar... iii
Daftar Isi... iv

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan 2

BAB II PEMBAHASAN
A. Sejaah Teknologi Kulkas 3
B. Perkembangan Teknologi Kulkas 8
C. Manfaat Teknologi Kulkas 9
D. Dampak Teknologi Kulkas  11

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan 14
B. Saran 14

DAFTAR PUSTAKA

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam beperjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai; pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah, dari pentungan sampai senjata nuklir.
Teknologi telah memengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global masa kini) dan telah memungkinkan bertambahnya kaum senggang. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak dikehendaki, yang disebut pencemar, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak Bumi dan lingkungannya. Berbagai macam penerapan teknologi telah memengaruhi nilai suatu masyarakat dan teknologi baru seringkali mencuatkan pertanyaan-pertanyaan etika baru. Sebagai contoh, meluasnya gagasan tentang efisiensi dalam konteks produktivitas manusia, suatu istilah yang pada awalnynya hanya menyangku permesinan, contoh lainnya adalah tantangan norma-norma tradisional.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Meskipun ada dampak negatifnya atau kelemahan dari kemajuan IPTEK. Namun hal ini seolah diabaikan oleh manusia, faktanya tidak dipungkiri lagi IPTEK dikembangkan setiap waktu dan banyak pula pengaruhnya, baik yang positif maupun negatif.

B. Tujuan
1. Untuk memenuhi tugas TIK untuk mengikuti Ujian Sekolah
2. Sebagai tambahan informasi bagi pembaca

BAB II PEMBAHASAN
A. Sejarah  Teknologi Kulkas
Sebuah kulkas (biasa disebut "lemari es") adalah alat pendingin.
Yang umum peralatan rumah tangga terdiri dari termal terisolasi kompartemen dan pompa panas -kimia atau mekanis berarti-untuk mentransfer panas dari ke lingkungan eksternal (misalnya, ruang di mana ia berada), pendinginan isi ke suhu di bawah lingkungan.
Pendinginan adalah populer teknik penyimpanan makanan di negara maju dan bekerja dengan menurunkan tingkat reproduksi bakteri.
Perangkat demikian digunakan untuk mengurangi proses pembusukan bahan pangan.
Mesin pendingin yang menjaga suhu beberapa derajat di atas titik beku air.  Kisaran suhu optimum untuk penyimpanan makanan mudah busuk adalah 3 sampai 5 ° C (37 sampai dengan 41 ° F).
Sebuah perangkat serupa yang mempertahankan suhu di bawah titik beku air disebut sebagai "freezer". kulkas adalah penemuan modern yang relatif di antara peralatan dapur .  Ia menggantikan lemari es , yang telah menjadi alat rumah tangga biasa selama hampir satu abad dan setengah sebelumnya. Untuk alasan ini, lemari es kadang-kadang disebut sebagai "peti es".
Asal Usul Sejarah Kulkas atau Lemari Es
Sebelum penemuan kulkas, icehouses digunakan untuk menyediakan penyimpanan dingin untuk sebagian tahun. Ditempatkan di dekat danau air tawar atau dikemas dengan salju dan es selama musim dingin, mereka pernah sangat umum.  berarti alam masih digunakan untuk mendinginkan makanan saat itu.
Pada pegunungan, limpasan dari pencairan salju adalah cara yang nyaman untuk mendinginkan minuman, dan selama musim dingin yang dapat menyimpan susu segar lebih lama hanya dengan menyimpannya di luar ruangan.
Pada abad ke-11, para fisikawan Persia dan kimiawan Ibnu Sina (Avicenna) menemukan kumparan pendingin , yang terkondensasi aromatik uap.
Ini adalah sebuah terobosan dalam penyulingan teknologi dan ia memanfaatkan itu dalam bukunya distilasi uap proses, yang memerlukan tabung berpendingin, untuk menghasilkan minyak esensial .
Pendingin buatan pertama yang diketahui telah ditunjukkan oleh William Cullen di Universitas Glasgow pada 1748. Antara 1805, ketika Oliver Evans merancang mesin pendingin pertama yang menggunakan uap sebagai pengganti cairan, dan 1902 ketika Willis Haviland Carrier mendemonstrasikan pertama AC , puluhan penemu memberikan kontribusi kemajuan kecil di pendinginan mesin.
Di rumah pendingin menjadi kenyataan pada tahun 1834 dengan penemuan sistem pendingin kompresi oleh penemu Amerika Jacob Perkins. Pada tahun 1850 atau 1851, Dr John Gorrie menunjukkan pembuat es
Pada tahun 1857, Australia James Harrison membangun dunia es praktis pertama membuat dan sistem pendinginan mesin, dan itu digunakan dalam industri pengepakan daging dan peragian Geelong, Victoria. Ferdinand Carré dari Perancis mengembangkan sistem agak lebih kompleks pada tahun 1859.
Tidak seperti mesin kompresi-kompresi sebelumnya, yang digunakan sebagai pendingin udara, peralatan Carré's terkandung berkembang pesat amonia.
Ini kulkas penyerapan diciptakan oleh Baltzar von Platen dan Carl Munters dari Swedia pada 1922, saat mereka masih mahasiswa di Royal Institute of Technology di Stockholm.
Ini menjadi kunci sukses di seluruh dunia dan dikomersialisasikan oleh Electrolux .  pionir lain termasuk Charles Tellier , David Boyle , dan Raoul Pictet .
Carl von Linde adalah orang pertama yang paten dan membuat dan kompak kulkas praktis.
Unit-unit rumah biasanya diperlukan instalasi dari motor, bagian mekanik dan kompresor, di ruang bawah tanah atau ruang yang berdekatan sedangkan kotak dingin terletak di dapur.
Ada model 1922 yang terdiri dari sebuah kotak kayu dingin, air-cooled kompresor, sebuah batu es dan baki-kubik kaki (0,25 m 3) kompartemen 9, dan biaya $ 714. (A 1922 Model-T Ford cost about $450.)
Pada tahun 1923 Frigidaire memperkenalkan diri pertama-unit yang terkandung. Tentang waktu yang sama lemari besi berlapis porselen mulai muncul.
Es nampan diperkenalkan lebih dan lebih selama tahun 1920, sampai saat ini pembekuan bukan fungsi tambahan dari kulkas modern.

Kulkas pertama untuk melihat secara luas adalah General Electric "Monitor-Top" kulkas diperkenalkan pada tahun 1927, disebut karena kemiripannya dengan pistol menara di kapal perang kuat USS Monitor dari 1860-an.
Majelis kompresor, yang dipancarkan banyak panas, ditempatkan di atas kabinet, dan dikelilingi dengan sebuah cincin dekoratif.
 Sebagai medium pendingin, kulkas ini digunakan baik belerang dioksida, yang korosif terhadap mata dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, kulit terbakar sakit dan luka, atau formate metil , yang sangat mudah terbakar, berbahaya bagi mata, dan beracun jika terhirup atau tertelan.
Banyak dari unit-unit ini masih fungsional saat ini.
Sistem pendinginan tidak dapat secara legal diisi ulang dengan pendingin asli berbahaya jika mereka bocor atau rusak.
Pengenalan Freon pada tahun 1920 memperluas pasar kulkas selama 1930-an dan memberikan rendah,-toksisitas alternatif yang lebih aman untuk digunakan refrigeran sebelumnya.
Freezer terpisah menjadi umum selama tahun 1940-an, istilah yang populer pada waktu unit adalah "deep freeze".
Perangkat ini, atau "peralatan", tidak masuk ke produksi massal untuk digunakan dalam rumah sampai setelah Perang Dunia II.
1950-an dan 1960-an melihat kemajuan teknis seperti otomatis pencairan dan membuat es otomatis.
Lebih efisien kulkas dikembangkan pada tahun 1970-an dan 1980-an, meskipun isu lingkungan menyebabkan pelarangan yang sangat efektif freon) refrigerant Awal kulkas model (dari 1916) memiliki kompartemen dingin untuk nampan es batu.
Dari akhir 1920-an sayuran segar telah berhasil diproses melalui pembekuan oleh Perusahaan Postum (pendahulu dari General Foods ), yang telah mengakuisisi teknologi ketika membeli hak untuk Clarence Birdseye 's segar metode pembekuan sukses.
Aplikasi yang berhasil pertama dari makanan beku terjadi ketika Jenderal Makanan pewaris Marjorie Merriweather Post (kemudian istri Joseph E. Davies , Duta Besar AS untuk Uni Soviet) yang dikhususkan kelas freezer komersial di Spaso House, Kedutaan Besar AS di Moskow, sebelum yang Davies 'kedatangan.
Post, takut pengolahan makanan standar keamanan Uni Soviet itu, terisi penuh pada freezer dengan produk dari unit Birdseye General Foods
Menyimpan makanan beku memungkinkan Davies untuk menghibur boros dan melayani makanan beku segar yang seharusnya dapat keluar dari musim.
Setelah kembali dari Moskow, Pos (yang kembali nama gadisnya setelah bercerai Davies) diarahkan Umum Makanan untuk memasarkan produk beku ke restoran kelas atas.
freezer Home sebagai kompartemen terpisah (lebih besar dari yang diperlukan hanya untuk batu es), atau sebagai unit terpisah, diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1940. Frozen foods, previously a luxury item, began to be commonplace. makanan beku, sebelumnya barang mewah, mulai menjadi hal yang umum.
Sementara di Meksiko, suku Aztek mengawetkan makanan menggunakan salju. Caranya, mereka menggali lubang berukuran besar. Lalu, mereka melapisi bagian dasar dan sekelilingnya dengan bilahan kayu atau jerami. Setelah itu, mereka mengisikan es atau salju ke dalamnya, dan menutupnya lagi dengan jerami. Barulah mereka meletakkan makanan, kemudian menutupnya dengan rapat. Dengan cara ini, bahan makanan jadi lebih awet.
Sedangkan orang-orang zaman dulu di China menggunakan “Tembaga Jian” untuk menyimpan persediaan minuman mereka. Tembaga Jian ini bisa dikatakan sebagai “kulkas” pertama di dunia, yang tentu saja tidak menggunakan listrik. Tembaga ini berbentuk kotak dan memiliki dua lapisan, yaitu lapisan bejana untuk menyimpan botol minuman dan lapisan tembaga.
Pada saat musim panas, es batu diletakkan di antara tembaga dan bejana sehingga botol minuman dalam bejana tetap dingin,  Di musim dingin, benda ini berfungsi sebagai termos, dimana air panas diletakkan diantara tembaga dan bejana sehingga botol minuman dalam bejana dapat dihangatkan.

Pada abad ke- 18 orang-orang Inggris mulai membuat kulkas yang lebih praktis. Namun pada waktu itu lemari es yang berhasil dibuat berukuran sangat besar, terbuat dari besi sehingga menjadi sangat berat.  Pada tahun 1876 seorang ilmuwan asal Jerman bernama Carl Paul Gotfried Von Linde menggagas pembuatan kulkas yang lebih baik. Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tahun 1911, oleh General Electric Company gagasan tersebut diwujudkan menjadi sebuah alat pendingin di bawah pimpinan seorang ilmuwan Prancis bernama Abbe Audiffren.

Oh iya, tahukah kamu bahwa kata kulkas merupakan kata dalam bahasa Belanda yaitu koelkast. Kata koelkast ini jadi bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia karena pada waktu Belanda menjajah Indonesia, mereka membawa berbagai macam barang termasuk diantaranya adalah kulkas.

B. Perkembangan Teknologi Kulkas
Dalam perkembangan dunia off-road Indonesia, nama ARB 4x4 Accessories tak terasa asing.  Apalagi produsen off-road gear asal Australia ini sudah sangat indentik dengan dunia off-road. Tak hanya di kalangan adventurer biasa, namun sudah merambah ke dunia kompetisi.
Salah satu produk ARB yang paling dikenal adalah air locker. Sistem pengunci gigi differential yang mengandalkan tekanan angin. Dan sepertinya pasar air locker ini baru ARB saja yang punya reputasi. Lalu muncul pula beberapa jenis strap komplit berikut equipment-nya. Termasuk sakel dan snatch blok.
Tapi seiring perkembangan, tampaknya ARB juga mengembangkan produk lain selaku penunjang off-road gear.  Maka muncullah produk ARB macam kanopi, roofrack, bullbar serta fridge freezers (lemari es).
Khusus fridge freezers ini, pabrikan ARB memang cenderung lebih memilih membuat lemari es daripada sebuah coolbox. Karena ARB memang merancang  alat ini bisa difungsikan untuk ekspedisi adventure dalam waktu yang lama.
Lemari es inipun dilengkapi dengan banyak rak dan kompartemen, sehingga bisa membawa banyak barang dengan beragam isinya. Mampu diatur untuk mempertahankan suhu ruangan hingga -18ºC. Sehinga bisa memproduksi es batu untuk keperluan apa saja.
Bodinya cukup kuat karena dirancang dari casing baja, sehingga tak kuatir jika terjatuh maupun berguncang. Dilengkapi dengan sistem meter indikator digital dan diklaim  butuh  tenaga low eletricity.  Sehingga tak mengganggu kebutuhan sistem kelistrikan mobil.
Tersedia dalam 4 ukuran yaitu 35 liter, 47 liter, 60 liter dan 78 liter. Untuk ukuran yang paling kecil bisa ditempatkan di ruang tengah mobil. Sedangkan ukuran yang besar memang harus ditempatkan di bagasi.
 Kelemahannya, lemari es ini tak bisa ditaruh di luar mobil dalam jangka waktu yang lama. Kecuali jika ada kabel ekstension yang bisa menyambung ke pusat kelistrikan. Untuk colokan listriknya memanfaatkan colokan lighter yang selalu tersedia di setiap kendaraan. Suhu ruangan pun bisa terjaga hingga beberapa jam sebelum perlu dicharge. Peranti ini dilengkapi meterindikator yang bisa dibaca dilayar digitalnya.

C. Manfaat Teknologi Kulkas
Kita semua pasti sudah mengetahui fungsi kulkas atau lemari es, yaitu sebuah alat listrik menggunakan refrigerator (pendingin) yang bisa menjaga kesegaran makanan yang berada di dalamnya. Secara sistem kerja, kulkas menyedot panas keluar dan mengubah fase operasi dengan sebuah putaran refrigera¬tor. Kulkas terdiri dari dua bagian, yaitu lemari pendingin dan lemari pembeku. Sistem dua lemari ini diperkenalkan pertama kali oleh General Electric pada tahun 1911. Saat ini, kulkas terbagi menjadi empat ruang penyimpanan makanan yang berbeda kisaran suhunya. Ruang pembeku I dengan kisaran suhu mencapai -18°C atau setara 0 °F digunakan untuk membuat es batu. Ruang Pembeku II dengan kisaran suhu mencapai 0°C atau setara 32 °F digunakan menyimpan daging, ikan, dan makanan kaleng.
- Ruang pendingin dengan kisaran suhu mencapai 4°C atau setara 40°F digunakan menyimpan air dan minuman botol atau kaleng. — Ruang penyegar dengan kisaran suhu mencapai 10°C atau setara 50°F digunakan menyimpan buah dan sayuran.
Kulkas mengatami perkembangan teknologi. Pada awalnya, kulkas digunakan untuk membuat es batu. Saat ini, kulkas dengan beberapa model dan bentuk memunyai kemampuan tidak hanya membuat es batu. Teknologi kulkas berkembang menjadi alat untuk mengawetkan berbagai bahan makanan maupun makanan jadi. Di era 70 sampai 90-an, kulkas termasuk barang kebutuhan tertier karena harganya yang relatif mahal. Selain itu, kulkas juga memerlukan daya listrik yang relatif besar berkisar 200-350 watt. Seiring dengan perkembangan teknologi, bagi sebagian besar masyarakat, kulkas bukan menjadi barang kebutuhan tertier lagi karena kegunaan kulkas di dalam rumah tangga dirasa cukup penting untuk menyimpan makanan dan menjaga keawetannya. Selain itu, harganya (saat ini) relatif terjangkau masyarakat kalangan menengah ke bawah dengan daya listrik semakin kecil antara 60-120 watt. Secara umum, kulkas memiliki dua fungsi, yaitu mendinginkan atau membekukan dan mengawetkan. a. Mendinginkan atau Membekukan Sejak ditemukannya kulkas, manusia cenderung meng¬gunakan kulkas untuk mendinginkan dengan menurunkan suhu air atau minuman, bahkan membekukannya agar terasa lebih segar saat diminum. Membekukan air atau membuat es dilakukan dengan menurunkan suhu sampai mencapai titik beku air, yaitu 0°C. Selanjutnya, es yang terbentuk dapat dicampur dengan air atau minuman lainnya yang memiliki suhu normal atau setara dengan suhu kamar (27°C) b. Mengawetkan Ada banyak cara untuk mengawetkan makanan, seperti dikeringkan, diasap, diberi ragi atau bahan pengawet makanan, dan didinginkan. Dari berbagai cara pengawetan tersebut, pengawetan dengan cara mendinginkan makanan dinilai lebih praktis, murah, tidak mengubah rasa, dan membutuhkan waktu relatif lebih cepat dibandingkan proses pengawetan lainnya.
Pada suhu yang normal dan lembap, mikroba dapat berkembang biak dengan cepat sehingga makanan lebih cepat busuk atau basi. Berbeda dengan kondisi suhu udara yang dingin, mikroba sulit berkembang biak sehingga makanan lebih bertahan lama dan tidak mengubah rasanya. Namun, pengawetan dengan cara mendinginkan di dalam lemari es memiliki batasan waktu. Makanan atau sayur yang sudah dimasak dapat bertahan kurang lebih 3 hari. Buah dan sayuran yang belum dikupas atau dimasak dapat bertahan 7 sampai 14 hari. Makanan dan minuman kaleng atau instant yang masih utuh dapat bertahan sampai memasuki masa kadaluarsa makanan dan minuman tersebut.
Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, saat mengawetkan makanan, perhatikan hal-hal sebagai berikut.
1. Makanan yang dimasukkan ke dalam kulkas merupakan bahan makanan yang bermutu dan masih segar agar tidak terjadi perubahan pada rasa, warna, dan gizinya.
2. Semakin cepat makanan menjadi dingin, pengawetan makanan semakin baik.
3. Makanan ditutup rapat sebelum dimasukkan ke dalam kulkas agar tidak menyebabkan bau pada makanan lainnya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya makanan dibungkus dengan kantong alumunium foil.

D. Dampak Pemakaian Teknologi Kulkas
Ozon ( O3) terbentuk dari pemecahan molekul oksigen (O2) oleh sinar ultra violet mataharidan bergabung dengan oksigen dan atom atom oksigen lainnya membentuk ozon (O3). Posisi pada atmosfir bumi di lapisan stratosfer kira kira 15 – 20 Km diatas pernukaan bumi.Lapisanozon sangat membantu mencegah radiasisinar ultra violet yang mengakibatkan penyakit, antaralain kanker kulit, kanker mata dll.Dewasa ini kerusakan ozon menjadi isue internasional, diseluruh belahan bumi kerusakan ozondibahas oleh setiap negara, proses kerusakan ozon bermula dari bahan kimia CFCs(Chlorofluorocarbon) yang dapat melepaskan atom Chlorine dan Haloncarbon yang dapatmelepaskan atom Bromine, dimana kedua atom tersebut akan mengikat atom oksigen darimolekul ozon sehingga lapisan ozon menjadi rusak.Penggunaan Freon pada alat AC, lemari es, dan alat pendingin lain merupakan salah satu bentuk yang turut andil dalam pengrusakan ozon, karena alat ini menggunakan CFCs dalam proses kerjanya. Alat lain yaitu zat cair pemadam kebakaran (aerosol fire extinguiser) danaerosol spray lainnya menggunakan bahan kimia Haloncarbon yang dampaknya sama menjadi penyebab kerusakan ozon.
Dampak paling fatal karena menggunakanfreon adalah berkurangnya molekul ozondi stratosfer yang mengakibatkan lapisanozon menjadi semakin tipis sehinggafungsi penyerapan radiasi UV-B menjadi berkurang. Sebagai akibatnya, intensitasradiasi UV-B semakin meningkat.
Berdasarkan kajian ilmiah diketahui bahwa setiap 10 persen penipisan lapisanozon akan terjadi kenaikan radiasi UV-Bsebesar 20 persen. Paparan radiasi UV-Byang berlebih dapat menimbulkan dampak negatif.
Pada manusia, radiasi UV-B berlebihdapat menimbulkan penyakit kangker kulit, katarak mata, serta mengurangi dayatahan tubuh terhadap penyakit infeksi.Selain itu juga dapat memicu reaksikimiawi di atmosfer bagian bawah, yangmengakibatkan penambahan jumlah reaksifotokimia yang menghasilkan asap beracun, hujan asam, serta peningkatangangguan saluran pernafasan.Pada tumbuhan, radiasi UV-B dapatmenghambat pertumbuhan berbagaitanaman, bahkan beberapa menjadi kerdil.Sebagai akibatnya hasil panen menurundan tidak jarang gagal panen.
Di perairan laut, intensitas radiasi UV-Byang tinggi dapat memusnahkanorganisme kecil yang hidup di permukaanair. Phytoplanton yang menjadi sumber utama rantai makanan organisme lautdapat musnah, sehingga menimbulkan pengaruh berantai terhadap kehidupanorganisme laut. Radiasi UV-B juga akanmenurunkan kemampuan sejumlahorganisme menyerap gas karbon dioksida,yang merupakan salah-satu gas rumahkaca, sehingga konsentrasi gas rumah kacadi atmosfer akan meningkat danmenyebabkan terjadinya pemanasanglobal.

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
Dengan kemajuan IPTEK yang sangat pesat maka semakin banyak teknologi – teknologi baru yang tercipta, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global masa kini) dan telah memungkinkan bertambahnya kaum senggang. Selain berdampak positif banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak dikehendaki, yang disebut pencemar, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak Bumi dan lingkungannya.

B. Saran
1. Banyak dari kita yang menginginkan hidup sehat, tetapi kurang pengetahuan mengenai kesehatan sehingga kadang-kadang makanan yang kita konsumsi yang seharusnya kita jauhi malah masuk ke dalam tubuh kita. Tentu Anda tidak menginginkan diri Anda dan keluarga Anda  mengalami sakit oleh karena ketidaktahuan Anda.
2. Kurangi penggunaan Freon karena dampak paling fatal karena menggunakanfreon adalah berkurangnya molekul ozondi stratosfer yang mengakibatkan lapisanozon menjadi semakin tipis sehinggafungsi penyerapan radiasi UV-B menjadi berkurang. Sebagai akibatnya, intensitasradiasi UV-B semakin meningkat

DAFTAR PUSTAKA
Dowwload Makalah Mesin Pendingin Kulkas Format Microsoft Word (.doc) Cover | Halaman Pengesahan dll | Isi Makalah

Comments