Makalah tentang iPad

Blog Makalah dan Karya tulis kali ini akan berbagi Contoh Makalah tetang iPad . Download Makalah iPad pada bagian akhir post ini dalam bentuk file microsoft word, Sepertia apa bentuk dan isi makalah tersebut ? Berikut contoh makalah tentang iPad

Cover
Makalah tentang iPad
Makalah tentang iPad

Isi
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Satu  Tahun  yang lalu saya sempat terheran-heran melihat tayangan di TV ketika banyak pesohor di negeri ini memainkan sebuah benda tipis dengan layar sentuh. Sebuah benda seperti laptop, saya baru tahu setelah saya melihatnya secara dekat dan disertai penjelasan pada sebuah media informatika (internet) iPad diperkenalkan pertama kali oleh Steve Jobs, CEO (yang merupakan singkatan dari Chief Executive Officer) dari Apple Inc. dalam Apple Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco, Amerika Serikat, pada tanggal 27 Januari 2010. Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara telepon pintar (smartphone) dan komputer jinjing (laptop). Apple Inc. berencana akan mulai memasarkan iPad di Amerika Serikat (AS) mulai 3 april 2010, dengan kisaran harga mulai dari 499 Dolar Amerika Serikat (USD) hingga 829 USD. Namun warga AS sudah dapat memesan produk ini mulai tanggal 12 Maret 2010 melalui Apple Online Store. Apple sejauh ini sudah mengumumkan dua jenis model iPad. Model Wi-Fi dengan Wi-Fi 802.11a/b/g/n dengan berat 680 gram yang dipasarkan 3 April 2010 dan model Wi-Fi + 3G yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan jaringan HSDPA dengan berat 730 gram, yang dipasarkan pada akhir April 2010.

1.2. Latar Belakang
Makalah ini disusun bertujuan untuk  :
1. Memenuhi tugas mata pelajaran TIK
2. Sebagai tambahan informasi bagi para pembaca


BAB II PEMBAHASAN
2.1. IPAD
iPad   diperkenalkan pertama kali oleh Steve Jobs, CEO (yang merupakan singkatan dari Chief Executive Officer) dari Apple Inc. dalam Apple Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco, Amerika Serikat, pada tanggal 27 Januari 2010. Produk ini dirancang sebagai sebuah perangkat digital yang berada di antara telepon pintar (smartphone) dan komputer jinjing (laptop). Apple Inc. berencana akan mulai memasarkan iPad di Amerika Serikat (AS) mulai 3 april 2010, dengan kisaran harga mulai dari 499 Dolar Amerika Serikat (USD) hingga 829 USD.
Namun warga AS sudah dapat memesan produk ini mulai tanggal 12 Maret 2010 melalui Apple Online Store. Apple sejauh ini sudah mengumumkan dua jenis model iPad. Model Wi-Fi dengan Wi-Fi 802.11a/b/g/n dengan berat 680 gram yang dipasarkan 3 April 2010 dan model Wi-Fi + 3G yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan jaringan HSDPA dengan berat 730 gram, yang dipasarkan pada akhir April 2010.

2.2. Spesifikasi yang terdapat dalam iPad.
iPad By Apple
Pembuat      : Foxconn Corporation
Layar          : 1024 × 768 px (aspect ratio 4:3), 9.7 in (25 cm) diagonal, appr. 45 in2 (Templat:Convert/sqin), 132 PPI, XGA, LED-backlit IPS LCD
Kamera        : Tidak ada
Sistem Operasi    : iPhone OS (modified) 3.2 Released April 3, 2010;
Input          : Multi-touch touch screen, headset controls, proximity and ambient light sensors, 3-axis accelerometer, magnetometer
CPU        : 1 GHz Apple A4 PowerVR SGX 535 GPU
Memori        : 256 MB DRAM built into Apple A4 package (top package of PoP contains two 128 MB die’s)
Penyimpanan     : Flash memory 16, 32, and 64 GB
Konektivitas     : Wi-Fi (802.11a/b/g/n), Bluetooth 2.1+EDR, USB 2.0/Dock connector
Wi-Fi + 3G model also includes: A-GPS, micro-SIM slot, Quad-band GSM 850 900 1800 1900 MHz GPRS/EDGE, Tri-band UMTS 850 1900 2100 MHz HSDPA
Ukuran fisik     : 242.8 mm (9,56 in) (h) , 189.7 mm (7,47 in) (w) dan 13.4 mm (0,53 in) (d)
Berat          : Wi-Fi model: 680g , Wi-Fi + 3G model: 730g
Media          : Bluetooth, speaker, microphone, headset jack

2.3. Sistim Operasi iPAD
Sistem operasi iPad secara sederhana hampir tidak jauh beda dengan laptop. Di dalam iPad, selain fitur umum seperti home screen, contact (kontak), kalender dan catatan terdapat juga sejumlah aplikasi-aplikasi seperti:

iPad Application
1) Safari: merupakan penjelajah web yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai situs internet, seperti Google, Yahoo, Myspace, Flickr, Apple atau situs jejaring sosial seperti Friendster, Twitter, Facebook dan Plurk.
2) Mail: merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melihat surat elektronik (email) dan fitur ini dapat bekerja dengan hampir semua provider terkemuka seperti Yahoo! Mail, Gmail, atau Windows Live Hotmail.
3) iTunes: merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk menjelajah dan mengunduh musik, tayangan televisi, video maupun podcasts melalui iTunes Store. Aplikasi iTunes yang ada di dalam iPad dapat disinkronisasikan dengan iTunes yang ada pada MacBook ataupun komputer yang dimiliki pengguna.
4) iPod: merupakan aplikasi yang mampu mengorganisasi dan memutar musik, sama seperti yang terdapat pada produk Apple yang lain seperti iPod ataupun iPhone.
5) Photo: sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menyimpan, mengorganisasi dan melihat foto. Pengguna tidak hanya bisa melihat foto berdasarkan tanggal dan acaranya, tetapi juga berdasarkan wajah ataupun tempat dimana foto tersebut diambil. Pengguna juga dapat mengsinkronisasikan foto ke dalam iPad dari Mac atau komputer melalui iTunes ataupun memindahkan foto dari kamera digital ke iPad melalui iPad camera connection kit.
6) Video: aplikasi yang digunakan untuk menonton berbagai jenis video, mulai dari film dengan kualitas High Definition (HD), podcast, acara TV sampai musik video dimana saja walau pengguna sedang berada di dalam pesawat sekalipun.
7) App Store: digunakan untuk mengunduh aplikasi yang jumlahnya mencapai hampir 150.000. App Store menyediakan aplikasi untuk produk-produk buatan Apple dengan beragam kategori, mulai dari permainan, gaya hidup, pendidikan dan lain sebagainya. Aplikasi yang terdapat di dalam App Store dapat diunduh secara gratis oleh pengguna namun ada juga yang dikenakan sejumlah biaya.
8) Youtube: aplikasi ini dapat digunakan untuk memudahkan pengguna melihat berbagai macam jenis video yang ada dalam Youtube tanpa perlu mengakses situsnya.
9) iBooks: sebuah aplikasi yang digunakan tidak hanya untuk membaca saja, tetapi juga menjelajah dan membeli buku-buku berformat digital (e-books) dari iBookstore. Aplikasi ini dapat diunduh di App Store secara gratis, namun sayangnya aplikasi ini baru tersedia di AS saja.
10) iWork: aplikasi yang juga terdapat pada Mac, yang terdiri dari Keynote, Pages dan Numbers. Aplikasi ini dapat membantu pengguna membuat presentasi, dokumen, maupun spreadsheet.
11. Maps: aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat peta dari atas dengan resolusi tinggi melalui pencitraan satelit. Selain melihat peta, pengguna juga bisa mencari lokasi tempat atau rute dari satu tempat ke tempat lain.

2.4. Klasifikasi iPAD
iPAD, merupakan Tablet PC yang dikembangkan oleh Apple. Apple iPad dapat dibilang sebagai awal dari perkembangan Tablet PC yang lain. Jika dilihat, iPad memiliki desain seperti iPhone atau iPod touch, hanya saja memiliki layar dan resolusi layar yang lebih besar. Hingga sekarang, sudah ada 3 jenis iPad yang sudah dikeluarkan yaitu iPad, iPad 2, dan New iPad (yang sebelumnya juga disebut iPad 3) . Setiap generasi memiliki spesifikasi yang berbeda dan lebih baik. Tentu saja untuk, bersaing dengan Tablet PC dari perushaan lain. Dan iPad ini semuanya menggunakan micro SIM

1.    Apple iPad
Inilah generasi Pertama iPad. iPad diperkenalkan pertama kali oleh Steve Jobs, CEO (yang merupakan singkatan dari Chief Executive Officer) dari Apple Inc. dalam Apple Special Event yang bertempat di Yerba Buena Center for the Arts, San Fransisco, Amerika Serikat, pada tanggal 27 Januari 2010. Disini iPad memiliki satu kelemahan, yaitu tidak adanya kamera untuk mengabadikan gambar. Tentu saja ini sebuah kekecewaan untuk sebagian orang.

Spesifikasi :
•       Layar 9.7” capacitive touchscreen display dengan resolusi 1024 x 768 pixels; oleophobic coating
•       Wi-Fi 802.11 a/b/g/n connectivity
•       Optional 3G connectivity (data only) with A-GPS
•       1 GHz Apple A4 CPU ensures great performance
•       iPhone OS 3.2 (Dapat diupgrade ke versi yang lebih baru)
•       Berbagai pilihan memory internal : 16/32/64 GB
•       GPS receiver
•       Weight of 680 grams (730 grams for the 3G version)
•       Very slim 13.4mm waistline
•       Bluetooth 2.1 + EDR
•       10 hours battery life and 1 month of stand-by
•       Accelerometer and compass
•       Compatible with every iPhone app without any modifications
•       The cheapest version costs less than an unlocked iPhone
•       iBook application
•       720p video playback

2.    Apple iPad 2
Untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki iPad, Apple kembali mengeluarkan iPad versi baru yang disebut iPad 2. Di generasi terbaru ini, cukup banyak perbedaan yang sangat signifikan. Contoh nya : Adanya Kamera dan kamera Video Call, desain lebih tipis daripada iPad generasi pertama.

Spesifikasi :
•           9.7” capacitive IPS touchscreen display with a resolution of 1024 x 768 pixels; oleophobic coating
•           Wi-Fi 802.11 a/b/g/n connectivity
•           Optional 3G connectivity (data only)
•           Optional GPS with A-GPS support
•           Apple A5 SoC - 1 GHz dual-core ARM Cortex A9 processor, PowerVR SGX543MP2 graphics
•           512MB RAM
•           iOS 4.3
•           16/32/64GB of onboard storage
•           Weight of 601 grams (607 grams for the 3G version)
•           Bluetooth 2.1 + EDR
•           10 hours battery life
•           Accelerometer, compass and three-axis gyro-sensor
•           Compatible with every iPhone app without any modifications
•           The cheapest version costs less than an unlocked iPhone
•           0.7MP auto-focus camera, 720p video recording at 30fps
•           VGA secondary camera capable of Facetime calls
•           Impressively slim 8.8mm waistline
•           Four and five-finger gestures (locked by default, but easy to enable with a Mac and a $5 app)
•           1080p TV-output with the Apple Digital AV Adapter (purchased separately for $39), 720p video streaming

3.    Apple New iPad
Inilah generasi terbaru iPad. Sebelumnya, New iPad ini disebut-sebut sebagai iPad 3 tapi Apple menyebutnya New iPad. Hampir sama dengan iPad 2, di New iPad ini mengalami bebrapa peningkatan di Processor, Layar retina display dengan resolusi yang lebih besar yaitu 2048x1536 piksel, 4G LTE, dan kamera 5MP dengan kemampuan HD Video recording 1080p.
Spesifikasi :
•       9.7" LED-backlit IPS LCD touchscreen, 2048 x 1536 pixels; scratch-resistant, oleophobic coating
•       Wi-Fi 802.11 a/b/g/n connectivity, carrier-dependent hotspot support
•       Optional LTE connectivity (data only)
•       Optional GPS with A-GPS support (for the 3G model only)
•       Apple A5X SoC with 1 GHz dual-core ARM Cortex A9 processor
•       PowerVR SGX543MP4 quad-core GPU
•       1GB RAM
•       iOS 5.1 with iCloud support and activation
•       16/32/64GB of inbuilt storage
•       Weight of 652 grams (662 grams for the LTE version)
•       Bluetooth 4.0
•       11,560 mAh battery
•       Accelerometer, compass and three-axis gyro-sensor
•       Compatible with every iPad and iPhone app without any modifications
•       The cheapest version costs less than a SIM-free iPhone
•       5MP auto-focus camera
•       1080p video recording at 30fps
•       VGA secondary camera capable of FaceTime calls
•       Four and five-finger gestures
•       1080p TV-output with the Apple Digital AV Adapter (purchased separately for $39), 720p video streaming

Tabel Perbandingan dari berbagai generasi iPad
iPad iPad 2 iPad 3 (New iPad)
Diperkenalkan January, 2010 Maret 2011 Maret 2012
Layar LED-backlit IPS TFT, capacitive touchscreen, 16M colors LED-backlit IPS TFT, capacitive touchscreen, 16M colors LED-backlit IPS TFT, capacitive touchscreen, 16M colors
Resolusi 768 x 1024 pixels, 9.7 inches (~132 ppi pixel density) 768 x 1024 pixels, 9.7 inches (~132 ppi pixel density) 1536 x 2048 pixels, 9.7 inches (~264 ppi pixel density)
Chipset Apple A4 Apple A5 Apple A5X
Processor 1 GHz Cortex-A8 Dual-core 1 GHz Cortex-A9 Dual-core 1 GHz Cortex-A9
GPU PowerVR SGX535 PowerVR SGX543MP2 PowerVR SGX543MP4 (quad-core graphics)
OS iOS 4, upgradable to iOS 5.1 iOS 4, upgradable to iOS 5.1 iOS 5.1
Kamera - 0.7 MP, 960 x 720 pixels 5 MP, 2592 x 1944 pixels, autofocus
Kamera Video call - VGA VGA, 480p@30fps, videocalling over Wi-Fi only.
Video Recording - 720p@30fps 1080p@30fps, video stabilization
Koneksi Data 3G HSDPA, Wi-fi 3G HSDPA, Wi-fi 4G LTE, Wi-fi
Memori Internal 16/32/64 GB storage, 256 MB RAM 16/32/64 GB storage, 512 MB RAM 16/32/64 GB storage, 1 GB RAM

2.5. Pengaruh Positif iPAD
Games atau permainan yang ditanamkan pada gadget sejatinya adalah sarana yang baik untuk melatih kecerdasan, baik orang dewasa maupun anak-anak. Where’s My Water, Toca Hair Salon, Cake Doodle, Wheels on the Bus, Rat on a Skateboard dan beberapa permainan lain memungkinkan anak-anak mengeskplorasi kemampuannya dan belajar banyak hal. Mainan tersebut akan menumbuhkan jiwa kreativitas, mengasah imajinasi dan membantu perkembangan otaknya secara optimal. Tentu saja, tablet dengan segala macam fiturnya bisa jadi semacam digital babysitter di era yang serba modern ini.
Tetapi, permainan yang di klaim sebagai sarana edukatif pun dapat membawa beberapa dampak kurang baik. Para ahli medis dan dokter anak menyarankan agar orang tua mulai membatasi penggunaan iPad terutama pada anak-anak yang belum genap berusia 5 tahun. Ipad games, amankah untuk anak usia 2-5 tahun? Jawabnya ya, aman, selama anda tahu efek sampingnya dan mulai waspada terhadapnya. Dampak yang dimaksud tidak lain berkaitan dengan kurangnya kemampuan anak dalam penguasaan keterampilan krusial.
Secanggih apapun suatu gadget, benda ini dianggap kurang efektif sebagai media belajar keterampilan krusial yang hanya akan memberi hasil optimal jika sang anak benar-benar bermain di dunia nyata atau dunia 3 dimensi. Anak anda tetap perlu belajar dari dunia nyata. Maka, pemilihan games yang tepat adalah suatu keharusan. Jenis games iPad yang dianjurkan adalah games yang bisa membantu anak menambah perbendaharaan kata. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan games jenis ini mampu menambah kosa kata sebanyak 30 persen setelah dua minggu.
Selain itu, penggunaan iPad yang berlebihan juga bisa membuat anak-anak lupa bahwa mereka juga butuh interaksi sosial di dunia nyata, bertatap muka dan berinteraksi dengan teman-teman seusianya walaupun dengan cara-cara sederhana dan bahasa seadanya. Tentu saja, hal serupa bisa juga terjadi terhadap pola komunikasi orang tua dan anak. Ipad games

2.6. Pengaruh Negatif iPAD
Berkembangnya teknologi membuat segala informasi bisa didapatkan dengan mudah dan instan. Sumber informasi bisa dicari di berbagai media, di antaranya iPAD, majalah, surat kabar, buku, internet, bahkan jejaring sosial membuat semua kalangan usia mendapat akses itu dengan mudah. Dampaknya, anak-anak dan remaja, yang cenderung belum mampu memutuskan sesuatu yang baik dan buruk untuk dirinya, terbiasa menggunakan berbagai media yang digunakan orang dewasa di sekelilingnya.
Akibatnya, anak-anak dan remaja mendapat pengaruh buruk karena pemahaman keliru terhadap informasi yang diterimanya. Bahayanya, informasi yang sebenarnya harus disaring dengan baik, bisa membahayakan diri sendiri, contohnya saja pelecehan seksual, Kehamilan Tidak Dikehendaki (KTD), ataupun pemerkosaan.
Keberadaan dampak negatif semacam itu dibenarkan Psikolog Dra. Irna Minauli, M. Si kepada Analisa, Sabtu (13/10). "Terkadang, masyarakat menanggapi keliru tentang pendidikan seks untuk anak dan remaja. Padahal, bila diberikan pemahaman Sex Education dengan baik, anak dan remaja, yang notabene belum mampu memutuskan yang baik dan buruk dengan benar, bisa terhindar dari bahaya yang selama ini terjadi, contonya KTD, ataupun pemerkosaan," tuturnya.
Berdasarkan penjelasannya, kekeliruan masyarakat menanggapi pendidikan seks untuk anak dan remaja timbul hal tersebut hanya dianggap sebagai cara untuk mengajarkan persetubuhan atau hal-hal yg berhubungan dengan seks. Padahal, yang dimaksud lebih mengarah ke pendidikan tentang pemahaman reproduksi, serta perbedaan organ intim atau kelamin laki-laki dan perempuan.
"Dengan memahami apa dan bagaimana organ-organ reproduksi serta perbedaannya kelamin antara laki-laki dan perempuan, anak dan remaja akan memahami dampaknya bila alat reproduksi digunakan untuk hal-hal tertentu, misalnya pembuahan, atau kehamilan," ungkapnya. Sehingga, tambahnya, anak-anak dan remaja bisa bertanggung jawab terhadap bagian tubuh yang dimilikinya tersebut.
Tujuan akhir dari pendidikan seks bagi anak dan remaja, yakni gambaran tentang masa dewasa yang juga akan mengalami proses pernikahan. Dari pengetahuan yang benar itu, saat dewasa, anak-anak dan remaja tadi bisa menghasilkan hubungan seks yang bertanggung jawab atas dasar pernikahan.

2.7.   Pencegahan Dampak Negatif dari iPAD
Oleh sebab itu, peran terbesar tetap ditujukan kepada orang tua. Alasannya, orang tua menjadi sumber informasi yang terdekat saat anak mulai tertarik mengamati tubuhnya di usia dini yakni 2-3 tahun. "Saat anak usia 2 hingga 3 tahun, mereka akan tertarik dengan tubuhnya dan perbedaannya dengan orang-orang di sekelilingnya, misalnya saudaranya, dan orang tuanya. Ketertarikan itu akan menimbulkan banyak pertanyaan, di antaranya tentang kehamilan, ataupun hadirnya bayi. Maka, ketika anak mulai bertanya pada orang tua, itulah momen penting mengajarkan pendidikan reproduksi pada anak.
Orang tua juga tidak boleh menjawab pertanyaan semacam itu dengan mengarang cerita yang tidak benar, misalnya keberadaan bayi karena didapat dari rumah sakit. Faktanya, orang tua menjelaskan pertanyaan dengan tujuan mengalihkan pertanyaan yang diajukan anak.
Hal tersebut tidak semestinya dilakukan karena tahap perkembangan kognitif anak di bawah 5 tahun masih konkrit. Penjelasannya juga hrs berdasarkan contoh nyata, misalnya orang tua mengajak anak mengamati bagaimana kupu-kupu membuat bunga berubah menjadi buah, atau ketika ada kucing, ajarkan bagaimana proses perkawinan terjadi. "Tentunya, jelaskan semua proses itu dengan tenang dan konkrit.
Anak-anak dan remaja perlu diberi pemahaman bahwa hubungan seksual adalah hubungan yang sakral atau suci, yang hanya dapat dilakukan dlm lembaga pernikahan. Oleh sebab itu, ajak mereka berpikir apa aspek negatif jika melakukan hal itu sebelum menikah. "Penanaman nilai-nilai moral inilah sebenarnya yg patut diajarkan orangtua pada anaknya ketika mereka menjelaskan masalah-masalah yang berhubungan dengan seksualitas


BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Perkembangan teknologi dan informasi sangat cepat dan hal tersebut juga berdampak pada kehidupan social manusia. Dengan adanya iPAD komunikasi lebih mudah dan kita dapat mengakses internet seperti pada PC yang dapat dibawa kemana-mana.

3.2. Saran
Kita harus dapat membentengi diri dengan iman agar kita tidak terhanyut dengan arus globalisasi yang cepat. Semakin canggih alat-alat yang kita gunakan maka semakin besar pengaruh yang berdampak negatif dan positif dari alat tersebut

DAFTAR PUSTAKA

Dowwload Makalah iPadFormat Microsoft Word (.doc)
Cover | Halaman Pengesahan dll | Isi Makalah

Comments