Laporan Kegiatan Kepemudaan di Organisasi Bola Volley

Setelah sebelumnya proposal  Kegiatan Kepemudaan di Organisasi Bola Volley, nah pada kesempatan kali ini kami bagikan file Laporan Kegiatan Kepemudaan di Organisasi Bola Volley dari prosposal tersebut
Laporan Kegiatan Kepemudaan di Organisasi Bola Volley
Laporan Kegiatan Kepemudaan di Organisasi Bola Volley

Cover

L A P O R A N


PRAKTEK KEGIATAN PELATIHAN KEPEMUDAAN
DI ORGANISASI
“ K A R Y A  U T A M A  ”
DESA BAGOREJO KECAMATAN SRONO

TUTOR :
Drs. KUSNARI ROZY


Disusun Oleh :
nama
NIM.  

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ – UT JEMBER
POKJAR PURWOHARJO

S 1 PGSD
Back to Content ^

Kelengkapan

KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan  laporan kegiatan pelatihan kepemudaan dibidang olah raga  di organisasi Karya Tunggal Dusun Krajan Desa Bgorejo Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi.
Dalam penyusunan laporan ini, penulis mendapatkan pengetahuan dari beberapa sumber serta berkat dukungan dari berbagai pihak, maka dalam kesempurnaan in penulis mengucapkan  terima kasih yang sebesar-besarnya  kepad yang terhormat :
1. Kepala UPBJJ – UT Jember.
2. Bapak Ibu Tutor UPBJJ – UT Jember.
3. Bapak Kusnari Rozy  selaku Instruktur Tutorial mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan.
4. Kepala Desa Bagorejo
5. Bu. Sri Utami selaku Pengelola S1 PGSD Pokjar Purwoharjo.
6. Ketua Karang Taruna Karya Tunggal .
Penulis menyadari bawa masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan ini. Untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun. Semoga laporan ini banyak memberikan manfaat bagi pembaca  khususnya penulis.

Bagorejo,  Oktober  2010

Penyusum,



DAFTAR ISI

Halaman Judul i
Kata Pengantar ii
Dartar Isi iii

BAB  I   PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang 1
1.2. Tujuan 2
1.3. Hasil Kegiatan 3
1.4. Rumusan Hasil Kegiatan 3

BAB  II  PELAKSANAAN PROGRAM
2.1. Tempat dan Waktu Pelaksanaan 4
2.2. Materi Pelatihan / Kegiatan 4
2.2.1.  Teknik 4
      2.2.2.  Latihan Teknik 5
      2.2.3.  Bentuk-Bentuk Latihan Teknik 5
2.3. Strategi dan Diskripsi Jalannya Kegiatan 6
2.3.1.   Strategi 6
      2.3.2.   Diskripsi Jalannya Kegiatan 6

BAB  III TEMUAN DAN HASIL
3.1. Temuan / hasil Evaluasi Proses 8
3.2. Temuan Hasil Evaluasi Produk 8
3.3. Pembahasan 8
3.4. Gambaran Keaktifan  9

BAB  IV PENUTUP
4.1. Kesimpulan 10
4.2. Saran 10
4.3. Tindak Lanjut 11
Back to Content ^

Pendahuluan

1.1. Latar Belakang
Berdasarkan Undang - Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) pada pasal 1 ayat (10) tercantum bahwa satuan pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan pada jalur formal, non formal dan informal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan seseorang tidak hanya diperoleh melalui sekolah saja, tetapi dapat juga dari lingkungan masyarakat. Pendidikan dimanapun yang kita laksanakan haruslah bertujuan, dan tujuan itu tidak ooleh menyimpang dari tujuan pendidikan nasional.
Undang - Undang RI nomor 2 tahun 1980 Bab II Pasal 4 tentang "Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya" yaitu yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, berkepribadian yang mantap dan mandiri Berta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan bangsa.
Selanjutnya pasal 11 ayat 1 juga menyatakan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan pelayanan can kemudahan, Berta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga Negara tanpa diskriminasi.
Undang - undang nomor 2 tahun 2004 tentang pemerintah daerah, wewenang pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan semakin besar, sehingga penyelenggaraan pendidikan mengalami banyak perubahan dari sentralistik menjadi desentralistrik.
Dengan perubahan tersebut, pemerintah daerah memiliki peran yang sangat besar sehingga memerlukan sumber daya yang berkwalitas supaya sumber daya di suatu daerah dapat dikelola dengan balk. Generasi muda merupakan penerus dalam membangun masyarakat untuk menuju Indonesia yang sejahtera.
Pemuda adalah penduduk yang berusia 15 - 35 tahun, dimana pemuda sebagai salah satu modal dasar pembangunan karena usianya yang produktif. Maka dari itu perlu dihimpun dan dibina agar mereka benar - benar mampu mengambil peran aktif dalam pembangunan di daerahnya.
Untuk meningkatkan peran don partisipasi pemuda dalam pembangunan, berbagai pihak yang berkompeten menangani masalah kepemudaan yang dapat menciptakan program - program.

1.2. Tujuan

Permasalahan mendasar saat ini adalah Lembaga Kepemudaan yang tidak dikelola dengan baik dan diarahkan, maka dampaknya tidak akan memberikan arti apa - apa. Apabila lembaga kepemudaan dapat dikelola dengan baik akan berguna untuk kemajuan di daerahnya. Dalam menangani masalah kepemudaan adalah meningkatkan peran dan kemampuan pemuda melalui karang taruna. Dan salah satu program yang diberikan yaitu kegiatan olahraga. Pada Karang Taruna Karya Tunggal Desa Bagorejo – Srono -  Banyuwangi  mempunyai kegiatan olahraga bola volly.

1.3. Hasil Kegiatan
Kegiatan bola volly bertujuan  untuk :
a. Membekali pemudi dengan semangat pengetahuan, pendidikan dan pelatihan.
b. Meningkatkan kemampuan  dan peran pemudi dalam cabang olahraga bola volly.

1.4. Rumusan Hasil Kegiatan
Hasil yang diharapkan dari program kepemudaan ini akan menghasilkan para pemudi yang memiliki keterampilan yang bisa dikembangkan oleh pemudi tersebut. Selain itu dapat meningkatkan potensi pemudi dalam pembangunan. Para pemuda dan pemudi juga bisa menciptakan lapangan kerja sendiri sehingga dapat memiliki penghasilan sendiri.
Back to Content ^

Pelaksanaan Program

2.1. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Kegiatan bola volly karang taruna Karya Tunggal dilaksanakan di lapangan Bagorejo Desa Bagorejo Kecamatan Srono  dan waktu pelaksanaannya sesuai dengan jadwal pertemuan
WAKTU KEGIATAN
HARI DAN TANGGAL JAM
Senin, 18 / 10 / 2010 15.00 – 17.15
Selasa, 19 / 10 / 2010 15.00 – 17.15
Rabu, 20  / 10 / 2010 15.00 – 17.15
Kamis, 21 / 10 / 2010 15.00 – 17.15
Jum’at,  22/ 10 / 2010 15.00 – 17.15
Senin, 23 / 10 / 2010 15.00 – 17.15
Selasa, 24 / 10 / 2010 15.00 – 17.15

2.2. Materi Pelatihan
2.2.1. Teknik
Teknik bol volly adalah semua gerakan yang ada dalam permainan bola volly meliputi :
1. Teknik pemanasan
a. Lari-lari kecil
b. Teknik gerakan  sebagain anggota tubuh
c. Teknik passing

2. Teknik permainan dengan bola
a. Teknik servis bola
b. Teknik menerima bola
c. Teknik smash
d. Teknik bola blokir
e. Teknik menerima smash lawan

2.2.2. Latihan Teknik
Tahap - tahap latihan teknik yaitu
1. Teknik Latihan Dasar
Dalam tahap ini koreksi kesalahan - kesalahan sangat diperlukan dan sangat menentukan segala gerakan teknik harus dikuasai seluruhnya, baik dalam sikap diam ataupun dalama keadaan bergerak. Latihan seyogyanya dikaitkan dengan kebutuhan taktik bola.
2. Penyernpurnaan Teknik dasar
Dalam tahap ini teknik dasar perlu disempurnakan dengan memperhitungkan masalah ketepatan dan kecepatan. Latihan selanjutnya dibatasi oleh waktu dan tempat, disamping itu latihan dilakukan dibawah pengaruh Iawan pasif. Pada tahap ini perhatian harus ditujukan untuk memperbaiki teknik perorangan.
3_ Latihan keterampilan
Dalam tahap ini ditujukan kepoda perkembangan keterampilan pemain. Bentuk latihan sudah menyerupai permainan sesungguhnya, ada teman juga ada Iawan pasif.

2.2.3. Bentuk-Bentuk Latihan Teknik
Bentuk-bentuk latihan teknik terdiri dari :
o Latihan “Ball Feeling” (latihan perasaan terhadap bola)
o Latihan teknik yang diwajibkan

2.3. Strategi dan Deskripsi Jalannya Kegiatan
2.3.1. Strategi
Strategi yang digunakan dalam pelatihan di karang taruna adalah :
1. Para pemuda dikumpulkan serta diberikan maksud dan tujuan.
2. Memberikan gambaran apa manfaat dari olahraga ini.
3. Menyusun jadwal secara bersamaan.
4. Menciptakan suasana nyaman, santai don menyenangkan agar mereka biasa mengerti mengenai materi yang diberikan
5. Memberikan pelatihan dasar mengenai teknik bola volly
6. Mengevaluasi dengan cara mengadakan pertandingan persahabatan

2.3.2. Diskripsi Jalannya Kegiatan
Sebelum  kegiatan dilaksanakan kami mengumpulkan para pemuda yang berhasil kami data dan kami beritahukan apa maksud dan tujuan kami. Kami berikan gambaran apa manfaat dari olahraga ini baik secara jasmani maupun rohani, sosial dan dari ekonomis bagi mereka. Langkah selanjutnya bersama - sama menentukan jadwal sehingga semua dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan.
Sebelum kami memberikan materi, kami ciptakan suasana yang nyaman agar mereka bisa dengan mudah menerima materi yang kami berikan. Setelah  suasana nyaman dan santai tapi serius kami memberikan materi mengenai teknik bola volly Kemudian bersama - sama melaksanakan pemanasan dengan lari-lari kecil mengelilingi lapangan dengan  tujuan melemaskan otot - otot agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. Setelah pemanasan dirasakan cukup, kami segera latihan  mengenai cara bermain bola volly.
Setelah pelatihan mengai dasar-dasar bola volly mereka kuasai,maka kami mengadakan pertandingan dengan teman-teman daerah itu, dimana mereka sudah lebih mahir  dari kami. Dalam pertandingan pertama kami merasa tidak mampu. Setelah diberi motivasi dan semangat kami akhirnya pun bisa mengalahkan mereka.
Hasil dari evaluasi tersebut mereka bisa membuktikan bahwa mereka bila melaksanakan permainan bola volly dengan baik. Dan persahabatan mereka semakin terjalin erat, selain itu mereka bisa lebih semangat  untuk melakukan olahraga.

Back to Content ^

Temuan dan Hasil

3.1.  Temuan/Hasil Evaluasi Proses
Dalam kegiatan pelatihan bola volly ada beberapa hal yang menjadi penghambat dan mempermudah kegiatan ini, antara lain sebagai berikut :
1. Saat mencari pemuda untuk dibina kami dibantu oleh berbagai pihak.
2. Kami disediakan tempat untuk mengadakan pertemuan
3. Sudah lengkapnya sarana dan prasarana
4. Pada saat membuat jadwal harus  menyesuaikan dengan kegiatan pata pemuda agar tidak terjadi benturan waktu yang mengakibatkan mereka tidak bisa hadi.
5. Terjadi interaksi yang baik antara pemain dan pembina.
6. Disaat awal-awal pertemuan ada peserta yang terlihat canggung dan merasa tidak mampu untuk mengikuti kegiatan ini

3.2.  Temuan/Hasil Evaluasi Produk
Kegiatan pelatihan bola volly bertujuan untuk menciptakan  pemuda yang berkwalitas dalam bidang olahraga. Setelah diadakan pelatihan, para pemuda peserta olahraga lebih sehat dan bersemangat. Persahabatan diantara mereka lebih erat dan ada rasa sosial yang tinggi dari para pemuda itu.

3.3.  Pembahasan
Dalam kegiatan bola volly ini ada beberapa hal yang menjadi penghambat maupun yang mempermudah pelatihan ini. Dan pada saat kegiatan dilaksanakan, para pemuda sangat aktif untuk datang dalam kegiatan tersebut, dikarenakan kesadaran  yang cukup tinggi dalam diri mereka untuk mengikuti kegiatan tersebut.

3.4   Gambaran Keaktifan
Para pemuda sangat aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini dapat dilihat mereka selalu datang tepat  waktu saat kegiatan ini dilaksanakan, mereka tampak serius mendengarkan materi yang diberikan. Antusiasme mereka untuk mengikuti kegiatan ini cukup tinggi, dibuktikan dengan kehadiran mereka disetiap latihan ini dengan tidak pernah absen, bisa dilihat pada daftar hadir mereka yang telah kami buat.

Back to Content ^



Penutup

4.1   Kesimpulan
Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah :
1. Dengan adanya kegiatan ini bisa mengurangi masalah - masalah sosial para pemuda yang mengikuti kegiatan ini.
2. Dengan konsep pembinaan yang tepat, maka akan dapat dirasakan manfaatnya baik untuk para pemuda itu sendiri, keluarga don lingkungan masyarakat sekitar.

4.2.  Saran
Suatu kegiatan selalu diharapkan suatu keberhasilan, tetapi di dalam suatu kegiatan juga tidak lepas dari suatu hambatan. Oleh karena itu, penulis dapat memberikan saran berdasarkan pengalaman dalam kegiatan kepemudaan dibidang oleh raga bola volly ini, untuk menuju tahap perbaikan maupun  demi peningkatan pelaksanaan kegiatan berikutnya, adalah sebagai berikut :
1. Diharapkan setelah membaca dan mengkaji isi laporan ini, pemuda lain mau mengikuti jejak penulis untuk menghindari kepada hal - hal yang negative.
2. Mau mendengarkan masukan - masukan dari orang lain yang bersifat membangun guna perbaikan.
3. Peran orang tua sangatlah penting di dalam mengawasi don mengarahkan putera - puterinya agar memiliki kepribadian yang baik di dalam suatu masyarakat.

Back to Content ^

Dapatkan file secara lengkap berupa pengaturan, gambar, tabel dan lain-lain dalam format microsoft word (.doc) pada link dibawah ini !!
Dowwload Makalah Laporan Kegiatan Kepemudaan di Organisasi Bola Volley Format Microsoft Word (.doc)
Halaman Pengesahan dll | Isi Makalah

Comments