Pentingnya Kesadaran Dalam Persfektif Global


Pentingnya Kesadaran Dalam Persfektif Global


Pesrfektif global adalah cara pandang tentang  kehidupan global. Kesadaradan mengandung arti keinsyafan terhadap ego diri atau benda. Kesadaran kemampuan untuk melihat dirinya sendiri sebagaimana orang lain dapat melihatnya (pengakuan diri).  Kesadaran muncul dari dalam diri kita se sebgai cetusan murni. Jika dikaitkan dengan persfektf global maka bukan semata – mata sebagai sutau negara  tetapi juga warga dunia yang mempunyai ketergantuan terhadap orang lain dan bangsa lain serta terhadap alam sekitar baik lokal, nasional dan global. Wawasan  adalah sikap pandang atau  cara pandang yang melihat sesuatu sebagai sutau kepentingan dalam kaitanya dengan perfektif global  suatu pemahaman terhadap pengetahun,  fenomena,  malah atau peristiwa yang bersifat global untuk kepentingan umat manisia dan berusaha untuk mempertahankannya. Kunci pokok dari persfektif global adalah  menghormati orang lain.
Nasionalisme adalah cinta tanah air dengan prinsip baik buruk daldah negriku, nasionalisme harus mampu menangkal suku, adat istiadat dan agama. 
Perspektif global mengandung dua unsur pokok yang sangat penting yaitu perlu adanya kesadaran dan wawasan global. Ini perlu dibangun agar setiap warga negara Indonesia menyadari tentang peran dan fungsi dia sebagai warga negara dan warga dunia.Untuk menempatkan Indonesia sejajar dengan negara lain dalam era globalisasi ini, maka motto "think globally and act locally" perlu dihayati betul oleh setiap warga negara Indonesia, agar dirinya dapat berperan dalam kehidupan global dan nasional. Untuk menjaga pengaruh negatif sebagai akibat dari globalisasi ini maka warga negara Indonesia harus tetap menjaga identitas diri dan bangsa. Sebagai alas penyaring pengaruh tersebut adalah kesadaran nasional (nasionalisme), agama dan norms, serta nilai budaya bangsa. Kits perlu menyadari dan mau menerima kenyataan bahwa bumf tempat kita hidup ini dirasakan makin lama makin kecil disebabkan oleh adanya perkembangan dalam bidang IPTEK. Kejadian yang ads di negara lain dalam beberapa menit saja sudah kita ketahui karena perkembangan IPTEK tadi. Walaupun tindakan global perlu ditumbuhkan namun tindakan dalam lingkup lokal merupakan bagian dari global. Kalau kita menjaga kelestarian hutan, menanami hutan yang gundul di daerah kita sendiri, maka sebenarnya kita sudah memberikan andil yang sangat berarti terhadap kehidupan global. Tindakan kita tersebut sudah menyelamatkan hutan dari kebakaran, menyimpan persediaan air, mencegah bencana slam yang semuanya berdampak global.

Pentingnya Wawasan Dalam Perfektif Global 

Globalisasi adalah peluang, jika kita tidak memanfaatkan maka kita akan ketinggalan. Dan cara untuk memperluas wawasan adalah melalui pendidikan.  Dengan pendidikan kita akan dapat mengembangkan 4 hal 
1. Kemampuan mengantisipasi 
Pendidikan berusaha menyiapkan  anak didik untuk mengantisipasi perkembangan IPTEK yang terlalu cepat
2. Menerti dan megantasi situasi 
3. Mengakomodasi
4. Mereorioerientasi
Nilai budaya harus kita pertahankan,tapi  ada nilai yag harus kita ubah. Sesuai dengan derasnya arus globalisasi peran keluarga juga sangat penting
Upaya untuk mewaspadai  derasnya arus globalisasi 
- Kita harus menguasai harus menguasai IPTEK
- Menguasaiinformasi dalam segala bidang
Kesadaran dan wawasan  global merupakan usur penting yang sangat mendukung perfektif global


Comments