Proposal Praktek Kegiatan Pelatihan Kepemudaan Di Organisasi Remaja

File yang akan kami bagikan pada kesempatan kali ini adalah tentang Proposal Praktek Kegiatan Pelatihan Kepemudaan Di Organisasi Remaja. Download File dalam bentuk dokumen word pada akhir post
Proposal Praktek Kegiatan Pelatihan Kepemudaan Di Organisasi Remaja
Proposal Praktek Kegiatan Pelatihan Kepemudaan Di Organisasi Remaja


Cover

PROPOSAL

PRAKTEK KEGIATAN PELATIHAN KEPEMUDAAN DI ORGANISASI REMAJA
PONDOK “BAITUR ROHMAN”
DESA TAMANAGUNG KECAMATAN CLURING
DI PENDAPA BALAI DESA  TAMANAGUNG

TUTOR :
Drs. KUSNARI ROZY

  
Disusun Oleh :
____
NIM. 00


S 1 PGSD
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ – UT JEMBER
PUKJAR PURWOHARJO

20xx.x
Back to Content ^

Kelengkapan

KATA PENGANTAR

Dengan mengucap rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya  sehingga proposal ini dapat diselesaikan dengan lancar. Tujuan dari proposal ini adalah memberikan gambaran kegiatan pemuda yang akan dilaksanakan di Pendapa Balai Desa Tamanagung, melalui program pelatihan grup musik jawa “ TERBANGAN “ .
Peran aktif dari semua pihak sangat kami harapkan agar kegiatan ini dapat berjalan lancar sesuai yang diharapkan. Semoga segala bantuan dan kerjasama semua pihak yang memberi bantuan mendapat imbalan yang lebih baik dari Allah SWT. Karena  sudah menjadi kwajiban  bahwa semua umat manusia haruslah saling membantu satu sama lain, agar tercipta cita-cita yang luhur dan ideal.
Demikianlah penyusunan proposal laporan praktik Program Pembinaan Kepemudaan ini. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan proposal ini tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Besar harapan kami atas kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan proposal ini. Penulis mengucapkan  terima kasih
Tamanagung,  ………………….
Penulis,


DAFTAR ISI 


HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR  ii
DAFTAR ISI iii

BAB   I    PENDAHULUAN 
I. Latar Belakang 1
II. Rumusan Masalah 3
III. Rumusan Hasil Kegiatan  4
IV. Manfaat Hasil Kegiatan 4

BAB   II   PELAKSANAAN PROGRAM 
I. Tempat dan Waktu Pelaksanaan 6
II. Materi Kegiatan 6
III. Subjek Penelitian 7
IV. Sarana dan Prasarana 7
V. Kepanitiaan  8
VI. Biaya Pembinaan 8

BAB   III  PENUTUP 
Penutup 9
Back to Content ^

Pendahuluan

I. Latar Belakang
Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia bisa dilakukan  pada jalur formal dan non formal. Dalam jalur formal bisa melalui lembaga pendidikan sekolah, sedang jalur non formal salah satu diantaranya adalah melalui lembaga kepemudaan. Generasi muda merupakan penerus danharus dibina agar pendidikan non formal dapat ditingkatkan lagi. Kepemudaan masih memiliki jenjang yang lebih tinggi dan produktif dalam pengarahan sumber daya yang baik.  Telah ditetapkan Undang - undang Nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah Daerah, terjadi perubahan yang mendasar dalam bidang pemerintahan, yaitu perubahan pendidikan yang berkwalitas untuk mencerdaskan anak bangsa. Selaian itu pemerintah daerah memiliki peran yang sangat besar, sehingga memerlukan sumber daya yang baik, berkualitas, agar sumber daya yang ada disuatu daerah dapat dikelola dengan baik.
Sebagai salah satu modal dasar dalam pembangunan maka pemuda perlu dihimpun dan dibina agar mereka benar - benar mampu mengambil peran aktif dalam pembangunan didaerah. Seperti halnya seni-seni musik yang hampir terjadi kepunahannya maka anggota kepemudaan dapat dijadikan arahan untuk menumbuh kembangkan kesenian itu. Untuk itu, diperlukan konsep yang tepat dalam pembinaan lembaga kepemudaan agar keberadaannya benar-benar dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas pemuda. Selama ini peran lembaga kepemudaan belum berperan aktif dan menampakkan hasil yang nyata menunjukkan  pembangunan, padahal generasi muda adalah generasi generasi yang memiliki potensi besar dalam perkembangan pembangunan daerah karena usianya yang produktif.
Tingginya biaya hidup dan sulitnya lapangan pekerjaan pada akhir - akhir ini semakin menambah tingginya anak putus sekolah. Masalah lain yang cukup serius dihadapi oleh pemuda kecuali masalah pendidikan dan sulitnya mencari lapangan kerja adalah maraknya masalah - masalah sosial di kalangan muda, seperti kriminalitas, premanisme, narkotika, psikotropika, zat adiktif, dan HIV / AIDS. Peran  dan partisipasi pemuda dalam pembangunan, terutama yang berkaitan dengan kewirausahaan dan ketenaga kerjaan masih rendah. Oleh karena itu, perlu ada suatu upaya untuk meningkatkan peran pemuda yang maksimal sebagai usaha kebijakan.
Untuk peningkatan peran dan partisipasi masalah dalam pembangunan, berbagai pihak yang berkompeten menangani masalah kepemudaan dapat menciptakan program - program sehingga para pemuda dapat berpartisipasi di berbagai bidang pembangunan, sosial, politik, ekonomi, budaya dan agama memiliki potensi dalam kewirausahaan, kepeloporan dan kepemimpinan serta terlindungi dari bahaya penyalahgunaan obat, minuman keras, penyebaran penyakit HIV/AIDS dan penyakit menular. Untuk  meningkatkan kernampuan dan peran pemuda yaitu melalui Grup Musik Pendapa. Oleh karena itu, anggota Grup Musik Pendapa adalah para pemuda, terutama mereka yang putus sekolah dan tidak mempunyai pekerjaan. 

II. Rumusan Masalah
Permasalahan mendasar saat ini adalah lembaga kepemudaan yang tidak dikelola dengan baik dan masukan-masukan yang bersifat meningkatkan mutu sumber daya manusia yang membangun, sehingga dampaknya potensi dasar dari pemuda tidak akan memberikan arti apa - apa. Padahal dilihat dari usianya pemuda - pemuda adalah memiliki potensi yang tinggi untuk meningkatkan  pembagunan yang menghasilkan  kebanggaan pada diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat. Apabila kepemudaan  dapat dikelola terus-menerus, maka bisa menghasilkan suatu kegiatan  yang berguna bagi daerah itu sendiri.
Dengan demikian apabila pembaca sudah menelaah isi dari proposal ini maka dapat diharapkan untuk bisa memberi pengarahan yang berguna bagi kepemudaan di lingkungan masyarakat. Dan ikut aktif dalam  kegiatan kepemudaan  yang ada di daerah masing-masing. Untuk menangani masalah kepemudaan adalah meningkatkan peran dan kemampuan pemuda. Program yang diberikan adalah gurp musik jawa “Terbangan” yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pada diri pemuda yang berkwalitas.

III. Rumusan Hasil Kegiatan
Hasil yang diharapkan dari program kepemudaan ini akan membentuk generasi muda yangbermutu dan  berkualitas, dan menumbuh kembangkan motivasi dan kreativitas pemuda serta meningkatkan persahabatan yang baik antar anggota kegiatan. Dengan adanya kegiatan ini pemuda-pemuda dapat terhindar dari prilaku yang arahnya negatif, sehingga generasi muda dapat melindungi diri dari bahaya penyalahgunaan obat, minuman keras dan penyakit menular dikalangan remaja. Pemuda dapat memiliki kesibukan tersendiri pada jadwal-jadwal yang ditentukan. Selain itu pemuda dapat meningkatkan kebersamaan pada saat latihan ataupun undangan untuk memainkan  musik tersebut di daerah-daerah tertensu, shingga dapat memiliki potensi dalam kewirausahaan dan kepemimpinan dan dalam pembangunan.

IV. Manfaat Hasil Pelatihan
Hasil pelatihan ini akan memberikan manfaat bagi peningkatan peran pemuda - pemuda diantaranya adalah :
1. Akan menciptakan persahabatan dan kebersamaan  antara pemuda-pemuda.
2. Menambah kesematan untuk memperoleh pendidikan  dan ketrampilan.
3. Memperluas peran serta pemuda dalam pembangunan soail, politik, ekonomi, budaya dan agama.
4. Mengembangkan kesenian musik jawa yang semakin punah sehingga dapat dilestarikan kembali.
5. Akan menumbuhkan kebanggaan pada daerah tersebut karena pemuda-pemudanya mempunyai mutu yang berkembang
6. Meningkatkan potensi pemuda dalam menciptakan lapangan pekerjaan, kewirausahaan dan kepemimpinan dalam pembangunan.
7. Menghindarkan pemuda dari masalah negatif terhadap penyalah gunaan narkoba dan  minuman keras.

Back to Content ^

Pelaksanaan Program

I.             Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Kegiatan grup musik jawa “Terbangan” Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi dilaksanakan di balai desa Tamanagung dan waktu pelaksanaannya sesuai dengan jadwal pertemuan berikut :
WAKTU KEGIATAN
HARI DAN TANGGAL
JAM
Selasa, 19 oktober  2010
14.00 – 16.00
Rabu, 20 oktober  2010
14.00 – 16.00
Kamis, 21 oktober  2010
14.00 – 16.00
Jum’at, 22 oktober  2010
14.00 – 16.00
Sabtu, 23 oktober  2010
14.00 – 16.00
Minggu, 24 oktober  2010
14.0    – 16.00

II.           Materi Peltihan
Materi kegiatan yang diberikan dalam kegiatan ini adalah pemberian pelatihan tentang dasar-dasar permainan musik jawa “Terbangan” sampai cara memukul alat musik jawa yang benar dan beraturan, manfaat yang diperoleh yaitu menciptikan kreativitas dalam membunyikan lagu dari alat musik tersebut. Pemuda yang serius dalam latihan dapat menghasilkan  alunan musik jawa yang idah. Hal ini dapat  dipastikan  bahwa kepemudaan  dapat dikelola dan diarahkan  menjadi pemuda yang memiliki pembangunan yang berkwalitas.
III.          Subjek Pelatihan
Subjek dalam pelatihan ini ditentukan berdasarkan pertimbangan - pertimbangan tertentu. Pertimbangan yang dimaksud karena faktor belum pernah diadakan pelatihan dan kegiatan seperti ini, dalam hal ini yang menjadi subjek adalah para pemuda yang ada disekitar daerah tersebut yang belum pernah mengikuti pelatihan. Berikut data pemuda yang berhasil kami data :
NO
NAMA
IDENTITAS
MINAT KEG. KEPEMUDAAN
CITA-CITA
JENIS
KEL
USIA
PENDIDIKAN
1
Eko
Laki-laki
19 th
SMP
Musik Terbangan
Guru
2
Beni
Laki-laki
20 th
SMP
Musik Terbangan
Tentara
3
Teguh
Laki-laki
18 th
SMP
Musik Terbangan
Polisi
4
Agung
Laki-laki
18 th
SMP
Musik Terbangan
Guru
5
Arif
Laki-laki
17 th
SMP
Musik Terbangan
Dokter
6
Saiful
Laki-laki
20 th
SMP
Musik Terbangan
Polisi
7
Sodir
Laki-laki
22 th
SMP
Musik Terbangan
Guru
8
Ali
Laki-laki
19 th
SMP
Musik Terbangan
dokter

IV.         Sarana dan Prasarana
Saran dan prasarana yang digunakan untuk pelatihan  adalah milik Desa Krajan Tamanagung. Alat-alat maupun seragam pemain musik serta kelengkapan yang lain demi kelancaran  kegiatan pelatihan ini. Karena di kegiatan ini memang sudah ada sarana yang kami butuhkan sehingga kita harus mampu mempergunakan dengan baik.
V.          Kepanitiaan
Susunan panitia dalam  kegiatan pelatihan ini adalah  sebagai berikut :
Pelindung            : Kepala Desa Tamanagung
Penasehat                    : Solehan
Ketua                   : Suwito
Sekretaris            : Beni Afit
Bendahara                   : Khusnul

VI.         Biaya Pembinaan
Untuk kelancaran  kegiatan ini, maka diperlukan  dana. Dalam hal ini biaya berasal dari dana kami sendiri sebagai pihak yang melaksanakan praktek. Adapun dana di alokasikan sebagai berikut :

NO
URAIAN KEGIATAN
JUMLAH BIAYA
(Rp.)
1.
Uang Masuk
-      Dana dari pribadi

400.000
2.
Uang Keluar
-      Konsumsi
-      Penulisan Laporan

320.000
80.000
3.
Saldo
0
Back to Content ^

Penutup

Demikian penyusunan proposal pelaksanaan praktek pembinaan kepemudaan di grup musik jawa “ Terbangan” Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Tentu proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, karenanya kritik dan saran yang bersifat  membangun sangat kami harapkan demi kebaikan  kita bersama. Kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini kami sampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya.

Tamanagung,      Nopember  2010

Ketua Sekretaris




S U W I T O B E N I   A F I T


Menyetujui,
Ka. Desa Tamanagung




TUGIYAT NURYANTO

Back to Content ^

Dapatkan file secara lengkap berupa pengaturan, gambar, tabel dan lain-lain dalam format microsoft word (.doc) pada link dibawah ini !!

Dowwload Makalah Proposal Praktek Kegiatan Pelatihan Kepemudaan Di Organisasi Remaja Format Microsoft Word (.doc)
Halaman Pengesahan dll | Isi Makalah

Comments