Berikut ini merupakan penjelasan - penjelasan tentang Atletik

Pembelajaran lari jarak pendek

Lari Sprint
Lari dari mulai lari 100 m – 400 m. Namun di ruang tertutup lari arak pendek 50 m – 60 m tergantung kapasitas ruangan.
Dalam lari jarak pendek  menggunakan  adalah dari kapasitas anaerobic.
Spint yang baik memerlukan reaksi yang cepat, akselerasi yang baik dan efesiensi gerak lari.
Yakinlah punya ruang yang cukup luas untuk berbelok dan  mengurangi kecepatan

1. Pembelajaran permainan untuk melatih  kecepatan lari
Contoh-contoh permainanyang diarahkan untuk membentuk kecepatan lari sprint.
a. Lari shadow
b. Latihan reaksi dan akselerasi
c. Estafet ulang alik
d. Mengejar  dan megetuk
e. Estafet pendular
2. Pembelajaran teknik lari  sprint dengan latihan gerak  lari ABC
Istilah lari ABC sebenarnya lebih mengutamakan  pada gerak lari yang bervariasi dan di susun berdasarkan  sistematika berbagai bentuk gerkan kaki dari bentuk yang mudah ke yang sukar. Dengan jarak 10 – 15 m dengan perulangan 2 sampai 3 kali perulangan.
a. Berjalan dengan lutut  diangkat tinggi
Catatan :
b. Berjalan dengan lutut diangkat tinggi  disertai  dengan pelurusan bagian bawah tungkai
Catatan
c. Meloncat-loncat lutut diangkat tinggi disertai dengan pelurusan bagian  bawah tungkai
d. Menendang pantat
e. Gerakan lari dengan sprint
f. Berlari lutut diangkat tinggi diikuti akselerasi  sprint
g. Menghitung jumlah langkah dengan jarak yang sudah ditentukan
h. Tes kecepan tungkai
i. Flat aout lari sprint
3. Pembelajaran lari sprint untuk memperbaiki  kekuatan tungkai dan akselerasi
Latihan ini diperlukan untuk meningkatkan intesitas, ditingkatkan dengan waktu pengulangan yang sedikit pengulangan untuk pemula antara 2 sampai 3 kali pengulangan dalam melakukan
a. Lari frekwensi
b. Lari lomat jingkat
c. Meloncat (melangkah ) jauh
d. Lompat kelinci
e. Kombinasi jingkat dan lompat melewati rintangan pendek
f. Berlari lutut diangkat tinggi, kearang depan dan belakang
g. sprint dengan tahanan lawan
h. lari dan lompat tanga
i. lompat pantul
4. Pembelajaran  lari untuk memperbaiki daya tahan sprint
a. Mendaki
b. Sprin interval
c. Pengulangan lari estafet
B. Pembelajaran lari jarak menengah dan jauh
Pembahasan pada uraian berikut diarahkan pada  lari jarak menengah 800, 1500, 3000 serta lari jarak jauh yaitu 500, 10000 dan lari jarak marathon 42,195 m.
Pembelajaran lari jarak menengah dan jauh  lebih diarahkan pada :
a. Pengembangan kemampuan mendistribusikan  energy pada keseluruhan  jarak yang ditempuh
b. Pengembangan  kemampuan daya tahan
c. Pengembangan kesenangannya
d. Pengembangan program pribadi  atau program indovidu
a) Pembelajaran diawal latihan
Langkah konstan
Lari orientasi lama
Lari orientasi jarak

b) Pembelajaran lanjutan
Lakukan lari selama anak menyenanginya dengan intensitas  kecepatan yang nyaman selama  lima sampai enam menit.
Lari ringan  lima menit, jalan selama satu sampai dua menit, lari 100 m selama empat sampai lima kali ulangan, berjalan selama lima menit, lari akselerasi 150 m selama 3 kali ulangan, lari ringan selama lima menit lagi.
c) Pembelajaran distribusi langkah
d) Latihan kompetisi
C. Pembelajaran teknik start
1. Start untuk lari jarak pendek menggunakan start jongkok (cruching start)
2. Start untuk lari jarak menengah menggunakan start melayang (fliying start)
3. Start untuk lari jarak jauh  star berdiri ( standing start)
Posisi kaki pada waktu melaukan start
1. Start pendek atau short start, bunch/close start. Disini letak jari-jari  kaki-belakang kira-kira  segaris dengan lutut/tumit (posterial) kaki depan
2. Start menengah (medium start) lutut kaki belakang berada  disamping jari-jari kaki depan
3. Star mengengah jauh atau ( medium elongatet start) hamper sama dengan medium start hanya saja letak lutut  kaki belakang agak ditarik  mundur sehingga  berada disamping lengkungan telapak kaki depan (middle unit)
4. Start panjang (elongated start) panempatan lutut  kira-kira disamping / segaris dengan  sisi belakang dari tumit kaki  depan atau dapat lebih mundur lagi.
Pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan start
a. Sprin diawali dengan mencondongkan badan
b. Latihan menyentuh tanah
c. Membangun kekuatan-kecepatan menolak dari posisi siap
d. Aba-aba bersedia, siap,  ya

Nomor Lempar dan Lompat

A. Pembelajaran Tolak Peluru
Pengenalan peluru dengan teknik pengembangan dimensi permainan ditunjukkan agar anda merasa gembira dan penuh semangat dalam melaksanakan pembelajaran. Bentuk permainan antara lain :
a. Melempar bola mendisin
- Menolakkan MB berpasangan
- Memantulkan MB berpasangan
- Menolakkan  MB pada target  atau sasaran
b. Menolakkan peluru
- Menolak peluru dengan kedua tangan
- Menolak peluru dengan satu tangan
c. Meluncur / Glide
d. Menolak
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menolak
1. Beberapa hal yang disarankan
a. Bawalah tungkai kri merendah
b. Dapatkan keseimbangan  gerak dari kedua tungkai  dengan tungkai kiri memimpin dibelakang
c. Menjaga agar bagian atas tubuh tetap rileks
d. Hasilkan rangkaian gerak  cepat dan  jauh pada tungkai kanan
e. Putar kaki kanan kearah  dalam sewaktu melakukan luncuran
f. Tahan sekuat-kuatnya
2. Beberapa hal yang harus di hindari
a. Tidak memiliki keseimbangan dalam permulaan
b. Melakukan lompatan ketika meluncur dengan kaki kanan
c. Mengangkat badang tinggi ketikan melakukan  luncuran
d. Tidak cukup jauh menarik kaki kanan dibawah badan
e. Mendarat degan kaki kanan menghadap kebelakang
f. Menggerakkan tungkai kiri terlalu banyak kesamping
g. Terlalu awal membuka badan
h. Mendarat dengan badang menghadap  kesampig atau kedepan

B. Pembelajaran Lempar Cakram
1. Pembelajaran ketermapilan dasar  lempar cakram dengan  dimensi permainan
Permainan ini dapat dilakukan dengan
a. Mengayun dan melempar ban  dari posisi berdiri.
b. Melakukan lemparan
c. Melempar pada sasaran tertentu
d. Melempar dengan awalan berputar
2. Pembelajaran teknik melempar dengan menggunakan cakram
Pembelajaran ini dimulai dengan tahapan sebagai berikut :
1. Pengenalan cakram
2. Mengayun dan melempar cakram
Beberapa hal yang disarankan dalam lempar cakram
a. Dapatkan putaran/pivot yang baik
b. Bergerak jauh kedepan  di dalam lingkaran lempar
c. Dapatkan pilihan  antara tubuh bagian  bawah dan atas
d. Dapatkan keseimbangan yang baik dalam  selama bergerak dalam lingkaran
e. Mendarat diatas ujung telaak kaki kanan dan putarlah dengan aktif diatas kaki ini
f. Mendarat dengan kaki kanan dipusat lingkaran dan kaki kiri mendara disebelah kiri didekat garis samping kiri sector lemparan
g. Ketika kedua kaki diatas tanah dapatkan titik gravitasi  diantara kedua kaki dan tahan dengan kaki depan
h. Lengan ditari dengan seketika pada saat bahu berada  pada lurus dengan kedua pinggul
Bebrapa hal yang harus dihindari
a. Badan jauh kebelakang pada saat melakukan putaran
b. Berputar ditempat
c. Membungkukkan badan kedepan
d. Melompat tinggi diudara
e. Kedua tungkai tegang
f. Penempatan kaki yang salam di dalam garis
g. Gagal membawa berat badan
h. Mendahulukan gerakan lengan  kedepan  untuk melempar.
C. Pembelajaran lempar Lembing
1. Pembelajaran lempar lembing dengan  dimensi permainan
a. Lempar tangkap berpasangan
b. Melempar bola pada sasaran
c. Memantulkan bola
2. Pembelajaran keterampilan dasar  lempar lembing  dengan metode bagian
a. Pengenalan lembing
b. Cara-cara melempar lembing
c. Melempar lembing dengan awalan
Beberapa hal yang disarangkan
a. Memegang lembing sepanjang jalur lengan
b. Melebarkan langkah terakhir  dan membengkokan secara perlahan-lahan
c. Berlari lurus selama awalan
d. Bawalah berat badan melewati tungkai belakang
e. Luruskan lengan lempar
f. Langkahkan tungkai kiri ke depan
g. Busurkan posisi badan  lempar dan bawalah  keatas sewaktu  melakukan lemparan
Beberapa hal yang harus dihindari
a. Memegang lembing dengan kepalan tangan penuh
b. Meloncat keatas pada langkah terakhir
c. Melakukan dua kali atau lebih langkah silang
d. Membawa kedua bahu menghadap kedepan
e. Pinggul ditekuk sehingga  badan membungkuk kedepan
f. Melempar berputar melalui samping kanan badan

Pembelajaran Tolak Martil

1. Pembelajaran dengan menggunakan bola
a. Melempar bola dengan dua tangan
b. Melempar bola kea rah belakang badan
c. Gerakan melempar dan memantulkan bola kedinding
Beberapa hal yang disarankan
a. Putar martil dengan  radius yang besar/luas
b. Buka kedua sikut dan kedua tangan  berada didepan dahi
c. Gerakkan martil kekiri dan putar dengan cepat kekanan
d. Tekuklah kedua lutut
e. Menyelesaikan gerakan tumit dan ujung kaki hanya pada kaki kiri
f. Tekuklah tungkai kiri selam berputar
g. Pivot dikhir putaran dan bungkukkan badan  kearah belakang
Beberapa hal yang harus di hindari
a. Menari/menekuk kedua lengan  sewaktu mengayun /memutar martil
b. Kedua tangan berpurar melewati belakang kepala
c. Memiliki titik tertinggi dan terendah yang sama
d. Tungkai bergerak kaku
e. Ber[utar diatas ujung jari dan kaki
E. Pembelajaran Lompat Jauh
Prinsip lompat jauh adalah  membangu awalan secepat-cepatnya dan melakukan tolakan sekuat-kuatnya kerah depan atas untuk memperoleh  ketinggian yang optimal saat melayang sehingga menghasilkan lompatan sejauh-jauhnya.
1. Pembelajaran persiapan  lompat jauh
a. Megembangkan kemampuan  melakukan tolakan  dengan satu kaki setelah lari cepat
b. Mengembangkan kemampuan menjaga keseimbangan  badan  [ada saat melayang  mempersiapkan diri untuk  melakukan pendaratan yang menguntungkan
c. Memperkirakan frekwensi  dan panjang langkah  pada masing-masing langkah awalan
Beberapa latihan persiapan yang sejalan
Lari sprint
Lari cepat anak tangga
Lompat pantul
Lompat melewati beberapa rintangan
2. Pembelajaran teknik lompat jauh
a. Gerak menolak
b. Gerak melayang
c. Irama lari awalan
d. Ketapatan  menolak
e. Periraan jarak awalan mengembangkan  kemampua  jarak awalan
f. Gerak lompat jauh
F. Pembelajaran Lompat Jankit
Lompat jangkit atau sering disebut lompat tiga (triple jump)
1. Pembelajaran persiapan lompat jangkit
Tujuan
a. Memelihara pendaratan aktif (menolak kembali)  setelah melakukan lompatan
b. Memelihara keseimbangan  dan kecepatan horizontal memalui beberapa  lompatan yang dilakukan  secara berturut-turut
Persiapan lompat jangkut
a. Lompat jingkat dari box ke box
b. Jingkat melewati rintangan dengan kecepatan awalan yang sedang dan usahakan agar melewati rintangan-rintangan tersebut kecepatan tidak menurun.
c. Lompat melewati beberapa rintangan  dengan kecepatan awalan  yang sedang, jarak rintangan diatur sehingga menjadi lebih panjang
d. Lompat dengan keedua kaki bersamaan tanpa awalan
e. Latihan jingkat, langkah, dan lompat dengan jarak hasil ketiga  lompatan ditingkatkan
2. Pembelajaran teknik lompat jangkit
Tujuan
a. Pelompat dapat melakukan urutan gerak  lompat jangkit
b. Pelompat dapat melakukan  irama gerak lompat jangkit
c. Pelompat dapat melakukan lompatan yang cukup jauh dari awalan yang pendek tanpa usaha  yang maksimal
Beberapa latihan yang dilakukan
a. Lakukan lompat jangkit dengan jarak yang pendek  dan dengan awalan berjalan
b. Loakukan lompat jangkit dengan tanda untuk setiap langkah (hop, step, jum)
c. Lakukan lompat jangkit dengan tempat menolak  untuk jingkat yang lebih tinggi
G. Pembelajaran Lompat Tinggi
1. Latihan persiapan khusus  lompat tinggi
Tujuan :
a. Mengembangkan latihan menolak  dengan satu kaki melewati rintangan  yang tinggi
b. Mengembangkan kemampuan memeperoleh kurva melayang yang tinggi  membentuk kurva pendek
c. Mengembangkan kemampuan mengubah posisi  tubuh pada saat melayang
 Latihan khusus persiapan
a. Gerakan menyundul bola sambil melompat
b. Lari dengan lintasan berbentuk angka delapan
2. Latihan menolak dengan kedua kaki dan mendarat dengan peunggung pada lompatan tinggi gaya terlentang
a. Lakukan tolakan keatas belakangoleh dua tungkai dengan bantuan  teman memegang pinggang pelompat
b. Lakukan latihan satu diatas tanpa bantuan teman. Pendaratan dilakukan dengan punggung pada matras. Possi tubuh berbentuk huruf L
3. Latihan mendara dengan satu kaki dan mendarat dengan punggung  pada lompat tinggi gaya terlentang
a. Lakukan lompatan dengan tungkai  tolak dengan kepala saat meluncur diarahkan pada satu tangga ketinggian. Awalan dilakukan pada suatu lintasan lengkung dengan jumlah langkah mulai dari satu hingga lima langkah.
b. Lakukan latihan diatas, tetapi pada saat melayang  diarahkan pada  gerakan  melewati mistar dan  mendarat  pada matras

Dowwload Artikel Format Microsoft Word (.doc)
Atletik

Comments