Makalah Telepon Rumah

Blog Makalah dan Karya tulis kali ini akan berbagi Contoh Makalah tetang Makalah Telepon Rumah. Download Makalah Makalah Telepon Rumah  pada bagian akhir post ini dalam bentuk file microsoft word, Sepertia apa bentuk dan isi makalah tersebut ? Berikut contoh makalah tentang Makalah Telepon Rumah

Makalah Telepon Rumah

Makalah Telepon Rumah
Makalah Telepon Rumah

MAKALAH

TIK
“telpon rumah”


Oleh :
Siti Nur Hidayatus Sholeha
Kelas IXb / No. Absn. 21

SMP NEGERI 4 GENTENG
BANYUWANGI
TAHUN PELAJARAN
2012-2013
HALAMAN PENGESAHAN

Judul : TEKNOLOGI TELPON RUMAH
Nama : Siti Nur Hidayatus Sholeha
Kelas : IXB
No. Absen : 21

Mengetahui,
Pembimbing Wali Kelas




Ridwan Dra. Sriwinatun
NIK : 991004011 NIP : 19670909 199601 2001

Kepala Sekolah




Poniman, S.Pd M.Pd
NIP : 196302121988031013















KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan
petunjuk-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas TIK membuat makalah dengan judul  “Telpn Rumah”,  sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.

Ucapan terima kasih yang tak lupa kami ucapkan kepada Bapak Ridwan selaku pebimbing dan kepada semua pihak yang telah membantu dan tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan keterbatasan
dalam penyajian data dalam makalah ini,. Oleh karena itu, penulis mengharapkan  kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca demi kesempurnaan  makalah ini. Semoga makalah ini berguna dan dapat menambah pengetahuan  pembaca.
Banyuwangi, …
Penulis

DAFTAR ISI
Halaman Judul  i
Halaman Pengesahan ii
Kata Pengantar... iii
Daftar Isi... iv

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan 2

BAB II PEMBAHASAN
A. Sejarah Telepon 3
B. Prinsip Dasar Telepon 4
C. Sistem Tranmisi 4
D. Perkembangan Telepon 5
E. Telpon Rumah 6
F. Manfaat Telpon Rumah    8

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan 10
B. Saran 10

DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam beperjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai; pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah, dari pentungan sampai senjata nuklir.
Telepon adalah sistem komunikasi dua arah yang dikembangkan setelah telegraf. Sistem ini mengubah suara menjadi isyarat listrik di bagian pengirim dan mengubah kembali isyarat listrik tersebut menjadi suara pada bagian penerima. Telepon merupakan perangkat komunikasi yang lazim tersedia di kantor ataupun rumah. Komunikasi dua arah adalah kimunikasi yang memungkinkan bagian pengirim dan penerima mengirimkan isyarat pada waktu yang bersamaan.
Telepon merupakan teknologi yang sangat bermanfaat dan berharga bagi masyarakat modern zaman sekarang. hal ini disebabkankarena telepon dapat menghubungkan manusia di dunia ini, baik antar RT, RW, kompleks, desa, daerah, kota, pulau maupun antar negara.
Telepon. Tele=jauh, phone=suara. Alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan suara melalui sinyal listrik. Sebuah perangkat yang terdiri dari enam bagian utama. Gagang, dialing circuit (DTMF tone or Rotary), bel, mikropon, speaker (perangkat untuk mendengarkan), dan kabel penghubung gagang dengan badan utama. Perangkat ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi antar jarak yang berjauhan. Telepon, yang pada awal ditemukan pada tahun 1876, diniatkan sebagai media untuk mengirimkan suara, dan salah satu penerapan konsep analog, juga memberikan konstribusi yang tidak sedikit terhadap perkembangan teknologi. Sampai dengan sekitar tahun 1960-an, penerapan analog ini masih tetap bertahan, hingga setelah itu, mulai mengarah kepada teknologi digital.
Telepon merupakan penemuan mutakhir dari Alexander Graham Be Pada usia sekitar lima tahun Alex mulai menampakkan kelebihannya berupa musik dan seni yang diwariskan oleh ibunya.Saat Alex masih muda, ia telah memikirkan berbagai macam hal - hal yang biasa ia temukan dan lihat di dunia ini. bahkan pada usia yang muda, ia telah melakukan beberapa experimen. ia bersama sahabatnya yang bernama Bend Hermand. Akhirnya ia menjadi seorang pianist yang baik tanpa latihan khusus yang di dapatkannya. namun, ibunya membimbingnya dalam musik aliran accoustik.

B. Tujuan
1. Untuk memenuhi tugas TIK untuk mengikuti Ujian Sekolah
2. Sebagai tambahan informasi bagi pembaca

BAB II PEMBAHASAN
A. Sejarah Telepon
A lexander Graham Bell (1847-1922) adalah penemu dari merika dan pengajar bagiorang tuli, dan dia dikenal sebagai penemu telepon, dimana telepon berasal dari dua kata yakni, tele: jauh  dan phone: suara
, sehingga telepon dapat diartikan sebagai sebuah alat komunikasiberupa suara jarak jauh.Bell lahir pada 3 Maret 1847, di Edinburgh, Skotlandia, dan mendapat pendidikan diUniversitas Edinburgh dan London. Kemudian tahun 1870 dia pindah ke Canada dan kemudianpindah lagi ke A merika pada tahun 1871. Di A
merika dia mulai mengajar orang yang bisu dantuli, mempopulerkan sistem yang disebut 'bahasa visual'. System yang dikembangkan olehayahnya, Alexander Melville Bell, yang menunjukkan bagaimana bibir, lidah, dan tenggorokandigunakan dalam menggambarkan suara.Pada masa kanak-kanaknya, dia telah memperlihatkan rasa ingin tahu yang sangat besar pada dunia ini, yang menyebabkan dia sering mengumpulkan contoh-contoh tumbuhan. Bersamateman baiknya yang memiliki penggilingan gandum yang juga merupakan tetangganya, diasering membuat keributan, dan suatu hari ayah temannya berkata, "Mengapa kalian tidak membuat sesuatu yang lebih berguna?". Semenjak itu Alexander Graham Bell berpikir alatberguna apa yang akan ia buat. Pada umur 12 tahun,
Alexander membuat peralatan sederhanayang mengkombinasikan dayung yang berputar dengan serangkaian sikat dari paku untuk memisahkan gandum dengan kulitnya. Peralatan tersebut dapat beroperasi dengan baik selamabertahun-tahun, dan sebagai 'hadiahnya', ayah temannya memberikan mereka kesempatan untuk bermain di sebuah bengkel (workshop) kecil untuk membuat 'penemuan baru'.Sejak usia 18 tahun, Bell telah meneliti gagasan bagaimana mengirimkan danmentransfer perkataan. Tahun 1874 saat dia mengerjakan telegraph, dia mengembangkangagasan dasar yang baru bagi telephone. Percobaan yang dilakukannya bersama asistennyaThomas Watson akhirnya terbukti berhasil pada tanggal 10 Maret 1876, saat itu kata yangditransmit adalah: "Watson, come here; I want you." (Watson, datanglah kemari, sayamembutuhkanmu). Serangkaian demonstrasi penggunaan telephone, telah memperkenalkantelephone ke seluruh dunia dan dipimpin oleh perusahaannya, Bell Telephone Company padatahun 1877. Jadi dari sebuah keisengan seorang anak lah, alat komunikasi telepon tercipta

B. Prinsip Dasar Telepon
Prinsip kerja telepon dimulai ketika gagang telepon diangkat, dalam kondisi ini posisitelepon disebut off hook . Lalu sirkuit terbagi menjadi dua jalur di mana bagian positifnya akanberfungsi sebagai Tip yang menunjukkan angka nol sedangkan pada bagian negatif akanberfungsi sebagai Ring yang menunjukkan ngka -48V DC. Kedua jalur ini yang nantinya akanmemproses pesan dari sender untuk sampai ke receiver.Agar dapat menghasilkan suara padatelepon, sinyal elektrik ditransmisikan melalui kabel telepon yang kemudian diubah menjadisinyal yang dapat didengar oleh telepon receiver. Untuk teknologi analog , transmisi sinyal analog yang dikirimkan dari central office (CO) akan diubah menjadi transmisi digital.
Angka-angka sebagai nomer telepon merupakan penggabungan antara nada-nada dan frekuensi tertentuyang kemudian dinamakan Dual-tone multi-frequency DTMF dan memiliki satuan Hertz.Hubungan utama yang ada dalam sirkuit akan menjadi on hook ketika dibuka, lalu akan munculgetaran. Bunyi yang muncul di telepon penerima menandakan telepon telah siap digunakan.

C. Sistem Transmisi
Fungsi utama dari central office (CO) adalah sebagai penyedia hubungan dari pengguna kejaringan pengganti (switched network ), baik untuk pengguna rumahan maupun komersial. Dengandemikian, konsumen dapat dengan mudah mengendalikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pribadimereka. Trunk and special circuit terdiri dari Loop Start dan Ground Start. Loop Start atau nada sambungdigunakan untuk menyampaikan getaran sehingga sampai ke penerima, sedangkan Ground Startdigunakan sebagai penghubung antara private automatic branch exchange (PABX atau PBX) dengan CO.Selajutnya CO akan mengirimkan nada sambung kepada pengguna.
Rangkaian ini biasa digunakan olehperusahaan dengan skala medium hingga besar. Direct Inward Dial Trunks (DID Trunks) yang dibuatuntuk membantu penelepon mendapatkan akses langsung dalam berhubungan dengan individu ataudepartemen yang dituju. E&M (ear and mouth) Trunks seringkali digunakan untuk menghubungkan PABX dalam area yang luas dan jumlah yang besar sehingga mengurangi dial toneyang dapatmenyebabkan proses penyampaian pesan terhambat. Centrex yang berfungsi sebagai perpanjangan dariCO dengan ciri khas mirip dengan PABX. Centrex biasanya digunakan perusahaan untuk menghubungkan konsumen dengan menggunakan satu nomor di berbagai daerah.

D. Perkembangan Telepon
 1871,
Antonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebut sound Telegraph .Penemuannya ini memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orangdengan menggunakan perantara kabel.
 1875, perusahaan telekomunikasi The Bell mendapatkan hak paten atas penemuan Meucciyang disebuttransmitters and Receivers for Electric Telegraphs
. Sistem ini menggunakangetaran multip lebaja untuk memberikan jeda pada sirkuit.
 1876, perusahaan Bell mematenkanI
mprovement in Telegraphy . Sistem ini memberikanmetode untuk mentransmisikan suara secara telegraf.
 1877, The Charles Williams Shop merupakan tempat dimana telepon pertama kali dibuatdengan pengawasan Watson, yang selanjutnya menjadi departemen riset dan pengembangandari perusahaan telekomunikasi tersebut. A lexander Graham Bell terus memantauproduktivitas perusahaan tersebut sehingga pada akhir tahun sebanyak tiga ratus telepondapat digunakan. Perusahaan Bell juga telah mematenkan teleponelectro-magneticyangmenggunakan magnet permanen, diafragma besi, dan dering panggilan.
 1878, papan pengganti secara manual ditemukan sehingga memungkinkan banyak teleponterhubung melalui sebuah saluran pertukaran. dibawah kepemimpinan Theodore N. Vail,perusahaan Bell mempunyai 10.000 telepon yang dapat digunakan.
1880, sirkuit metallic pertama dipasang. Sirkuit ini merupakan perbaharuan dari sirkuit one-wire menjadi two-wire. Perbaharuan ini membantu mengurangi gangguan yang seringkalidirasakan dengan penggunaan jalur  one-wire.
 1891, telepon dengan nomor dial pertama kali digunakan. Telepon akan bekerja secaraotomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dialberdasarkan instruksi.
 1915, telepon dengan system wireless pertama kali digunakan. Sistem ini memudahkanpengguna telepon untuk saling berhubungan lintas negara.

E. Telpon rumah
Telepon rumah adalah alat elektronik untuk sebuah perlengkapan yang membuat panggilan telepon rumah. telepon rumah yang masih menggunakan kabel, berbeda dengan telepon selular yang tidak menggunakan kabel. Telepon rumah hanya bisa melakukan panggilan telepon dan menerima panggilan telepon saja. Berbeda halnya dengan telepon selular, telepon selular ynag modern dapat melakukan panggilan telepon, menerima telepon, sms (pesan teks), mms, e-mail, akses internet dan bahkan juga bisa menonton televisi.
Manfaat telepon selular dan telepon rumah bagi media komunikasi sosial
Manfaat telepon seluler/handphone Telepon selular sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari bagi manusia, karena telepon selular dapat berkomunikasi kepada semua orang. Ada pun 10 manfaat dari telepon ponsel yaitu:
a. Tetap terhubung kapan saja dan dimana saja: dasar manfaat besar telepon selular kebanyakan dari kita menggunkannya adalah dapat terhubung dengan orang-orang terdekat.
b. Sms (pesan teks): sms mengejutkan karena layanan ini yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Ada banyak situasi di mana seseorang tidak bisa menghadiri panggilan, maka yang perlu lakukan adalah cukup kirim sms dan tanpa berbicara pesan disampaikan.
c. Cara keluar dalam keadaan darurat: Bayangkan Anda terjebak dalam kemacetan lalu lintas, semakin terlambat untuk rapat atau mobil Anda mogok di antah berantah. Ponsel penggunaan besar dalam waktu darurat tersebut. Anda dapat menghubungi membantu dengan menggunakan ponsel dengan mudah.
d. Navigasi di tangan anda : ponsel terus-menerus ditingkatkan dengan teknologi baru dan ponsel baru-baru ini dilengkapi dengan sistem navigasi dan GPRS. Anda tidak dapat hilang jika Anda memiliki ponsel dengan sistem navigasi. Bayangkan, hal itu memberikan Anda rincian dari setiap sudut dan sudut tujuan Anda.
e. Mini PC: ponsel yang saat ini hampir setara dengan komputer mini. Yang terbaru dilengkapi dengan jendela dan fasilitas internet. Jadi Anda tidak perlu menunggu koran! Anda hanya dapat mengakses internet pada ponsel Anda dan mengenal tentang berita terbaru, e-mail, menunjukkan film dan banyak lagi!
f. Meningkatkan bisnis Anda: ponsel adalah bantuan besar bahkan di bisnis Anda. Dengan ponsel, Anda terus-menerus dapat tetap berhubungan dengan karyawan Anda dan mengenal tentang informasi penting dari bisnis Anda.
g. Bantuan dalam hal hukum: banyak penjahat hari ini ditahan karena ponsel mereka! Polisi dapat melacak kriminal melalui pelacakan tempat di mana ponsel nya menggunakan GPS. Juga memeriksa catatan panggilan telepon sel memberikan informasi penting untuk kekuatan pertahanan tentang penjahat.
h. Hiburan yang sehat: dengan ponsel di tangan Anda, Anda tidak perlu TV atau PC untuk mendapatkan hiburan. Anda dapat bermain game, mendengarkan musik, dan gambar klik dan bahkan merekam video pada ponsel Anda.
i. Transfer data: hari ini ponsel dilengkapi dengan teknologi infrared dan bluetooth yang memungkinkan Anda untuk mentransfer data seperti mail, gambar, musik dan bahkan video hanya dalam rentang detik.
j. Gengsi dan fashion pernyataan: ponsel telah menjadi masalah dan fashion pernyataan prestise, terutama di kalangan pemuda. Jika Anda memiliki handset terbaru maka anda pasti dapat mengesankan orang lain!

F. Manfaat Telpon Rumah
Manfaat dari telepon rumah adalah kita bisa dengan mudah berkomunikasi kepada semu orang dengan membuat panggilan dari rumah atau kantor dan dapat berkomunikasi kepada semua orang. Dan kita menerima panggilan dari telepon rumah, dari kantor maupun dari telepon selular/handphone.
Telepon rumah tidak hanya bisa membuat panggilan dan menerima telepon saja bahkan telepon rumah juga bisa di pasang internet di operasikan melalui komputer. Saat ini sudah ada telepon rumah yang modern, telepon rumah modern ini bahkan bisa membuat sms (pesan teks). Telepon rumah sudah begitu banyak di gunakan oleh semua orang begitu mudah kita dapat berkomunikasi kepada semua orang-orang terdekat.

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
Dengan kemajuan teknologi dan informasi, dunia menjadi tidak memiliki batas dengan seketika kita dapat berbicara dengan saudara kita yang ada di belahan dunia lain yang sangat jauh dari kita. Kemajuan tersebut mempermudah segala urusan dan meningkatkan bisnis dikalanganan indrustri.
Selain membawa dampak yang positif perkembangan teknologi juga membawa dampak yang negative.

B. Saran
Sebaiknya para pelajar menggunakan waktunya untuk lebih giat belajar karena dengan belajar kita akam dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, dan nantinya kita dapat memaksimalkan pemakaian sumber daya alam yang ada di Indonesia. Karena kitalah yang akan menjadi penerus bangsa.

DAFTAR PUSTAKA
Dowwload Makalah Telepon Rumah Format Microsoft Word (.doc) Cover | Halaman Pengesahan dll | Isi Makalah

Comments