Prisnsip-Prinsip Evaluasi Dalam Proses Dan Hasil Belajar Penjas

Pengertian dan Fungsi Evaluasi
A. Pengertian Evaluasi
Proses evaluasi adalah keseluruhan proses dari mulai dari penentuan tujuan, pembentukan instrument, pengumpuan data dan gading.
B. Fungsi Evaluasi
1. Sebagai upgrading adalah untuk menentukan atau membedakan kedudukan hasil kerja siswa sibandingkan  dengan siswa lain
2. Untuk alat seleksi adalah untuk memisahkan siswa yang masuk kategori tertentu dan tidak
3. Alat monitoring siswa
4. Untuk bimbingan
5. Untuk alat diagnosis
6. Untuk alat prediksi
7. Seagai umpan balik siswa.
8. Sebagai umpan balik guru
9. Sebagai masukan guru guna merancang kegiatan belajar
10. Sebagai informasi pada orang tua dan komite sekolah.
C. Beberapa istilah tentang evaluasi
1. Instrument
Alat untuk memperoleh informasi
2. Pengukuran
Pengukuran merupakan proses penggunaan inforamasi
3. Asessmen
Proses pengumpulan informasi
4. Asesmen otentik dan asesmen alternative
5. Fortofolio
Koleksi karya siswa yang menceminkan tingkat keberhasilan belajar.
6. Evaluasi formatif dan sumatif
Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilakukan selama proses pembelajaran dari awal hingga akhir pembelajaran
Evaluasi sumatif adalah  evaluasi yang dilakukan pada akhir jenjang waktu tertentu.
7. Penentuan nilai

Model-Model Evaluasi
A. Model  evaluasi kesegaran jasmani
1. Mengetes sendiri dengan patner
2. Rentang kategori hasil tes (skor) yang lebih luas
Pada proses ini guru beranggapan jauh lebih penting dari pada hanya memperoleh angka hasil tes.
3. Melibatkan orang lain
4. Bagian dari proses pembelaran
Tes dalam kesegaran jasmani dapat dilakukan pada waktu proses pembelajaran
a. Penempatan pos-pos belajar
b. Penugasan pada waktu PBM
c. Salah satu penahapan dalam PBM
B. Model Evaluasi Keterampilan Gerak
1. Tempat tes yang menetap
Salah satu siasat untuk menghemat waktu pengetesan adalah dengan cara menetapkan peletakan tes yang menetap
2. Menilai komponen yang penting
C. Model Evaluasi Pengetahuan dan Sikap
1. Pengetahuan
a. Evaluasi di kelas
b. Evaluasi di lapangan
c. Mengecek pemahaman siswa
d. Katu merah dan hijau
2. Sikap
a. Dengan kartu ceria
b. Tes tulis
c. Observasi
d. Bentuk tagihan

Kegiatan Belajar 3
Evaluasi dan Pengolahan Hasil Belajar
A. Penentuan nilai
Beberapa isi penentuan nilai
1. Komponen yang dinilai
2. Nilai akhir hasil belajar penjas
3. Penentuan distribusi nilai
Berdasarkan distribusi kemampuan kelompok atau sediri
B. Metode Penentuan Nilai
1. Kesenjangan distribusi
2. Standar guru
Bedasar persepsi guru terdadap keadilan dan kecocokan tanpa melakukan analisis data
3. Urutan skor
Berdasar urutan skor
4. Norma
Adalah  standar penampilan  yang didasarkan pada analisis data bukan standar subjektif yang di pilih guru.
C. Penentuan Nilai Akhir
1. Penjumlahan skor T
Merupakan salah satu jenis skor standar yag sering digunakan  untuk menggabungkan beberapa skor yang satuan berbeda.
2. Penjumlahan nilai
3. Format laporan
Dilihat dari format laporan, ada tiga format laporan
1. Format laporan tradisional
2. Format karu fortopolio
3. Format modifikasi
Adalah pengembangan format portofolio

Comments