Dasar-Dasar Senam

Pengertian dan Sejarah Senam
A. Pengertian Senam
Kata senam diambil  dan diterjemahkan dari kata Yunani yaitu Gymnos (telanjang), yang dianggap sebagai satu sistim latihan yang dilakukan untuk meningkatkan  kapasitas fisik melalui berbagai bentuk latihan tubuh. Senam pertama kali muncul di benua Eropa yaitu pada masyarakat Sklavia ( para budak) yang diperuntukkkan bagi kaum laki-laki saja karena kegiatan ini bersifat militeris dan terutama diperuntukkan bagi para remaja.

B. Sejarah Senam dan  Senam Ritmik Sportif
Beberapa tokoh atau orang yang mempelopori senam :
1. Johan Basedow adalah seorang guru yang hidup antara tahun 1723 – 1790.
2. Guts Muths (1759-1839) yang mengembangkan ide Johan Basedow yang menitik beratkan pada ativitas jasmani disekolah-sekolah di bebrapa negara Eropa Tengah dan Jerman.
3. Frederich Ludwig jahn (1778-1852)  salah sorang patriot bangsa Jerman dan di juluki bapak senam (father of Gymnastics). Yang menganggap ( senam sebagai alat alat untuk membangun nasionalisme sekaligus sebgai  suatu kegiatan  bagi anggota masyarakat yang dapat dilakukan oleh orang tua maupun muda (politik).
4. Adolf Spie B (1810-1858) yang meneruskan ide pemikiran Jahn dan juga membawa pendidikan jasmani kesekolah-sekolah, yang menganggap ( senam sebagaibagain dari pendidikan)
5. Pier Hendrik Ling (1776-1838) penemu senam di Swedia.

C. Sejarah Senam di Indonesia
1. Senam di Indonesia pada masa penjajahan Belada.
Kegiatan senam di sekolah baru ada pada tahun 1912. Pada saat itu sistim senam  yang digunakan adalah (Turnen dari john dan motode dari Spiess). Minkena 1916 memasukkan sistim Swedia. Pada tahun 1918 ia membukukan  kursus senam Swedia di Malang
2. Zaman penjajahan Jepang
Senam pada masa Jepang namanya “Taiso” yaitu semacam senam pagi yang dialkukan secara masal  dalam satu komando yang di ikuti khususnya adalah romusa. Taiso tidak lain dari latihan senam Swedia.
3. Zaman kemerdekaan
Senam Taiso di masa kemerdekaan tidak lagi dialkukan, hal ini di dorong rasa benci rakyat Indonesia pada Jepang. Kemudian senam sistim Austria dipergunakan lagi sampai  ada perubahan pada tahun 1964.


Senam Dasar dan Senam Ritmik.
A. Senam Dasar.
Dalam senam yang dimaksud adalah landasar dalam pengembangan keterampilan  yang lebih kompleks sebagai persyaratan untuk gerakan yang sederhana sebagai pendukung
1. Statik
Static diartikan diam atau  ekuilibikrum.
2. Keseimbangan atau Stabilitas
3. Gerak senam
Yang termasuk gerakan senam adalah gerak senam lantai, senam perkakas, senam irama.

B. Senam Ritmik
1. Pengetian senam ritmik
Senam ritmik adalah senam yang dialakukan  dalam irama music, atau latihan bebas  yang dilakukan secara berirama.
2. Senam ritmik dengan alat bola
a. Ukuran dan ptunjuk yang dimainkan
b. Gerakan bola
3. Senam ritmik dengan alat simpai
Simpai adalah alat berbentuk cincin besar yang terbuat dari fiber glass atau jika digunakan pada anak-anak dapat dibuat dari sebilah bamboo atau rotan yang dipertemukan ujungnya sehingg membentuk lingkaran. Dengan ukuran 27 inhci

Dapatkan file secara lengkap berupa pengaturan, gambar, tabel dan lain-lain dalam format microsoft word (.doc) pada link dibawah ini !!
Dowwload Artikel Format Microsoft Word (.doc)
Dasar-Dasar Senam

Comments